Jasa Sedot WC Bandung

Cara Setting Digital Reverb RFX 2200 Berikut Reset Ulang (Factory Default Settings)

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Digital Reverb RFX 2200 produk effect vocal yang tidak asing bagi anda yang berkecimpung dalam dunia tata suara (Sound System) disamping banyak produk lain yang sering dipergunakan oleh para Sound Man dalam mengolah suara,baik untuk suara narasi/pidato,penyanyi/vokalis atau bahkan instrument musik.

http://www.mawarnada.com

Semua pembahasan yang akan saya sampaikan bukanlah suatu ketentuan atau suatu keharusan,namun lebih mengarahkan kepada bagaimana cara mengetahui setting Zoom RFX-2200 Digital Reverb & Multi Effects,dengan kata lain semua hasil setting nantinya silahkan sesuaikan dengan suara terbaik menurut pendengaran anda masing-masing.

Disini saya akan khusus membahas Cara Setting Zoom RFX 2200 untuk dipergunakan sebagai pengolah suara narasi atau penyanyi (Vocal),karena untuk fitur dan pungsi lain bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan bila sudah menguasai salah satu setting alat ini.

Saran sebelum melakukan setting

- Lebih baik setting dilakukan pada saat pentas atau semua peralatan terpasang semuanya,agar perubahan effect vocal mewakili semua alat yang anda miliki.

- Bisa juga hanya dengan menggunakan mixer console dan satu unit power amplifier,ditambah speaker stereo dan tentu menggunakan microphone.

- Atau output suara bisa didengarkan di headphone unit mixer console anda

Cara Setting Zoom RFX 2200 Untuk Vokal/Reverb

1.Silahkan rangkai semua peralatan sound system anda seperti akan melakukan pentas biasa atau dengan cara lain seperti diuraikan di atas.

2.Nyalakan semua peralatan sound system dan atur di mixer console sebagai berikut :

- Volume Gain minimum kecuali volume Low,High,Mid, Balance,Send dan Return Effect posisi tengah/jam 12.

- Atur Fadder Line Mic maksimum dan master volume mixer console atau sesuai kebutuhan.

3.Atur volume RFX 2200 terutama Volume Input,Output dan Mix posisi ditengah/jam 12 dan untuk pengaturan lainnya sebagai berikut :

- Led Display Zoom RFX 2200 sebelum di setting harus berada pada posisi 00 (Nol Nol),dan volume LOW dan HIGH Reverb Equalizer (Rev Eq) pada posisi tengah/jam 12.

- Putar volume rotary switch pada EFFECT TYPE mengarah pada Vocal atau nomor 4.

- Arahkan volume rotary switch pada REV CHARACTER mengarah pada nomor 7 dan volume REV TIME poisi tengah/jam 12.

4.Tekan VALUE UP/DOWN sehingga menunjukan angka misalnya 01,sebenarnya angka ini bebas dari angka 00 – 99,tergantung keinginan anda,karena angka ini akan dijadikan pilihan (Preset) untuk digunakan pada saat pentas nanti.

5.Tekan-tekan tombol BANK KEY sehingga indikator LED pada EFFECT TYPE yang menyala hanya LED REVERB,dan beberapa LED lain pada volume menyala,posisi ini adalah waktunya untuk setting RFX 2200.

- Gunakan microphone dan buka Gain Microphone pada Mixer Console secukupnya, Test test..tes..Check check..check.

- Silahkan atur/putar-putar sampai terdengar suara paling baik menurut pendengaran anda,sesuaikan dan putar semua volume pada Zoom RFX 2200 terutama pada MIX (Wet & Dry),REVERB TIME dan REV EQ (Low-High) sampai terdengar pas ditelinga anda.

Simulator untuk dicoba :
- Input posisi Jam 1
- Output posisi jam 1
- Mix posisi jam 2
- Rev Time posisi jam 12
- Low Rev Eq posisi jam 12
- High Rev Eq posisi jam 12

Bagaimana menurut pendengaran anda ?,silahkan lakukan pengaturan sampai terdengar baik dan cocok di telinga anda.

6.Untuk menyimpan setting yang baru saja anda lakukan tekan STORE 2 kali,maka anda telah memiliki satu setting reverb yang diberi nomor urut 01.

7.Untuk membuat setting reverb yang lain lakukan mulai dari langkah nomor 4,coba dengan nomor urut 02 dan seterusnya.

8.Untuk penggunaan selanjutnya,silahkan anda pilih setting yang telah disimpan,misalnya setting nomor 01 dan padukan settingan lainnya dengan setting alat lain seperti Equaliser,crossover dan untuk mengurangi atau menambah effect bisa dengan mengatur volume Send dan return di mixer console.

Semua setting yang dilakukan di atas tentu akan dipengaruhi faktor lain seperti luas lapangan,besarnya kapasitas sound system dan faktor lain yang bisa disesuaikan dengan sedikit melakukan pengaturan baik menambahkan atau mengurangi baik pada Zoom RFX 2200 ataupun control lain.

Cara reset ulang/Factory Default Settings

Cara ini mengembalikan pada settingan pabrik dalam arti semua setting akan terhapus secara permanent.

- Pada posisi Zoom RFX 2200 mati,nyalakan alat ini namun caranya tekan STORE KEY+ TOMBOL POWER bersamaan,sampai muncul tulisan FA kemudian AL berkedip-kedip,lepas tombol STORE KEY kemudian matikan dan nyalakan kembali Zoom RFX 2200,maka semua setting sekarang sudah hilang.

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

23.56.00