Tips Bagi Pemilik Rental Sound System Dalam Menyanggupi Sebuah Acara

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Penulis sendiri menyadari hanya bermodalkan satu set Sound System sederhana (rakitan). Dengan kapasitas kecil dan jauh dikatakan layak apalagi sempurna namun berbekal keinginan dan nekad :D tetap berupaya melayani para pelanggannya semaksimal mungkin.

Meskipun tetap dengan beberapa pertimbangan yang selalu dilakukan sebelum menyanggupi sebuah acara, yang kadangkala secara ekonomis masih jauh dari yang kita harapkan namun tetap semangat karena Hobby :D.

Artikel mengenai Sound System yang mungkin anda perlukan
- Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Pertama
- Lanjutan Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua
- Cara Sederhana Merekam Acara Live Mempergunakan Komputer/Laptop
- Cara Setting Digital Reverb RFX 2200 Berikut Reset Ulang (Factory Default Settings)
- Lakukan Cara Ini Jika Sound System Anda Dipergunakan Agustusan Atau Imtihan
- Seputar Kabel Dan Pengaruhnya Pada Amplifier Sound System
- Panduan Membeli Power Amplifier Sound System Lapangan
- Cara Memilih Microphone Untuk Sound System Lapangan
 
TIPS,sebelum menyanggupi satu acara
Hal yang umum dilakukan yaitu bertanya kepada pelanggan kita
- Acara apa dan dalam rangka apa
Kalau acara pernikahan, khitanan atau sejenisnya yang tidak ada acara live tentu kita sudah bisa memperkirakan dan memperhitungkan segala sesuatunya akan tetapi bagaimana kalau acaranya berikut live hiburan musik tentu kita harus mempertimbangkan secara matang baik kapasitas peralatan, cara pemasangan dan jenis atau karakter musik.

Jangan ragu untuk menolak acara jika kapasitas peralatan kita tidak layak untuk mendukung suatu acara atau sampaikan secara terbuka jika kemungkinan acara tersebut membutuhkan peralatan tambahan yang di sewa atau digabung dengan peralatan milik teman kita. Hal ini semata-mata untuk mendukung kelancaran acara tersebut, yang tentu ada kompensasi dengan harga sewa.

- Dimana tempat acara dilaksakanan, baik nama tempat dan posisi tempat
Ini berhubungan dengan jarak tempuh yang wajib kita perhitungkan dan diusahakan mengetahui akses menuju tempat acara yang tidak menjaga kemungkinan lokasinya jauh dari jalan raya, kemungkinan macet atau mungkin saja dengan melalui lorong gang kecil.

Yang tentu perlu pertimbanagn khusus yaitu bisa minta bantuan tenaga untuk mengangkut semua alat sampai di lokasi acara atau denagan kesepakatan harga khusus dan akan lebih baik jika kita melakukan survey lokasi terlebih dahulu. 

- Pergunakan cara Down Payment (DP)
Hal yang lumrah jika kita meminta uang muka dalam suatu acara yang biasanya minimal 50% dan sisanya dibayarkan sesuai kesepakatan. Cara ini sebagai bukti keseriusan dalam suatu acara dan saling mengikat juga mengingatkan waktu suatu acara dan hal lain jangan pernah kita membatalkan acara meskipun mendapatkan acara baru dengan harga lebih.

- Acara mendadak, gunakan cara ini
Kadang kita dihubungi seseorang untuk mengisi acara beberapa hari bahkan satu hari sebelum hari “H”. Sebagai bukti keseriusan kita harus bertindak jelas dan tegas dengan meminta pembayaran secara penuh sebelum acara dimulai, hal ini untuk mengantisipasi hal tak terduga akibat dari kurang matangnya planning acara yang diselenggarakan apalagi orang yang datang tidak dikenal oleh kita.

-Menyanggupi acara organisasi atau ormas
Meskipun mungkin tidak semua organisasi atau ormas berlaku sama/tergantung acaranya namun kematangan dalam negoisasi dalam segala hal sangat diperlukan. Penulis sering meminta pembayaran di muka atas semua harga yang disepakati apalagi acara di lapangan terbuka dengan pertimbangan tidak ada pasilitas tambahan seperti makan dan minum kecuali kita mengenal baik kepada orang yang meminta bantuan jasa kita.

Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan dan apapun yang terjadi di lapangan itulah resiko yang harus kita hadapi dan mudah-mudahan bisa dijadikan pembelajaran berharga. Penulis menyadari masih banyak sekali kekurangan dan harus banyak belajar namun dengan artikel sederhana ini mudah-mudahan menjadi penambah wawasan terutama bagi semua sahabat penggemar Sound System pemula. Salam silaturahmi untuk semuanya.

Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

10:40:00 AM