Penipuan Media Online Atau Telephone Seperti Ini Yang Harus Diwaspadai

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com
Artikel ini dilatarbelakangi dengan semakin maraknya bentuk dan jenis penipuan yang memanfaatkan media online internet, baik melalui email, jual beli online, SMS, percakapan lewat telephone dengan memanfaatkan media sosial facebook, twitter, BBM dll.

Semoga setelah membaca beberapa contoh penipuan dengan memanfaatkan media online (Internet) atau telepone ini, kita akan semakin sadar dan lebih waspada sehingga kita tidak jadi korban.

Dan semoga Allah SWT segera memberikan hidayah kepada mereka para pelaku penipuanya, Amin ya robbal 'alamin.

Beberapa contoh ini adalah merupakan pengalaman sendiri, laporan dari teman dan informasi media lain yang saya rangkum sebagai berikut :

1. Penipuan mempergunakan Website atau Blog.
Sebenarnya ini merupakan rangkaian modus penipuan baik melalui SMS atau Telephone, namun untuk meyakinkan si korban, pelaku penipuan mencantumkan alamat website atau blog untuk dikunjungi si korban.

Biasanya diawali dengan  telephone atau SMS seperti contoh ini :
“Selamat anda mendapatkan hadiah undian “???” sebesar “ Sekian Rupiah” dengan nomor PIN Undian “Nomor Sekian” dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi alamat website “???” atau dengan telephone atau SMS sejenisnya seperti lowongan pekerjaan dan lain-lain”

- Yang perlu diperhatikan adalah si alamat atau nomor pengirim.
Biasanya pemberi hadiah atau undian resmi tidak pernah mempergunakan personal number/nomer ponsel. Akan tetapi mempergunakan nama operatornya, atau sesuai dengan nama perusahaanya.

- Perhatikan untuk alamat website atau blognya.
Pengirim resmi tidak akan dan jarang menggunakan alamat website gratisan seperti http://namapenipu.blogspot.com , wordpress atau yang gratisan lainnya.

Namun perusahaan resmi biasanya mempergunakan http://www.namaperusahaan.com, dan untuk perusahaan di Indonesia akan mempergunakan http://www.namaperusahaan. co.id, id, net.id, org.id atau akhiran resmi (Berbayar) lainnya.

Hati-hati cara ini biasanya sistematis, sebagai contoh satu bulan atau beberapa hari sebelumnya nama anda, nomor rekening atau nomor ponsel anda diberitahukan bahwa telah diikutsertakan dalam acara undian berhadiah yang akan dilaksanakan pada hari tertentu.

2. Penipuan berita mengejutkan melalui Telephone.
“Pelaku biasanya pura-pura kenal dengan kita, malahan mengetahui tentang keluarga kita baik nama, profesi dan lain-lainya.

Ada juga modus ini mengatas namakan dari kepolisian, polres, polsek atau aparat penegak hukum lainnya, dengan berita seperti anggota keluarga melakukan tindak kriminal tertentu atau informasi mengejutkan lainnya.

Atau ada juga modus yang mengatakan anggota keluarga kita sekarang sedang di tahan, kecelakaan, terlibat narkoba dll. Yang akhirnya pelaku membujuk kita untuk menyediakan sejumlah uang dengan cara transfer untuk biaya pengurusan, penangguhan penahanan atau alasan lain.

Yang perlu kita lakukan adalah tetap bersikap tenang, jangan panik dan segera berfikir realistis seperti mendengarkan logat/dialek si penelpon, karena dari pengalaman penulis sering si penelpon menggunakan dialek dengan gay bahasa yang tidak dikenal..

Bandingkan kemungkinan lokasi kejadian yang dilaporkan si penelpon dengan kebiasaan yang sering dilakukan korban yang dilaporkan. Kadang penelpon memberitahukan lokasi A tapi kebiasaan atau pada hari itu orang yang dilaporkan ada di posisi B, ini pentingnya kita tenang dan realistis.

Untuk memeriksa atau melacak posisi asal si pelaku tbisa http://www.ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html, masukan nomor telephon kemudian klik > Search. Bagi anda pengguna smartphone silahkan instal HLR LOOKUP yang bisa di download gratis di App Store.
Cara ini hanya melacak dan memeriksa asal registrasi nomor saja, bukan untuk posisi real time si pelaku saat itu.

3. Jual beli online
Selain kita harus mengenal kredibilitas penjual barang atau layanan jasa online, juga perlu diperhatikan alamat website atau Blog yang dipergunakan seperti point 1.

Dan jangan tergiur dengan harga lebih murah yang mencurigakan, promo, cuci gudang dan perlu diwaspadai oknum penjual online di situs besar penyedia iklan jual beli gratis. Karena setelah saya periksa langsung ternyata alamatnya tidak ada.

Saya pernah membuktikan sendiri terhadap layanan online jual alat musik yang disediakan oleh situs iklan online besar di indonesia. Setelah diperiksa nomor telephone-nya ternyata ada di pulau lain.

Seperti pernah ada kasus melalui percakapan telephon mengatakan di wilayah Jl. Buah-batu Bandung dan kemudian menyebutkan di pertokoan Bursa Buku Palasari Lodaya Bandung , namun setelah dikatakan bahwa saya berada di alamat tersebut, ternyata ponsel langsung mati susah di hibungi lagi (Marukana urang lain orang Bandung cmiw).

Hati-hati terhadap pemasang iklan yang hanya mempergunakan nomor ponsel saja, meskipun ini mungkin hanya oknum. Carilah pemasang iklan yang menyertakan alamat dan nomor kantor ,toko atau outlet-nya dengan jelas, disertai dengan peta lokasi, ada pasilitas Cash On Delivery (COD) atau memiliki kriteria pedagang Terferivikasi.

4. Penipuan melalui Facebook, twitter, BBM atau media sosial lainnya.
Hati-hati banyak modus kejahatan dan penipuan di media sosial saat ini, baik melalui jasa jual beli online yang mengaku memiliki perusahaan/agen tertentu yang sedang membutuhkan karyawan, artis atau pekerjaan lainnya.

Bahkan hati-hati untuk para wanita maupun pria patut diwaspadai orang yang seakan memperhatikan, mencurahkan perasaan bahkan menyatakan mencintai anda yang ujung-ujungnya akan menguras isi kantong anda, hati-hati dan waspadalah.

Semua hal di atas adalah beberapa contoh dari beragam jenis dan bentuk penipuan yang kadang-kadang SMS dikirim malam hari. Mungkin dengan tujuan agar kita berada di dalam bawah sadar (Lulungu-Sunda).

Namun semuanya serahkan pada Allah SWT semoga kita semua berada dalam lindungan-Nya. Dan bagi saudara-ku sebagai para pelaku semoga segera bertobat dan diberikan Hidayah. Karena apapun yang kita lakukan pasti harus dipertanggung jawabkan dunia kheratnya.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

9:00:00 PM