Cara Setting Filter Video Youtube Di Smartphone Dan Komputer Bagi Anak-Anak

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com
Klik memperbesar gbr
Saat ini bukan hal yang aneh apalagi mewah jika anak-anak usia pengawasan orang tua, bahkan balita sudah bisa mengoperasikan gadget ataupun komputer. Dan mungkin ada juga sebagian orang tua yang merasa bangga anaknya sudah bisa memutar video youtube sendiri.

Tapi apakah kita sebagai orang tua selalu mengawasi kegiatan anak-anaknya dalam memilih dan memutar video tersebut ?, tentu tidak bisa selamanya. Hal inilah yang perlu jadi pertimbangan agar semua tayangan video yang dilihat relatif aman dan sesuai bagi usianya.

Lakukan setting channel youtube seperti di bawah, sebagai upaya mencegah tayangan yang tidak sesuai dengan anak anak kita. Meskipun cara ini tidak 100% bisa memblokir video yang tidak diinginkan.

1. Cara Setting Filter Video Youtube Smartphone
1. A. Channel Youtube bawaan Smartphone
Silahkan buka Channel Youtube, pada tampilan Beranda/Home lihat icon gambar orang di sudut kanan atas, silahkan usap icon tersebut, dan pada tampilan berikutnya usap Setelan/ Setting kemudian pada Umum/ General rubah pengaturan Mode Terbatas/ Restricted Mode menjadi Aktif.

Atau secara singkat Beranda/Home > Setelan/setting > Umum/General > Mode Terbatas/Restricted Mode posisi Aktif.

2.Pada Channel Youtube Komputer/Laptop
Gulir mouse ke bawah, klik pada fitur Restricted Mode dan silahkan rubah menjadi On kemudian Save.

3. Setting Channel Youtube Smartphone/Komputer/Laptop secara permanent
Langkahnya persis sama seperti cara no. 2 namun kita harus memiliki akun gmail dahulu atau akun youtube (Karena jika memiliki akun gmail kita langsung memiliki akun Youtube juga).

Cara Membuat Email Cepat Mudah Lengkap Dengan Gambar

Dan sebelum di SAVE, klik Kunci Mode Terbatas pada browser ini, kemudian klik link Sign In yang ada pada tulisan Kunci Mode Terbatas pada browser ini/ You Can lock Restricted Mode after you sign in (Untuk masuk ke akun gmail/youtube anda).

Kemudian pada tampilan beranda youtube tersebut geser mouse ke bawah dan klik Lock Restricted Mode on this browser, maka tampilan akan terbuka ulang dengan fitur Restricted Mode sudah menjadi ON.

Jika ingin mengembalikan pengaturan silahkan klik lagi Buka kunci Mode Terbatas pada browser ini/ Unlock Restricted Mode on this browser dengan cara keluar dulu/ Log Out kemudian masuk lagi/ Sign In.

Seperti dikemukakan sebelumnya bahwa semua cara diatas tidak menjamin 100 % dapat memfilter semua konten yang tidak diinginkan seperti tayangan kekerasan dan tayangan dewasa atau tayangan yang tidak sesuai dengan usia anak kita.

Namun hanya dapat meminimalisir tayangan tersebut, atau untuk cara lain bisa juga merubah pengaturan filter pada masing-masing browsernya, semoga di artikel berikutnya bisa kami buat.

Demikian semoga bermanfaat dan jika ada hal yang keliru mohon secepatnya dikoreksi untuk dilakukan perbaikan. Terimakasih
Wassalamau’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

11:16:00 PM