Lakukan Cara Ini Jika Sound System Anda Dipergunakan Agustusan Atau Imtihan

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com
Mohon ma’af sebenarnya penulis sendiri bingung untuk memberikan judul di atas :D,dan artikel sederhana ini sebenarnya sudah lama ingin di share di sini namun dengan pertimbangan materinya sangat sederhana (Teupira:Sunda) jadi khawatir pembaca tidak membutuhkannya,namun teringat salah satu keterangan “sekecil apapun yang kita ketahui tidak ada salahnya untuk disampaikan” semoga ada yang membutuhkan dan menjadi pahala Ilmu..semoga,Amin.

Pasti bagi anda yang berkecimpung di dunia Sound System pernah melayani acara Agustusan,Imtihan atau perpisahan sekolah yang tentu tidak akan terlepas dari cara peng-koordinir-an pemutaran lagu-lagu sebagai musik latar tari-tarian,kabaret dan lain-lain yang tidak mustahil masih ada yang mempergunakan CD/DVD Player sebagai pemutarnya yang tentu sangat repot dan terkadang salah putar,kualitas musik jelek,tidak terbaca dan tentu butuh monitor TV..ayo ngaku :D,tapi itu dulu.

Kondisi saat ini silahkan anda coba mempergunakan Laptop atau lebih baik mempergunakan komputer Desktop karena meskipun spesifikasi Laptop saat ini sudah semakin canggih akan lebih baik bila mempergunakan jenis Desktop selain siap dipergunakan berjam-jam,tidak perlu spesifikasi yang tinggi,harga relative lebih murah dari Laptop dan faktor kerusakan bisa dieliminir segera (saya pernah rusak keyboard,terpaksa pinjam tetangga terdekat..hmmm kapaksa), namun tetap harus membawa CD/DVD Player untuk jaga-jaga bila keping CD/DVD tidak terbaca CD/DVD Driver.

Cara dan langkah yang harus dilakukan
Lakukan pelayanan terbaik kita dengan memasang sound System beberapa jam sebelum acara dimulai,bisa untuk check sound,makan dan minum kalau dikasih (Disuguhan:Sunda) kalau enggak ya beli olangan he he he.
- Siapkan Modem Internet dengan kuota yang cukup untuk solusi lain seperti keping CD/DVD tidak terbaca baik di CD/DVD Player maupun di CD/DVD Drive atau mencari kualitas musik yang lebih baik.

- Hubungi Panitya untuk mengumpulkan semua CD/DVD yang akan dipergunakan berikut susunan acaranya.

- Salin (Copy Paste) isi materi lagu yang akan dipergunakan baik MP3 maupun Video ke dalam folder khusus dan beri nomor urut dan nama folder biasanya sesuai tempat acara.

- Saya lebih suka memutar file format MP3,karena nantinya bisa diputar dalam satu folder dengan software pemutar yang sama dan tentu untuk kenyamanan pendengar dan memudahkan mixing,file MP3 harus diratakan dahulu kekerasannya,agar musik satu dengan lainnya relatif sama kekerasannya.

Jadi kita tidak selalu disibukan dengan mengatur Input Gain atau In Fader apalagi Master Fader, kecuali volume Bass harus diperhatikan jangan sampai kedodoran atau kita hanya penyesuaian ringan saja.

- Untuk meratakan kekerasan file format MP3 bisa mempergunakan MP3Gain yang telah saya bahas DISINI,atau mempergunakan Adobe Audition bisa anda pelajari DISINI.

- File format video silahkan rubah (Convert) ke dalam format MP3 dengan kualitas suara minimal 41,1 Hz/128 Kbps,bisa mempergunakan software Format Factory yang telah saya bahas DISINI,atau dengan software lain DISINI.

- Hati-hati dengan file format CD Audio,jangan sampai anda salin (Copy Paste) langsung file-nya karena tidak bakalan bunyi,tapi silahkan putar atau convert dengan Window Media Player,bisa juga konversi dengan Adobe Audition yang caranya bisa dipelajari DISINI.

- Kalau ada waktu coba dan dengarkan setiap lagu dan lakukan langkah pertama jika diperlukan,atau siapa tahu cari di koleksi musik yang ada di komputer atau laptop kita sebagai pengganti.

- Kalau anda belum pernah mendengarkannya Jangan coba-coba mengganti lagu meskipun judulnya sama,karena kemungkinan versi musik pengiring (Aransementnya) berbeda,kalau salah putar siap dipelototin anak-anak penari..wk wk wk.

Memang sederhana,namun semoga bermanfaat dan bila ada pengalaman lain,koreksi atau ingin menambahakan janganlah ragu silahkan masukan dikolom komentar,terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

11:52:00 PM