Membuat Running Text Menggunakan Software Video Editing Corel Video Studio

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Teks berjalan atau Running Text (Tittle Video) dapat kita manfaatkan dengan beragam keperluan seperti tambahan keterangan dari isi video yang kita buat,berita dan informasi,iklan atau hal lain sesuai kebutuhan,yang bisa kita tempatkan baik di bawah, di atas atau di samping kiri dan kanan konten video,dengan arah sesuai keinginan kita seperti yang umum dari bawah ke atas atau dari kanan ke kiri seperti yang sering kita lihat di monitor televisi.

Dibutuhkan kreativitas dari kita baik cara pemilihan dan ukuran font yang sesuai dan tempo atau kecepatan pergerakan Teks sehingga selain menambah informasi dari video juga akan memperindahnya,dan saya yakin setelah membaca tutorial ini akan segera mahir dalam membuat running text dan sebagai catatan semua versi Corel Video Studio caranya hampir sama.

Cara membuat Teks Berjalan atau Running Text
1.Silahkan buka Software Corel Video Studio,dan masukan video yang akan kita edit dengan penambahan running text-nya.

Untuk membuka Klik dua kali icon di desktop,atau klik kanan kemudian open dan untuk memasukan videonya klik kanan di area time line,kemudian Insert Video.

2.Untuk menambahkan teks,klik dua kali area Time Line Text (1T),sehingga muncul keterangan di Preview Window “Double-click Here to add a tittle”,silahkan klik dua kali di area Preview Window sehingga muncul area pengetikan teks.

http://www.mawarnada.com/

 3.Silahkan masukan teks sesuai keinginan kita,sebagai contoh saya mengetikan kalimat “Contoh cara membuat Teks Berjalan atau Running Text menggunakan Corel Video Studio

http://www.mawarnada.com/

4.Supaya teks berjalan dari kanan ke kiri
- Aktifkan teks yang baru saja dibuat dengan klik dua kali teks tersebut,kemudian Klik > Attribute.
- Pada tampilan yang mucul,berikan ceklist pada Animation dan Apply,klik presset Animasi (Select the type of animation) dan tentukan pilihan preset pada FLY,dengan memilih animasi sebelah kiri atas,sesuai gambar di bawah.

http://www.mawarnada.com/

 - Kemudian klik Customize animatios attributes (TT),pilih arah panah ke kanan pada Enter dan Exit sesuai gambar di bawah.
http://www.mawarnada.com/

5.Menentukan posisi,jenis dan ukuran font,durasi atau kecepatan huruf berjalan dll.
- Aktifkan teks dengan cara klik dua kali teks tersebut,kemudian Klik > Edit.
- Pada artikel ini saya membuat dengan jenis huruf > Century Ghotic,ukuran Font > 15,Color > Putih dan Tempo/kecepatan > 15 detik.
- Untuk menempatkan posisi di bawah video,pilih pada Alignment,panah bawah > Align bottom center.
- Untuk memilih Font yang sudah jadi,klik preset di atas menu Alignment,silahkan pilih jenis font sesuai keinginan kita.
- Atau untuk kreativitas model font,silahkan klik > Border,Shadow,Transparency.
- Ingin Running Teks ada warna Background-nya?,silahkan berikan ceklis pada Text Backdrop,kemudian klik icon huruf (T/Customize text backdrop attributes),sesuaikan sesuai selera.

6.Bagaimana supaya teks berjalan dari bawah ke atas?
Gampang,caranya sama dengan langkah point 4,bedanya pada Customize animatios attributes,silahkan pilih arah panah Enter dan Exit ke atas.

7.Selamat berkreativitas,semua bahasan ini hanyalah petunjuk awal dan saya yakin anda akan membuat yang lebih baik dan sempurna dengan memanfatkan beberapa fitur lain yang ada pada Corel Video Studio.

Demikian semoga bermanfaat dan mohom maaf dan segera berikan koreksi jika ada hal yang tidak sempurna dalam pembahasannya,sekecil apapun mari kita berbagi semoga menjadi Ilmu yang bermanfaat dan Diridhoi Alloh SWT,Amin ya robbal ‘alamin.
Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

6:35:00 PM