Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Kerusakan Motherboard Foxconn H55MXV-LE Intel Core i3

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com/
Ini adalah pengalaman berharga yang perlu saya share, karena siapa tahu diantara pembaca ada yang sedang mengalami kerusakan dengan gejala yang sama.

CPU dengan spesifikasi Motherboard merek Foxconn Intel® Core™ i3 , RAM 8 GB merek Visipro, HDD 1TB merek Seagate,USB Card,VGA Digital Alliance HD 5570 dengan 2 buah DVD driver merek LG.

Tempat wisata indah di Sukabumi dan Banten
-Pesona Pantai Sawarna, Tanjung Layar, Legon Pari dan Pantai Karang Taraje
-Wisata Pantai Sawarna Banten sekali berangkat 6 tempat bisa dikunjungi
-Motor Touring Bandung Ke Geopark Ciletuh Sukabumi Lewat Ciwidey 
 
Gejala dan indikasi kerusakan
Komputer kadang bisa nyala dan beberapa jam kemudian restart atau pada kondisi tertentu tidak bisa booting sama sekali atau setelah booting kemudian restart secara berulang.

Langkah perbaikan
- Memeriksa semua koneksi kabel karena dikhawatirkan ada yang longgar (Lost Connections)
- Memeriksa kondisi putaran kipas prosessor dan kekencangan bautnya.
- Membuka satu persatu semua koneksi hardware eksternal mulai dari USB Card,VGA, DVD Driver dan tentunya HDD .

Satu hal yang menjadi harapan adalah dari dua keping memory visipro masing-masing 4 GB. Setelah dicabut satu keping ternyata komputer bisa booting dan berjalan dengan normal.

Jadi kerusakannya dari RAM?, belum tentu karena setelah kedua RAM tersebut dipasang bergantian pada slot 1 komputer masih berjalan dengan normal kecuali dipasang di slot 2 komputer kembali tidak bisa booting. Jadi analisa sementara slot 2 RAM ada masalah.

Langkah terakhir yang mengejutkan
Dengan rasa penasaran sekalian ingin melihat dan membersihkan kipas prosessor, ternyata setelah dilihat dengan seksama pin soket prosessornya ada bekas percikan dan lebih parah lagi pin prosessornya juga terkelupas bekas terbakar.

Inilah menurut saya yang mengejutkan karena dilihat dari harga keseluruhan CPU, ternyata kerusakannya ada pada bagian yang vital dengan harga yang paling mahal pada CPU tersebut.

http://www.mawarnada.com/
Kesimpulan
Setelah dilakukan pembersihan pada soket dan pin prosessor, komputer tersebut saat ini bisa berjalan kembali dengan normal menggunakan dua slot RAM 4 GB (8 GB). Namun kadang-kadang tidak bisa booting lagi jika CPU terkena guncangan kecuali menggunakan satu RAM saja pada slot 1.

Update! Masalah komputer setelah diupgrade
Solusi masalah Installed Memory (RAM): 8,0 GB (4 GB USED)

Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.