Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS Memilih Mikrofon Sound System Lapangan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Mikrofon Sound System
Pentingnya mengenal jenis dan type mikrofon agar kita mudah menentukan jenis apa saja yang harus dimiliki sehingga tepat guna dalam pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhannya.

Banyak tips dalam memilih mikrofon ini meskipun hanya panduan bukan ketentuan, tapi memilih mikrofon dengan mengetahui type/jenisnya tentunya sangat penting agar tepat guna dan investasi kita tidak sia-sia.

Meskipun beberapa faktor lain bisa mempengaruhinya juga seperti jenis sumber suara (Instumen & Player), penempatan mikrofon, pengaruh lingkungan ataupun selera pribadi dan kecocokan (Kompatibilitas).

"Hal penting dalam memilih Mikrofon yaitu mengenai spesifikasinya seperti frekuensi respon, sensitifitas, output impedansi dan tentunya polar patternnya."

Gain Mixer Audio
1. Mikrofon Dinamis (Dynamic Microphone)
Mikrofon umum yang banyak digunakan baik untuk rumahan, studio dan lapangan. Dengan ciri umum tidak membutuhkan tegangan catu daya dan bekerja dengan getaran diafragma (Membran) dengan kumparan (Coil) dan medan magnet sehingga menghasilkam induksi elektromagnetik untuk menghasilkan sinyal keluaran suaranya.

2. Mikrofon Kondenser (Condenser Microphone)
Dengan impedansi dan sensitifitas tinggi biasanya dipergunakan untuk kebutuhan studio rekaman (Indoor) dengan ciri pada umumnya membutuhkan catu daya battery 1.5v sampai 48v tergantung type/jenisnya.

3. Mikrofon Ribbon (Ribbon Microphone)
Hampir sama dengan Mikrofon Dinamis (Dynamic Microphone) dengan diafragma lebih tipis. Biasanya dipergunakan untuk kebutuhan studio rekaman/home recording.

1. Cardioid/Unidirectional
Cardioid
Pada umumnya mikrofon genggam menggunakan jenis ini, karena jenis ini memiliki polar pattern yang memiliki kepekaan tinggi dari depan menolak dari belakang tapi sedikit respon dari samping. Banyak dipergunakan untuk vokal dan pidato, instrumen dll.

2. Supercardioid
Super Cardioid
Mirip dengan Cardioid tapi arah respon lebih sempit dari Cardioid, cocok untuk vokal.

3. Omnidirectional
Omni Directional
Mikrofon ini bisa menangkap suara dari segala arah dan cocok untuk kebutuhan paduan suara, umber suara beregrak atau dengan pengaturan Gain yang baik bisa dipergunakan untuk instrumen musik multi nada seperti alat musik tradisional gamelan dll.

4. Hypercardioid
Hypercardioid

Memiliki polar pattern lebih sempit dari Supercardioid, biasanya dipergunakan untuk mikrofon kamera DSLR atau jenis shotgun

5. Bidirectional
Bidirectional


Kemampuan untuk menangkap suara dari depan dan belakang, bisa dipergunakan untuk komunikasi dua arah, wawancara dll.

Demikian semoga bermanfaat, terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.