Jangan Tertipu !!!,Waspada Terhadap Pelaku Jual Beli Online Palsu

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Jangan ragu untuk mempergunakan jasa jual beli secara online karena caranya sangat mudah, relatif murah dan tentu hemat waktu. Selalu membandingkan harga, karena tiap toko online kemungkinan harganya berbeda.

Namun tetap waspada terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan Toko Jual Beli Online baik yang menggunakan blog/website, ataupun Media Sosial.

Adakalanya kita tidak menyadarinya dengan ikut membantu menyebarkan blog/website toko online palsu, iklan atau promosi dari produk yang mereka tawarkan.

Hal ini biasanya diawali dengan ketidak sengajaan dengan invite PIN BBM, add/konfirm di facebook, atau follow orang yang tidak kita kenal.Yang ujung-ujungnya menawarkan barang murah dengan alasan cuci gudang atau harga promosi dan meminta kita share pada teman lainnya.

Atau kalau di facebook kita sembarangan meminta pertemanan (Add) atau menyetujui yang minta pertemanan (konfirmasi). Sebelum melakukan dua hal ini tidak diharamkan melihat profil yang akan kita add atau konfirmasi.

Dan satu hal yang ironis sekali terutama bagi pengguna facebook, karena pelaku jual beli online palsu selalu melibatkan kita dalam membantu penyebaran info produk yang dijualnya, yaitu dengan cara menandai dahulu (Tag).

Beberapa modus yang sering digunakan pelaku penipuan
Penipuan Media Online Atau Telephone Seperti Ini Yang Harus Diwaspadai
 
Resikonya teman kita meskipun tidak berteman dengan si pelaku jual beli online tersebut, akan melihat informasi produk yang mereka tawarkan. Tapi kalau mengetahui caranya silahkan segera hilangkan tag-nya, dan segera blokir akun si pelaku agar semua informasi, iklan atau promosinya tidak menyebar ke mana-mana.

Cara menghapus Tag orang lain terhadap kita
Jangan Hanya Buka Dan Bikin Status Di Facebook, Gunakan Cara Ini

Namun jangan khawatir bagi anda yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi online, sudah banyak toko jual beli online tepercaya. Yang terpenting sekarang kita bisa mengetahui dan membedakan mana toko online asli dan mana yang patut diduga palsu.

Hal ini bisa diketahui dari ciri-cinya atau meminta bantuan Mbah Google untuk melacak alamat website, nomor telephone ataupun alamat domisili yang mereka berikan.

Ciri-ciri toko jual beli Online palsu, satu diantaranya :
- Hanya mempergunakan nomor telepon personal (HP)
- Tidak ada layanan cash on delivery (COD), untuk area tertentu.
- Tidak ada nomor telepon pengaduan atau nomor chatting susah jika dihubungi
- Harga barang mencurigakan/lebih murah.
Dengan alasan promo, cuci gudang, hanya hari Ini, cuma satu hari, sisa ekspor dll.
- Alamat kantor mencurigakan atau tidak jelas
- Anti rekening bersama (Escrow)

Cara antisipasi 
- Perhatikan domain website yang digunakan, jika menggunakan domain gratisan patut dicurigai.
Domain resmi berbayar diantaranya :.id, go.id, co.id, sch.id, .net.id, ac.id, my.id, biz.id, web.id, ponpes.id, .com, .xyz, .online, .store. Contoh, www.mawarnada.com adalah situs resmi berbayar :D
- Gunakan pencarian Google untuk membuktikan keaslian alamat website, atau gunakan situs validasi alamat website jual beli online.
- Masukan nomor teleponya pada kolom pencarian, silahkan searching. Biasanya no. tlp yang pernah digunakan pelaku mudah ditemukan.

Semoga bermanfaat dan mudah mudahan kita terhindar dari segala macam upaya penipuan.
Untuk pelaku semoga segera mendapatkan hidayah, diberikan kemudahan mencari rezeki yang halal, Amin ya robbal a’alamin. Terimakasih, Hatur nuhun.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

9:43:00 PM