Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pantai Sawarna Banten sekali berangkat 6 tempat bisa dikunjungi

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
https://www.mawarnada.com/
Sawarna Beach

Pantai Sawarna Banten (Sawarna Beach), itu yang sering diucapkan para pengunjung dari Bandung. Padahal Sawarna merupakan nama kampung pinggir pantai tepatnya Kampung Wisata di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Propinsi Banten.

Kata Sawarna menurut orang Sunda artinya Sa = Hiji/Satu dan Warna = Rupa. Contoh lain dalam bahasa Indonesia seperti Sehati = Sahaté (Sunda). Jadi menurut orang Sunda Pantai Sawarna artinya adalah Pantai Sarupa/Satu Warna. Entahlah ini mah menurut saya urang Sunda.

Dan memang ke-Sunda-annya banyak ditemukan di area wisata ini salah satunya dari bahasa yang dipergunakan penduduknya dan keramahanya.

Ketika dicoba diajak ngobrol bahasa Sunda versi orang Bandung pun masih nyambung. Semoga hal ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan baik dari keramahan khas adat budaya Sunda. Maupun keamanan, kebersihan dan kenyamanannya sebagai pendukung daya tarik tempat wisata.

Simak juga Indahnya kesenian Sunda
 
Sawarna merupakan Kampung Wisata Pantai yang sangat indah apalagi waktu senja hari. Tidak jauh dari Kampung Wisata Sawarna terbentang Pantai Pasir Putih yang menjadi tujuan utama di tempat wisata ini.
 
Namun sayang di area ini pada saat penulis berkunjung belum dibenahinya area parkir terutama khusus kendaraan roda dua. Semoga sekarang semakin tertata rapi, kangen da 😀.
Seperti penulis ceritakan di awal dengan mengunjungi Pantai Sawarna bisa sekaligus mengunjungi 6 bahkan lebih tempat wisata pantai lain yang tidak kalah indahnya. Yang bisa dilakukan saat menuju Pantai Sawarna ataupun bisa pada saat pulangnya.

Tempat wisata pantai lainnya, diantaranya:
1. Pantai Palabuan Ratu Sukabumi
2. Pantai Karang Hawu Sukabumi
3. Puncak Habiebie Sukabumi
4. Pantai Pasir Putih Sawarna Banten
5. Pantai Tanjung Layar Banten
6. Pantai Legon Pari/Karang Taraje Banten

Dokumen Video Perjalanan Tahun 2017
 
Update Dokumen Video Perjalanan Tahun 2019
 
Mudah-mudahan kami bisa berkunjung lagi ke tempat ini atau tempat wisata lain di Indonesia dengan suasana baru dan tentunya dengan peralatan dokumentasi baru, guna membantu ekplorisasi keindahan alamnya, semoga.
 
Bagi yang membutuhkan penginapan, homestay atau villa,. Silakan hubungi langsung owner Batara 2 Kang Ace Krisnayuda Tlp. 087772892011 (WA)  dengan Free Kopi sepuasnya, bisa trip rombongan, makan 3x dll.
Wassalamu’alaikum warrohmatulloh wabarokatuh.