Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konversi Video Menjadi MP4 Dengan Aiseesoft Video Converter Ultimate

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Alat konversi video
Tutorial dan artikel video bahasa Indonesia
. Banyak tool yang bisa dipergunakan untuk merubah video menjadi MP4, salah satunya Aiseesoft Converter Ultimate.

Bagaimana cara merubah video menjadi format video MP4?, mengapa tidak merubahnya ke format video 4K atau format video 8K yang saat ini sudah banyak tayang di youtube.

Alasannya jelas karena saat ini penulis belum memiliki kamera video 4K dengan resolusi 3840 pixsel x 2160 pixsel (4K UHD-Televisi) atau video 4K resolusi 4096 pixsel x 2160 pixsel (DCI 4K) yang dipergunakan di industri film.

Apalagi video format 8K dengan resolusi 7680 pixsel x 4320 pixsel. Meskipun bisa saja video resolusi 1920 pixsel x 1080 pixsel (Full HD) dikonversi ke format 4K yang bisa dilakukan oleh tool Aiseesoft Converter Ultimate ini.

1. Silakan buka tool Aiseesoft Converter Ultimate
2. Klik ADD FILE atau ADD FOLDER yang ada disudut kiri atas tool ini
3. Pilih format MP4 HD 720P pada menu CONVERT ALL TO
 
Pilihan ini artinya ouput format MP4 resolusi 1280 pixsel x 720 pixsel (HD), Encoder H.264, Bitrate video sesuai sumber video, Frame Rate video 30pfs, Sampel Rate audio 44100Hz dan Bitrate audio 128kbps. Seting ini cocok untuk berbagai media player dan bisa di upload ke Youtube.

4. Untuk menyimpan hasil konversi, perhatikan SAVE TO yang ada di sudut kiri bawah.
Bisa disimpan sama tempatnya dengan lokasi sumber video atau dibuatkan folder khusus dengan cara klik Tanda Panah Kecil > BROWSE AND SELECT FOLDER
 
Info menarik lainnya
 
Tips seting tambahan
Klik Tanda Panah Kecil disamping Tanda Roda Gigi, pilih TASK SCHDULE. Secara default folder tempat penyimpanan output video akan terbuka jika konversi selesai dilakukan (Open output folder). 
 
Atau komputer/laptop mati otomatis (Shut down computer) dll. Silakan tentukan sesuai kebutuhan.

Berikan contreng pada kotak MERGE INTO ONE FILE, jika mengkonversi lebih dari satu video ingin disatukan dalam satu file.

5. Klik CONVERT ALL untuk mulai melakukan prosesnya.

Semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warrohmatulloh wabarokatuh