Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS Membeli Power Amplifier Sound System Lapangan

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Simawar
Bagaimana memilih power amplifier (PA) sehingga tepat guna dan layak dipergunakan untuk berbagai acara live lapangan dan tentu dengan pertimbangan teknis/non teknis, spesifiksasi dan kemampuan daya beli.

Bagi anda yang saat ini berencana menambah, mengganti ataupun membeli power amplifier baru untuk sound system lapangan, tentu membutuhkan panduan bagaimana cara memilihnya supaya tidak menyesal dan salah dalam menentukan spesifiksasi yang dibutuhkan.

Gain Mixer Audio

- Untuk apakah nantinya PA tersebut dipergunakan
Tentukan hal ini sebelum anda melangkah ke toko alat musik, dan tentukan apakah untuk driver (tweater), middle, Low atau subwofer, karena hal ini berhubungan dengan daya (watt PA) dan tentu harga.

Atau mungkin bisa anda pertimbangkan untuk membeli 2 kriteria PA multiguna, yaitu yang bisa dipergunakan driver (tweater) dan middle dan satu kriteria lagi PA yang bisa dipergunakan low dan subwoofer, dengan kata lain anda cukup membeli PA untuk speaker middle dan bisa dipergunakan tweater atau membeli PA untuk subwoofer yang pasti bisa dipergunakan pula untuk speaker low.

- Menentukan merek PA dengan referensi pemakai
Hal ini bisa bertanya kepada teman atau pemilik rental sound system, melihat review di internet terutama dari segi stabilitas, keandalan dan tentu after sales service-nya, kecuali bila anda memilih merek tertentu yang sudah terkenal dengan spesifikasi jelas dan bisa dipercaya.

- Memilih power amplifier lokal dan asing
Dalam hal ini saya mengartikan lokal adalah power amplifier yang dibuat di indonesia, karena sudah diketahui bersama untuk merek terkenal saat ini sudah diproduksi di Cina, Thailand, india dan Vietnam kecuali kita import langsung ke negara asalnya.

Hal di atas perlu kita pertimbangkan karena sangat berhubungan dengan budget yang akan dikeluarkan, sasaran pemasaran dan harga sewa. Jadi bila anda memiliki dana yang memadai, market yang sudah jelas dan mengetahui harga sewa sound system silahkan memilih produk terkenal.

Artikel menarik lainnya
- Meminimalisir Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman

Akan tetapi bila hal tersebut belum dikuasai alangkah baiknya untuk membeli produk dalam negeri, karena selain harga lebih murah, juga dilihat dari segi kualitas tidak kalah dengan produk asing apalagi bila anda menguasai dan mengerti setting sound system.

- Perbedaan produk lokal dengan produk Asing
Meskipun harga lebih mahal dari produk lokal namun produk branded memiliki spesifikasi yang jelas dan dapat dipercaya, selain system protection yang dapat diandalkan juga biasanya memiliki ukuran lebih ramping, karena mempergunakan mini komponen high quality bahkan jenis komponen surface mount device (SMD) dan trafo jenis toroidal yang memiliki efesiensi sangat bagus.

Akan tetapi bila anda teliti dan pandai dalam memilih, untuk saat ini produk lokal pun sudah banyak yang mengadopsi produk dari luar, dengan kualitas bagus apalagi bila anda pesan atau merakit sendiri dan memasang jenis komponen dengan kualitas pilihan anda sendiri.

- Pertimbangkan daya keluaran (watt)
Pilihlah daya output power amplifier sesuai kebutuhan, dengan ketentuan daya PA harus lebih besar dari kemampuan daya speaker yang kita miliki, dan hal lain tanyakan atau silahkan lihat di name plate kemampuan daya PA tersebut.

Dengan catatan silahkan periksa kemampuan daya dalam watt RMS (murni), kemampuan total daya (stereo) dan dalam berapa ohm (impedansi speaker) kemampuan total daya tersebut dapat dipergunakan.

Contoh yang biasanya tertulis di maual book/name plate
* 1250 watts per channel at 8 ohms
Jadi total daya stereo PA tersebut (RMS) adalah 2500 watt dengan masing-masing kanal 1250 watt pada speaker 8 ohms.

* 2040 watts (rms) per channel at 4 ohms
Jadi total daya stereo PA tersebut (murni) adalah 4080 watt, namun dalam impedansi speaker 4 ohms, atau dengan kata lain karena speaker yang beredar biasanya impedansinya dalam 8 ohms maka untuk mendapatkan daya seperti di atas anda harus memasang minimal 2 speaker di kanal kiri dan 2 speaker di kanal kanan dengan cara paralel.

* 4080 watts at 8 ohms bridged
System bridge biasanya untuk mendapatkan total keluaran daya mono seperti untuk subwoofer (system 4 way), karena speaker dalam 8 ohms maka anda bisa mempergunakan 1 buah speaker namun dengan daya watt dan kualitas speaker high quality, dengan ukuran minimal 18” atau 21” atau yang lebih aman mempergunakan 4 buah speaker minimal 18” dengan system seri paralel, dilengkapi ukuran dan type box speaker khusus.

Jadi kesimpulannya dalam berapa ohms kemampuan total daya PA tersebut bisa dipergunakan, dalam arti bila semakin tinggi watt yang bisa dipergunakan dalam 8 ohms berarti kualitas PA tersebut sangat baik.

* Maksimal impedansi yang baik adalah dalam 4 ohms, jadi jangan terlalu banyak speaker dalam satu kanal PA karena bisa menurunkan performa PA itu sendiri dan usahakan memperpendek panjang kabel speaker dengan PA.

- Silahkan coba power amplifier pilihan anda sebelum dibawa ke rumah dan tanyakan langsung baik cara pengoperasian, cara setting terbaiknya dan pelajari pungsi dan fitur yang ada pada PA tersebut.
 
Tips membeli microphone

Semua keputusan adalah ditangan anda, silahkan mencari referensi lain dalam mengambil suatu keputusan, mohon koreksi bila ada hal yang salah dan jangan sungkan untuk meluangkan komentar ataupun saran.

Demikian, terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.