Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rumah mewah murah

Perbaikan HUM Suara Video di Vegas Pro

Assalamu’alaikum warrohmatulloh Wabarokatuh
Tutorial Vegas Pro
Tutorial dan artikel audio bahasa Indonesia
. Dari pengamatan penulis, Hum yang ada pada suara video bukan disebabkan oleh sistem audio pada kamera, tapi biasanya dipengaruhi oleh faktor sumber suaranya.

Ada Hum yang bersumber dari sound system, jika sumber suara diambil dari sistem audio mixer konsole. Atau bisa timbul akibat dari kualitas media perantara yang masuk ke kamera seperti kabel, soket jack atau solderan dll.

Meskipun ada Hum yang disebabkan oleh lingkungan sekitar dimana kita mengambil gambar. Seperti pengalaman penulis ketika meliput dekat kipas angin air embun. Atau bisa terjadi pula akibat suara induksi motor listrik, lampu TL dll.
 
Hampir sama dengan tips ini: Perbaikan Noise Suara Video di Vegas Pro
 
1. Silakan buka tool Vegas Pro
- Klik 2x ikon di desktop atau klik kiri > Open
 
2. Masukan file video, klik menu File > Open
- Klik kanan file tersebut > Open. Atau langsung klik kanan 2x file tersebut.
- Pilih No pada notifikasi yang muncul jika seting kualitas hasil editing akan ditentukan kemudian, atau pilih Yes jika sudah memiliki setting video output tetap sebelumnya.
 
3. Klik kanan ikon Fx atau klik kiri di area kolom audio > Audio Event FX
- Pada tampilan Plug-In Chooser pilih Track EQ > Add > Ok
- Pada tampilan Audio Event FX  > [Sys] Remove low rumble below 80 Hz
 
Coba putar videonya dan dengarkan perubahannya. Gunakan headphone agar terdengar fokus perubahannya. Jika dengan seting ini Hum-nya berkurang atau bahkan hilang, silakan lanjutkan edit videonya dengan tahap berikutnya. (selesai)

Info menarik lainnya:
 
Jika masih ada Hum-nya, rubah pengaturan menu Audio Event FX. Silakan rubah angka pada slider Frequncy (Hz) dengan nilai 30Hz sampai dengan 100Hz (30Hz -100Hz adalah frekuensi nada sub bass).
 
Atau uji cobanya prioritaskan diangka 50Hz atau 60Hz, karena nilai ini merupakan frekuensi alat-alat listrik. yang biasanya sumber dengung atau Hum terjadi.

Rubah secara bertahap nilai Gain (dB) dan Rolloff (dB/oct). Lakukan pelan-pelan dan nilainya bertahap dengan terus mendengarkan setiap perubahan suaranya.
 
Hati-hati dengan merubah frekuensi 30Hz-100Hz, karena akan berpengaruh terhadap penurunan nada bass audionya.
 
Jika HUMe suara video berada disemua bagian sesi video lakukan seting di atas untuk semua audio videonya juga. Caranya langkah No. 3 dimulai dari klik kanan menu More (3 garis horisontal) yang ada pada kolom audio paling kiri > Track FX > Audio Track FX . Lakukan langkahnya seperti di atas.

Secara default audio sudah ditambahkan Efect lain diseluruh bagian sesi audio. Silakan hilangkan dulu contrengnya jika HUM saja yang bermasalah.
 
Semoga bermanfaat terutama bagi yang memiliki masalah dengan noise dan hum suara video. Semoga lebih sukses dalam segala hal, hatur nuhun.
Wassalamu'alaikum warrohmatulloh wabarokatuh.