Jasa Sedot WC Bandung

Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Pertama

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Pada kesempatan ini saya akan share mengenai bagaimana caranya membangun satu set sound system lapangan (Komersial). Terutama dalam menyediakan peralatan standard, aksesoris dan peralatan pendukung lainnya.

Karena kita ketahui bersama bahwa banyak sekali peralatan sound system dipasaran baik produk lokal dalam negeri, produk branded yang dibuat di negara asia atau produk branded original. Namun sebelum kita memutuskan untuk membeli peralatan tersebut alangkah bijaknya bila mempertimbangkan hal berikut :

Untuk bagian keduanya bisa pelajari pada artikel di bawah ini
Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua 

Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional  Bagian Pertama 
1. Sasaran Pemasaran
Apabila kita sebagai pemula dalam dunia Sound System dan belum memiliki pasar yang jelas alangkah bijaknya bila tidak terlalu mengutamakan merek. Karena kalau anda jeli banyak produk lokal dalam negeri berkualitas atau produk branded yang dibuat di negara asia dengan harga jauh lebih murah.

Hal ini bertujuan sambil mempelajari pasar dan pungsi atau kegunaan setiap peralatan yang telah dibeli, kita tidak terbebani dengan besarnya investasi uang yang telah dikeluarkan untuk membeli peralatan bermerek (Branded).

Karena kenyataan dilapangan banyak rental sound system tutup lapak disebabkan persaingan yang sangat ketat dan akibat dari kurang pemahaman kondisi di lapangan seperti harga sewa tidak sesuai dengan yang diharapkan, kurang menguasai teknologi, ditinggalkan operator, susah mencari pelanggan.

Dan sebagai dasar pertimbangan bahwa saat ini untuk harga sewa sound system di kota Bandung rata-rata dikisaran Rp.1.000.000 - Rp. 1.500.000 per 1000 watt, ini pun biasanya untuk peralatan yang professional/build up bahkan sudah PER SHIFT (Harga khusus dihitung dalam waktu atau jam).

Ini berbeda dengan yang mempergunakan peralatan standard/lokal, biasanya harga ditentukan oleh paket acara misalnya untuk acara live musik kecil Rp. 1 jt - Rp. 1,5 jt/paket acara (Rata-rata dari jam 08.00 WIB s/d 16.00 WIB).  Atau acara menengah seperti parade band, combo dangdut, musik tradisional berada di kisaran Rp.1.5 jt – Rp. 3 jt/paket acara.

Bukan ditentukan per 1000 watt/shift. Tapi peralatan sound system tetap lengkap bahkan biasanya sudah termasuk alat musik. Dan hal lain biasanya kelompok pemilik sound system ini sering bermain pula dikelas menengah keatas (Skala besar) dengan peralatan dan harga yang disepakati.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan yang berkecimpung di dunia sound system adalah berlatar belakang hobby yang mulai dari nol besar. Selain dari kerja keras dan menjalin kemitraan atau sudah memiliki pelanggan tetap. 

2. SDM (Sumber Data Manusia)
Sebenarnya tidaklah sulit dalam mengopersikan peralatan sound system apalagi bagi yang pernah menangani peralatan standard. Kecuali hal lain seperti harus mengerti karakter jenis musik, pendengaran yang baik, sabar, siap melayani dan tegas. Karena dengan kemajuan teknologi sebenarnya kita dipermudah dalam pengaturan dan pengontrolan.

Namun tetap GURU SEJATI ADALAH PENGALAMAN. Semakin sering mempergunakan peralatan tersebut akan ketemu juga dengan cara setting terbaik. Apalagi dengan peralatan digital saat ini yang bisa menyimpan (Save) setiap setting yang pernah kita lakukan sehingga sewaktu-waktu bisa dipergunakan kembali jika dibutuhkan

3. BUDGET
Kalau kedua point diatas sudah dipersiapkan dan pertimbangkan kini berapa budget yang harus dikeluarkan untuk pengadaan semua peralatan tersebut. Yang tentunya budget akan lebih kecil jika  memilih produk lokal atau produk Branded yang dibuat di negara asia dibandingkan dengan produk Build up/original.

Dan jika pertimbangan sudah matang sekaligus memiliki dana yang cukup dan ingin memilih produk build up original, alangkah baiknya membeli satu set full satu merek yang sama jangan di campur dengan merek yang lain dan perhatikan secara detail spesifikasi, cara setting dan kemampuan peralatan terutama daya output.

Karena biasanya sebagai contoh power amplifier merek tertentu sudah ditentukan secara tepat berapa kemapuan daya keluaran (Watt) dengan pasangan speaker yang harus dipergunakanya baik jumlah, impedansi yang direkomendasikan sehingga keluarannya akan optimal.

Panduan Membeli Power Amplifier Sound System Lapangan
Cara Memilih Microphone Untuk Sound System Lapangan

Bagi pemula dalam dunia sound system dan memutuskan untuk membeli produk lokal, kini sudah banyak produk lokal dalam negeri yang bisa dipilih. Atau pertimbangkan memilih produk branded yang dibuat di negara asia lainya dengan harga lebih murah.

Jangan lupa tanyakan After sales service-nya.  Hal ini untuk jaga jaga apabila sewaktu waktu mendapatkan masalah dengan peralatan sound system yang telah kita beli

Semoga bermanfaat, terimakasih. Hatur nuhun
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

02.05.00