Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan Noise Suara Video di Vegas Pro

Assalamu'alaikum warrohmatulloh wabarokatuh
Trik Vegas Pro
Tutorial dan artikel audio bahasa Indonesia. Memperbaiki noise suara video dengan tujuan meminimalisir menggunakan software editing video Vegas Pro atau dulu dikenal dengan Sony Vegas Pro.
 
1. Silakan buka tool Vegas Pro
- Klik 2x ikon di desktop atau klik kiri > Open 
 
2. Masukan file video yang akan diperbaiki, klik menu File > Open
- Ambil file yang akan diedit, klik kanan > Open. Atau langsung klik kanan 2x file tersebut.
- Pilih No pada notifikasi yang muncul jika seting kualitas hasil editing akan ditentukan kemudian, atau pilih Yes jika sudah memiliki setting video output tetap sebelumnya.
 
3. Klik kanan ikon Fx atau klik kiri di area kolom audio > Audio Event FX
- Pada tampilan Plug-In Chooser pilih Track EQ > Add > Ok
- Pada tampilan Audio Event FX pilih  Hiss cut (cut above 8Khz by 6dB)
 
Coba putar videonya dan dengarkan perubahannya. Dianjurkan menggunakan headphone agar lebih fokus terdengar perubahannya. Jika sudah merasa puas dengan pengaturan ini, silakan lanjutkan proses editing videonya.
 

Tips, jika masih kurang puas silakan rubah pengaturan menu Audio Event FX. Klik angka 4 yang ada di bawahnya, silakan rubah angka pada slider Frequncy (Hz) dengan nilai 3.000 Hz sampai dengan 10.000Hz (3Khz -10Khz adalah frekuensi nada tinggi/trebel).

Atur juga pada Gain (dB) dan Rolloff (dB/oct) untuk menguatkan atau menurunkan pada masing-masing frekuensi yang dimasukan. Lakukan pelan-pelan dan bertahap dengan terus mendengarkan setiap perubahan suaranya.
Artikel Vegas Pro
Jika noise suara video berada disemua bagian sesi video lakukan seting di atas untuk seluruhnya juga. Caranya langkah No. 3 dimulai dari klik kanan menu More (3 garis horisontal) yang ada pada kolom audio paling kiri > Track FX > Audio Track FX . Lakukan langkahnya seperti Tips di atas.
 
Info menarik:

Nb. Jika langkahnya melalui menu More (3 garis horisontal) akan kelihatan juga bahwa secara default audio sudah ditambahkan Efect lain. Jadi silakan hilangkan dulu contrengnya jika noise saja yang bermasalah.

Sekecil apapun yang kita lakukan semoga bermanfaat bagi diri sendiri dan semua yang membutuhkan. Tetap semangat untuk pembaca setia blog ini, semoga berhasil dan sukses.
Wassalamu'alaikum warrohmatulloh wabarokatuh.