Jasa Sedot WC Bandung

Cara Sederhana Merekam Acara Live Mempergunakan Komputer/Laptop

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Karena banyaknya pertanyaan dilapangan seputar cara merekam acara live yang dilakukan Simawar Sound System,maka untuk kesempatan ini dengan tidak bermaksud menggurui dan dengan kerendahan hati pula akan saya sampaikan secara umum bagaimana cara sederhana merekam dengan mempergunakan beberapa software gratisan yang saya lakukan selama ini.

Semua hasil rekaman bisa anda dengarkan Disini,ataupun Disini.

Tidak ada hardware khusus apalagi spesial seperti yang dilakukan oleh para master studio rekaman ataupun soundman profesional,saya hanya melakukan dengan cara trial dan error juga bisa dilakukan semua orang ,dengan mengandalkan satu set komputer standard dengan sound card onboard....itu saja.

Mengapa mempergunakan komputer desktop bukan laptop/netbook

Memang lebih praktis dan simple mempergunakan laptop/netbook,namun harus dipertimbangkan bahwa alat ini harus nyala terus menerus,atau rata-rata 10 jam/hari,bahkan pernah 2 x 24 jam non stop dengan tekanan kerja berat,hal ini sangat riskan bila mempergunakan laptop/netbook selain dikhawatirkan over heat juga biasanya daya baterry-nya hanya cukup untuk 2 atau 4 jam dalam pemakaian normal.

Meskipun hal diatas bisa disiasati merekam sambil di charge,namun hal ini juga tidak dianjurkan karena akan menurunkan lifetime baterry laptop/netbook dan tentu untuk masalah over heat pasti anda berpikir untuk mempergunakan cooller fan,namun tetap pertimbangan kami Desktop lah yang lebih baik,kecuali anda memiliki laptop/netbook dengan spesifikasi dan daya tahan tinggi.

Software yang dipergunakan

Hampir semua software audio editing baik yang gratis apalagi yang berbayar (profesional) bisa dipergunakan untuk merekam,seperti software yang pernah saya posting Disini,yang terpenting adalah masalah kebiasaan dan penguasaan dan lakukan uji coba hasil (trial dan error) dengan semua software yang dimiliki.

Format output pilih wav atau Mp3

Bila semua rekaman akan didengarkan langsung hasilnya lebih baik mempergunakan format output MP3,karena lebih praktis tidak perlu alat konverter juga bisa didengarkan disemua alat pemutar musik secara langsung,kecuali hasil rekaman akan dipergunakan menggantikan audio video silahkan pergunakan format WAV/FLAC dengan kualitas lebih baik dari MP3,namun tentu ukuran file menjadi besar dan perlu kapasitas harddisk besar pula.

Untuk alat converter super lengkap dan gratis,telah saya bahas Disini.

Pengaturan kekerasan suara atau volume

Inilah hal yang paling menentukan dan perlu dilakukan uji coba sebelum melakukan perekaman semuanya,karena menurut pengalaman dilapangan antara lokasi satu dengan lainnya pasti berbeda tingkat kekerasan /volume input yang masuk komputer/laptop,dan hanya satu yang diperhatikan selalu melihat indikator software rekaman jangan sampai overload ,atau hindari input masukan suara sampai warna kuning apalagi merah,karena suara akan cacat (clipping).

http://www.mawarnada.com


 http://www.mawarnada.com

Juga lakukan setting pada volume di system audio komputer/laptop,biasanya maksimal pada point 50,50 Db atau 50 % tergantung kekerasan input-nya,atau bila inputnya dirasa normal anda bisa mencoba volume input microphone atau line in pada posisi poin 25,25Db atau 25% yang semua nilai ini bukan suatu ketentuan namun bisa untuk bahan uji coba.

Instalasi kabel audio

http://www.mawarnada.com
Kita hanya membutuhkan dua set kabel audio jack stereo coxial to jack akai ukuran 3.5 mm,dengan pengaturan ujung jack akai dimasukan ke Line In/Microphone komputer atau laptop dan ujung jack coaxial dimasukan ke Out Put/Recorder di Mixer Console.

Dan satu set kabel audio lagi dimasukan ke Output audio komputer/laptop untuk jack akai-nya dan untuk jack coaxial-nya masukan ke Line In/ Tape Music Mixer Console (untuk mendengarkan musik dan hasil rekaman dari file di komputer agar tidak bongkar pasang kabel audio).

Demikian semoga bermanfaat dan mohon ma’af bila jauh dari sempurna,bila ada hal yang perlu ditanyakan ataupun ingin menambahkan, silahkan masukan di kotak komentar,terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

03.19.00