Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan alam pantai Pasir Putih Sawarna bikin ketagihan

Assalamu’alaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh
Pasir Putih Sawarna
Pantai pasir putih Sawarna senja hari

Kunjungan pertama kali ke tempat wisata ini tahun 2017.  Kesan pertama selalu menggoda itu menurut iklan 😀 dan ternyata kami sekeluarga mengalaminya, yang kini tahun 2019 datang kembali.

Tidak ada yang istimewa dari tempat ini selain suasana kampung nelayan nan asri dengan penduduknya yang ramah dan sopan seperti khas budaya orang Sunda dépé-dépé handap asor daréhdéh soméah hadé ka sémah.

Bukan mengada-ngada karena lokasi pantai ini yang dulunya termasuk prov. Jawa Barat dan kini menjadi prov. Banten, semua penduduknya merupakan orang Sunda dengan khas budayanya yang ramah tamah dan sopan kepada siapapun.

Eksotis itulah nuansa yang kami rasakan dari area wisata Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini, sehingga kami sekeluarga berani datang kembali. Meskipun jauh yang harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Bandung.
 
Kini tahun 2019 ada perubahan dibandingkan dengan pertama kali kami mengunjungi tempat ini, diantaranya penataan dan dibangunya tempat berjualan dan pengaturan area parkir di sekitar Pantai Pasir Putih Sawarna.
 
Yang dulunya kendaraan parkir di bibir pantai sehingga pengunjung terganggu dengan hilir-mudiknya kendaraan terutama roda dua. Kini sudah disediakan area parkir khusus sehingga ada pemisahan antara pantai  dengan area parkir.

Lokasi pantai putih Sawarna dan pantai Tanjung Layar merupakan area wisata yang saling berdekatan namun memiliki daya tariknya masing-masing. Dan kini sebagian jalannya sudah dilakukan perbaikan meskipun baru sebagian dan masih ada yang rusak. Namun konon akan segera diperbaiki dengan jalan lebih diperlebar.

Dan khusus jembatan yang menuju pantai Legon Pari dan Karang Taraje kini sudah menggunakan jembatan baru meskipun masih tetap dengan model lama (jembatan gantung/rawayan-Sunda).

Pantai Sawarna Banten
Pantai Tanjung Layar dengan keindahan ombak lautnya
Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih sangat murah, dengan biaya Rp. 5000/org sudah bisa menikmati keindahan Kampung Wisata Sawarna termasuk area  Pantai Pasir Putih dan Pantai Tanjung Layar. murah bangeudz 😎.
 
Juga Rp. 5000/org harga tiket masuk Pantai Legon Pari dan Karang Taraje sudah termasuk bebas parkir kendaraan roda dua di kedua tempat tersebut.

Dan mungkin semua pengunjung setuju jika ditambahkan biaya khusus pembangunan area wisata menjadi Rp. 7500 s/d 10.000/org, asalkan benar-benar digunakan untuk penataan dan pengembangan berikut pelayanan area wisatanya.

Dua malam kami sekeluarga berada di area wisata ini, yang tentunya kita tidak perlu khawatir dengan masalah penginapan karena selain sudah banyak penginapan, home stay dan villa dengan beragam harga yang relatif murah.

Juga untuk para Backpacker sangat cocok karena bisa pasang tenda di area manapun  baik di area Pantai Pasir Putih maupun di area Pantai Legon Pari dan pantai Karang Taraje. .

Karang Taraje
Area pantai Karang Taraje ketika air pasang

Ada yang berencana liburan ke tempat ini dan membutuhkan penginapan, homestay atau villa,. Silakan hubungi langsung owner Batara 2 Kang Ace Krisnayuda Tlp. 087772892011 (WA)  dengan Free Kopi sepuasnya, bisa trip rombongan, makan 3x dll.

Untuk lebih jelasnya silahkan melihat dokumentasi liputan videonya
⏩ Kondisi malam Kampung Wisata Pantai Pasir Putih Sawarna
⏩ Rute jalan Karang Taraje & Legon Pari dari Pantai Sawarna Banten
⏩ Kondisi jalan Pantai Tanjung Layar Lebak Banten
⏩ Kondisi terkini Pantai Legon Pari & Karang Taraje 
⏩ Senja Indah di Pantai Sawarna Banten

Pantai Legon Pari
Nelayan Legon Pari
Demikian semoga bermanfaat dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrohmatulloh wabarokatuh.