Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Nada Rendah Bass Gendang Agar NGAJEDUG

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Meningkatkan suara kendang bass gitar
Ini merupakan tips bagaimana upaya cara meningkatkan nada rendah audio hasil  rekaman, seperti suara Bass Gitar atau suara Kendang agar lebih terasa. Meskipun cara terbaik adalah menghindari kurang menonjolnya nada rendah ini dalam proses perekaman dengan setting terbaiknya.

Bagi yang ingin mencoba cara ini silakan mengikuti tips di bawah tahap demi tahap, mudah-mudahan mendapatkan suara yang diinginkan sesuai selera.

Perbaikan nada rendah
A. Cara Pertama
1. Silakan buka Adobe Audition kemudian masukan file yang akan diperbaikinya
2. Klik Effects > Amplitude and Compression > Multiband Compressor

Pada menu Effects - Multiband Compressor pilih Presets > Enhance Lows
Silakan putar dan dengarkan perubahnnya dengan menekan tombol > Preview Play/Stop dan tombol  Toggles the power state posisi hidup.

Jika sudah sesuai dengan suara yang dinginkan klik > Apply untuk eksekusi settingnya dan simpan dengan Save As agar tidak menimpa file aslinya.

B. Cara Kedua
1. Silakan buka Adobe Audition kemudian masukan file yang akan diperbaikinya
2. Klik Effects > Stereo Imagery > Center Channel Extractor

Pada menu Effects - Center Channel Extractor pilih Presets > Boost Center Channel Bass
Dalam kondisi default perhatikan angka slider Center Channel Level sebelah kanan angkanya 10 dB. Jika nada rendah dirasa kurang naikan angkanya, atau jika suara nada rendah terlalu tinggi turunkan nilai angkanya.

Pada menu ini jika diperlukan bisa juga merubah pengaturannya dengan menekan tombol Discrimination. Silakan atur nilai semua slider yang ada pada Discrimination dan dengarkan perubahan suaranya dengan menekan tombol > Preview Play/Stop dan tombol  Toggles the power state posisi hidup.

Jika sudah sesuai dengan suara yang dinginkan klik > Apply untuk eksekusi settingnya dan simpan dengan Save As agar tidak menimpa file aslinya.

Catatan: Cara pertama bisa ditambahkan dengan cara kedua atau sebaliknya, atau lakukan perbaikan terpisah jika dengan cara salah satunya suaranya sudah cukup dipendengaran kita.

Hanya tips sederhana, tidak ada yang sempurna hanya suatu usaha semoga berguna bagi yang membutuhkan dan menjadi ilmu yang bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh