Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Hasil Rekaman Suara Penyanyi (Vokal) MENDEM

Assalamu'alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh
Perbaikan kualitas vokal
Suara Penyanyi (Vokal) terdengar di bawah level suara musik bisa terjadi dalam sistem perekaman langsung (Tanpa alat rekam khusus). Hal ini bisa disebabkan oleh karakter suara Penyanyinya atau Musisi yang ingin menonjolkan diri.

Akan tetapi dari hasil pengamatan penulis faktor kemampuan (Skill) setting operator (Soundman/Sound Engineer) lebih mendominasi, apalagi dengan peralatan Sound System saat ini yang lebih memudahkan dalam melakukan setting yang diinginkan.

Namun tentunya merekam langsung memanfaatkan Output Recorder Mixer langsung ke komputer/laptop sangat berbeda dengan sistem perekaman mempergunakan alat khusus per track seperti di Studio. Baik sarana dan kualitas alat yang digunakan, juga dengan alat rekaman khusus memudahkan perbaikan hasil rekaman karena masing-masing input terpisah.

Di bawah ini adalah salah satu solusi untuk memperbaiki suara hasil rekaman langsung khusus upaya meningkatkan level suara penyanyi  atau vokal yang dianggap kurang keras menggunakan Adobe Audition. Meskipun sedikit sulit karena audio yang akan diperbaiki sudah bercampur dengan suara lainnya. Dan perhatikan juga meningkatkan level vokal bisa merubah suara middle dan High.

Sebelum melakukan tahapan cara ini lebih baiknya lakukan dahulu perbaikan Hum dan Noise jika diperlukan. Caranya simak tutorial kami sebelumnya:

A. Cara Pertama
1. Buka tool Adobe Audition kemudian masukan file audio yang akan diperbaiki
2. Klik menu Effects > Amplitude and Compression > Multiband Compressor

Di dalam Effects - Multiband Compressor pilih Presets > Raise Vocal
Silakan dengarkan perubahannya, jika peningkatan suara vokal sudah sesuai dengan yang diinginkan biasakan tombol Toggles the power state dalam keadaan hidup. Kemudian klik Apply.
Silakan simpan hasil pekerjaanya dengan Save As agar tidak menimpa file aslinya.

B. Cara Kedua
Cara ini bisa dicoba ditambahkan setelah menggunakan Cara Pertama (A) jika peningkatan suara Penyanyi (Vokal) dirasa masih kurang. Atau bisa dilakukan secara terpisah baik Cara Kedua (B) dulu atau sebaliknya.

1. Buka tool Adobe Audition kemudian masukan file audio yang akan diperbaiki
2. Klik menu Effects > Amplitude and Compression > Single-band Compressor

Di dalam menu Effects - Single-band Compressor pilih Presets > Vocal Booster
Silakan dengarkan perubahannya, jika peningkatan suara vokal sudah sesuai dengan yang diinginkan biasakan tombol Toggles the power state dalam keadaan hidup. Kemudian klik Apply.
Silakan simpan hasil pekerjaanya dengan Save As agar tidak menimpa file aslinya.

B. Cara Ketiga
Caranya penggunaan sama seperti A dan B, bisa satu persatu atau ditambahkan jika kurang. Dan urutan bebas bisa mana saja dilakukan karena semuanya Trial dan Error, sebagai usaha perbaikan.

1. Buka tool Adobe Audition kemudian masukan file audio yang akan diperbaiki
2. Klik menu Effects > Filter and EQ > Graphic Equalizer (10 Bands)

Di dalam menu Effects - Graphic Equalizer (10 Bands) pilih Presets > Vocal Presence - Boost
Silakan dengarkan perubahannya dan kita bisa juga merubah setting slider frekuensi antara 1Khz s/d  8Khz terutama frekuensi 2Khz untuk vokal. 

Jika peningkatan suara vokal sudah sesuai dengan yang diinginkan biasakan tombol Toggles the power state dalam keadaan hidup. Kemudian klik Apply. Silakan simpan hasil pekerjaanya dengan Save As agar tidak menimpa file aslinya.

Simak video tutorialnya di bawah ini
Perbaikan hasil rekaman
Tidak ada yang sempurna hanya suatu usaha semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Wassalamu’alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh