Cara Menggunakan WhatsApp Yang Wajib Kita Ketahui

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Hanya berbagi semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Beberapa optimasi fitur WhatsApp yang bisa kita sesuaikan.

Yang tentunya harus dipertimbangkan baik dan buruknya bagi semua penggunanya, diantaranya:

1. Menghindari auto download kiriman gambar/video
2. Cara ganti/tukar nomor aktif WhatsApp
3. Cara hapus akun WhatsApp
4. Ingin bersembunyi atau menyembunyikan sesuatu 
5. Agar tidak bisa dimasukan menjadi anggota grup 
6. Cara pasang aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop 

1. Menghindari auto download kiriman gambar/video
Cara ini bisa menghemat quota internet karena kiriman gambar/video tidak langsung di download, menghemat pemakaian memori dan untuk jaga-jaga jangan sampai kiriman gambar/video yang tidak pantas langsung masuk ponsel kita.

Caranya: Ketuk tanda titik tiga vertikal di sudut kanan atas untuk membuka Setelan, kemudian setelah menu Setelan terbuka silahkan ketuk Data dan penyimpanan.

Rubah 3 pengaturan Unduh Otomatis Media (Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung ke wi-fi dan Saat roaming). Dengan acara hilangkan tanda centang pada semua kiriman, seperti gambar di bawah.

http://www.mawarnada.com/
*(Ketuk titik tiga di sudut kanan atas > Setelan > Data dan penyimpanan > Rubah 3 pengaturan pada Unduh otomatis media)

Catatan: Ketika menggunakan cara di atas, pada awalnya kiriman gambar/video akan terlihat buram. Namun jika kita ingin melihat kiriman secara jelas, ketuk kiriman tersebut dan secara otomatis tersimpan di ponsel.

Untuk langsung menghapus setelah melihat kiriman gambar/video tersebut, ketuk tahan sebentar kiriman > Ketuk ikon sampah > Hapus untuk saya. Atau hapus melalui galery.

2. Cara ganti nomor aktif WhatsApp
Ketuk 3 titik di kanan atas > Setelan > Akun > Ganti nomor > Lanjut.
Silakan masukan nomor lama WhatsApp pada kotak paling atas dan masukan nomor telepon baru sebagai pengganti, di kolom bawah > Lanjut dan ikuti perintah selanjutnya.

3. Cara hapus akun WhatsApp
Lakukan cara ini jika benar-benar tidak akan menggunakan WhatsApp lagi dan agar semua aktifitas kita selama menggunakannya akan terhapus secara total seluruhnya.

Ketuk 3 titik di kanan atas > Setelan > Akun > Hapus akun saya.
Masukan nomor telepon aktif WhatsApp pada kolom paling bawah, kemudian ketuk Hapus Akun Saya.

4. Ingin bersembunyi atau menyembunyikan sesuatu di WhatsApp
Lakukan perubahan pada menu Siapa yang dapat melihat informasi pribadi saya. Ketuk 3 titik di kanan atas > Setelan > Akun > Privasi.

Terakhir dilihat
Semua orang: Semua orang mengetahui kapan kita pernah membuka WharsApp dengan munculnya notifikasi di bawah nama, baik kontak orang yang sudah tersimpan maupun belum.

Kontak saya: Hanya kontak orang yang tersimpan saja mengetahui kapan kita membuka WhatsApp.

Pilih Tidak: Hilangnya notifikasi atau tidak akan diketahui oleh siapapun kapan kita membuka WhatsApp, baik oleh kontak yang sudah tersimpan ataupun belum. namun kekurangannya kita juga tidak bisa mengetahui kapan orang lain membuka aplikasi ini.

Foto profil & Info: Silahkan atur sesuai keinginan yang fungsinya sama dengan menu Terakhir dilihat.
.
Status: Siapa saja yang bisa melihat Status kita, silakan sesuaikan jika perlu dengan pengecualian agar tidak semua orang bisa melihat status kita apalagi masalah pribadi, keluh kesah, caci maki dll.

Menu ini bisa dibisukan (Mute) sehingga kita tidak melihat Status yang dikirim/dibuat orang lain, caranya Ketuk dan tahan Status yang diterima > Pada notifikasi yang muncul, Ketuk > Bisukan.

Laporan dibaca
Posisi off: Pengirim mengetahui bahwa chatnya sudah diterima dengan tanda ceklis 2 abu, tapi tidak mengetahui apakah chat yang kita kirim sudah dibaca atau belum. Indikasi sudah dibaca warna biru pada tanda ceklist 2.

Hati-hati fitur ini jangan digunakan untuk berbohong karena jika pengirim masih tetap melihat ceklist 2 abu tanda terkirim tapi belum dibaca. Dan kemungkian lain chat diterima tapi langsung dihapus oleh si penerima.

Bagaimana kalau si pengirim menggunakan nomor lain untuk crosscheck dan mengetahui WhatsApp kita aktif bahkan sedang bermain medsos lain. Hal ini berbeda dengan ciri tidak terkirim dengan WhatsApp tidak aktif/kuota habis dengan tanda ceklist 1.

5. Agar tidak bisa dimasukan menjadi anggota grup
Ketuk tanda titik tiga di kanan atas > Setelan > Akun > Privasi > Grup

Semua orang: Siapapun bisa memasukan kita pada grup
Kontak saya: Hanya orang yang kontaknya sudah tersimpan bisa memasukan ke grup
Kontak saya kecuali: Pilih pada kontak, siapa yang tidak boleh memasukan kita ke grup.
Atau orang yang kita pilih bisa memasukan tapi dengan cara melalui undangan secara pribadi, yang tentunya harus disetujui dulu oleh si penerima undangan.

6. Cara pasang aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop
Cara ini bermanfaat ketika kita sedang bekerja di depan komputer/ laptop, sehingga tidak perlu memegang ponsel ketika menggunakan WhatsApp, agar tidak terlalu repot juga ya.

- Silahkan download dulu installer resminya di https://www.whatsapp.com/download/ (Salin ke browser anda). Namun sebelumnya perhatikan dulu apakah komputer/ laptop kita menggunakan 32 bit atau 64 bit, sesuaikan dengan installer yang akan kita download.
- Setelah di download kemudian install seperti biasa dan lakukan scanner pada tampilan yang muncul menggunakan scanner bawaan WhatsApp
- Jika pemasangan dilakukan dengan benar, aplikasi WhatsApp akan langsung terpasang di komputer/laptop.

Demikian semoga bermanfaat dan lakukan secara bijaksana guna kenyamanan dan keamanan semua pengguna dan tetap santun dalam menggunakan media sosial, terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

15.52.00