Menaikan Kekerasan Suara Hasil Rekaman Menggunakan Adobe Audition

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

Adobe audition
Salah satu masalah yang sering terjadi dalam perekaman acara live adalah kurang kerasnya level suara hasil rekaman yang dihasilkan, tidak bertenaga atau mendem.

Hal ini bukanlah masalah serius dan lumrah terjadi karena untuk Setting Sound System lapangan, tidak selalu tetap kadang harus menyesuaikan dengan kondisi lapangan atau ruangan, sehingga berpengaruh pada output audionya.

Dan satu hal yang menarik adalah lebih baik kita merekam dengan input audio kecil, dari pada input terlalu besar yang beresiko cacat audio (Over load/clipping), meskipun idealnya sebelum melakukan perekaman dilakukan ujicoba terlebih dahulu.

Namun hal ini kadang tidak dilakukan terutama bagi yang merekam dengan dasar hobby/fun saja, atau biasanya hanya mengandalkan perasaan kebiasaan (Feel) dengan melihat indikator dari tool yang dipergunakan.

Berbeda jika melakukan perekaman profesional, selain melakukanya dengan alat rekam khusus studio, juga melakukan uji coba perekaman secara berulang sehingga mendapatkan hasil suara sesuai yang diinginkan. Meskipun kebiasaan (Feel) dari operatorpun sangat dibutuhkan, karena semuanya menyangkut pengalaman (Skill).

Jadi bagi anda yang memiliki hasil rekaman acara live suaranya dirasa terlalu kecil, jangan kecil hati karena dengan sedikit sentuhan software professional Adobe Audition  atau alat editing audio lainnya, semuanya akan beres. Dan akhirnya anda memiliki kualitas level suara yang diharapkan.

Catatan
- Sebelum dinaikan level suaranya, bila terdapat NOISE lebih baik hilangkan dahulu (Minimalisir), caranya silahkan ikuti petunjuk sesuai artikel ini.

 Menghilangkan Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman Dengan Adobe

- Atau kalau ada gangguan Hum, lebih baik perbaiki dahulu dengan mengikuti petunjuk di bawah

 Cara Menghilangkan HUM (Mendengung) Pada Audio Hasil Rekaman

Lebih jelas dan lengkap simak videonya
Perbaikan Level Suara, Noise, Hum Dan Konversi WAV Ke MP3

Namun hati-hati jangan terlalu ekstrim, cukup di angka antara 0 s/d 5 atau point 2 saja, karena cara ini bisa memangkas nada rendah audio hasil rekaman anda.

- Bila anda merekam dengan format audio WAV jangan dirubah menjadi MP3 karena biasanya akan terjadi pengurangan durasi. Hal ini penting terutama bila audio tersebut digunakan untuk musik latar video (Lipsync/Backsound), agar terhindar dari delay atau tidak sinkronya audio dengan gambar.

Menaikan Level Kekerasan Suara Hasil Rekaman Menggunakan Adobe Audition
1. Buka software Adobe Audition anda

2.Masukan file yang akan diproses,klik > FILE > OPEN, cari dimana file tersebut disimpan dan bila seudah ditemukan, Klik file tersebut > OPEN. atau Klik langsung dua kali file tersebut.

3.Inilah contoh file format WAV sebelum dinaikan level kekerasannya.

Tips Adobe Audition

4. Untuk menaikan level kekerasannya, Klik > EFFECTS > sorot AMPLITUDE AND COMPRESSION > Klik AMPLIFY.

5. Pada tampilan EFFECT AMPLIFY, perhatikan BOOST adalah untuk menaikan tingkat kekerasan dan CUT adalah untuk menurunkan tingkat kekerasan, silahkan pilih angka yang cocok pada item BOOST sesuai tingkat kekerasan yang diinginkan.

https://www.mawarnada.com

- Pada setiap perubahan jangan dulu di APPLY, tapi silahkan dengarkan dahulu perbedaannya dengan tekan tombol PREVIEW Play/Stop (1), dan pastikan tombol TOGGLES The POWER STATE (2) posisi ON/nyala hijau.

- Perhatikan CHECKLIST pada LINKS SLIDERS (3), bila kanal tertentu ada yang ingin diturunkan atau dinaikan tingkat kekerasannya maka hilangkan checklist tersebut dan silahkan rubah tingkat kekerasan kanal dimaksud dengan menggeser slidernya.

- Bila anda melakukan edit lebih dari satu atau beberapa audio/lagu agar semua keluaran audionya relative sama, silahkan simpan setting terbaik menurut anda dengan cara Klik SAVE SETTINGS AS A PRESET (4), jadi untuk selanjutnya silahkan cari preset tadi kemudian APPLY.

6. Inilah contoh file format WAV setelah dinaikan level kekerasannya.

http://www.mawarnada.com

7. Untuk selanjutnya silahkan simpan hasil pekerjaan anda dengan Klik > FILE > SAVE AS (CTRL+SHIFT+S) dan beri nama file tersebut (agar tidak menimpa file audio asli), atau kalau sudah yakin Klik > FILE > SAVE (CTRL+S).

Video tutorial audio video Bahasa Indonesia lainya 
Merubah Audio Format WAV menjadi MP3 dengan Adobe Audition
Merubah Audio Mono menjadi Stereo menggunakan Adobe Audition CS6
Membuat Photo Video/Photo Slide

Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalamu;alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

12:00:00 AM