Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vegas Pro Error atau Terasa Berat Lakukan Tips Ini

Assalamu'alaikum warrohmatulloh wabarokatuh
Artikel vegas pro
Artikel & tutorial audio video bahasa Indonesia. Setip tool biasanya menyertakan rekomendasi minimum spesifikasi komputer atau laptop yang diijinkan (System requirements ).

Bagaimana jika spesifikasi rekomendasi (System requirements ) sudah terpenuhi tapi pada saat proses editing terasa berat bahkan crash/hang?. 

Info menarik lainnya:
⏩ Dibalik Siraman pernikahan adat Sunda

 Tips Vegas Pro Error atau Crash/Hang
- Gunakan versi Vegas Pro satu tingkat/di bawah kemampuan/spesifikasi komputer atau laptop.
- Batasi jumlah trak baik untuk trak video, effect, atau titel dll.
- Lakukan konversi format file video yang akan diedit (AVCHD)
Contoh: MTS hasil kamera Sony, MVI Canon, M2TS kamera Panasonic dll. lebih baik dikonversi dulu bisa ke MPEG-2, WMV, MP4, MOV yang lebih kompatibel dengan sistem windows.
- Khusus editing video durasi panjang lakukan render perbagian, dengan memanfaatkan fitur Loop Region. Cara render vegas pro Khusus bagi yang menggunakan minimal 3 kamera seperti acara live, jumlah trak lebih dari 6 termasuk audio video belum ditambah kebutuhan trak untuk titel, effect dll, solusinya pada saat proses editing silakan coba matikan dahulu trak lain dengan fitur MUTE.

Spesifikasi komputer atau laptop berpengaruh terhadap jenis/jumlah animasi dan effect yang digunakan. Sebagai contoh fitur Stabilize tidak berpungsi akibat menggunakan running text dengan fitur Track Motion.

Maka solusinya selain pemasangan/penggunaan fitur tersebut dilakukan di akhir proses editing juga silakan dicoba MUTE dulu trak tersebut agar tidak saling mempengaruhi.

Vegas Pro Tidak Perlu Instal Ulang
Penggunaan tool yang terus menerus mungkin bisa sampai pada titik jenuh (hang/crash). Untuk memperbaiki masalah kecil seperti merapihkan tata letak vegas pro seperti semula cukup Klik View > Windows Layouts > Default Layout.

Dan jika dianggap perlu kembalikan ke kondisi awal instal dengan menghapus Cache, namun dengan resiko semua setting yang yang kita lakukan akan hilang (Reset Default/Factory reset). Cara reset Vegas Pro tekan bersamaan CTRL + SHIFT + Klik kanan 2x ikon Vegas Pro di desktop > Yes. Cara reset vegas pro Hanya tips sederhana mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan, terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatulloh wabarokatuh.