Pengenalan Corel FastFlick X7 Untuk Membuat Photo Video Atau Photo Slide Keren

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com
Tentu akan lebih bermakna jika koleksi Photo yang kita miliki dijadikan sebuah tayangan video atau kita pernah mengenal istilah Photo Slide namun disini dibuat berbeda karena dengan dilengkapi animasi dan transisi yang sangat keren sehingga kita tidak akan bosan melihatnya,apalagi dilengkapi musik latar yang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan thema photo yang kita miliki,atau pilihlah musik latar dari koleksi lagu kesayangan kita,rasakan nuansa lebihnya.

Photo Video atau Photo Slide ini bisa kita buat hanya mengandalkan salah satu tool bawaan dari Software Editing Video sangat terkenal yaitu Corel Video Studio X7 yaitu Corel FastFlick X7 yang tentu sangat mudah untuk membuatnya,meskipun bagi pemula sekalipun.

Pengenalan Corel FastFlick X7 Untuk Membuat Photo Video Atau Photo Slide Keren
1.Silahkan buka Corel FastFlick X7,bagi yang belum memilikinya silahkan membeli versi resminya.

2.Select Your Template,klik dua kali template yang akan kita pergunakan,sebagai contoh saya menggunakan Template Wedding.

3.Add Your Media,Klik tanda plus (+) dibawah untuk menambahkan photo-photo anda,dan sebagai catatan semakin panjang durasi musik latar maka semakin banyak juga photo yang kita butuhkan.

4.Click The Button Or Drag Photos And Videos Here To Add Media,Silahkan klik tahan dan geser (Drag) photo yang akan dijadikan video atau klik tanda plus (+) untuk memasukannya dan akan lebih baik kita mengurutkan photo sesuai thema video yang kita inginkan.

5.Cara memasukan atau mengganti musik latar,klik icon musik (Edit Music) atau klik icon Roda disamping kanan (Options) > Add Music,silahkan pilih musik yang akan dijadikan musik latar.

6.Untuk menggeser musik atau urutan yang akan diputar silahkan klik tanda panah ke atas (Move Up),dan perlu diingat bahwa kita bisa menambahkan lebih dari satu judul lagu atau musik,yang akan disesuaikan durasinya sesuai dengan pengaturan di bawahnya,lihat option Movie Duration.

http://www.mawarnada.com

 6.1.Fit Music To Movie Duration :Semakin banyak photo yang kita masukan maka lebih baik menambahkan beberapa judul lagu sebagai musik latar,karena jika kurang maka akan terjadi pengulangan pemutaran musik latarnya
 6.2.Fit Movie To Music Duration:Durasi Video akan disesuaikan dengan durasi musik latar,jadi kalau photo yang dimasukan kurang maka akan terjadi pengulangan tayangan photo yang kita masukan namun jika photonya lebih maka sisanya tidak akan ditayangkan.

7.Untuk merubah teks klik icon teks (T),silahkan rubah tema teks sesuai yang kita inginkan baik jenis,warna dan posisinya namun disayangkan kita tidak bisa merubah ukurannya.

Kita bisa menyimpan dahulu project yang dibuat dalam format Fasflick (.vfp) agar untuk dikemudian hari bisa dipergunakan kembali atau memperbaikinya bila perlu,caranya klik tanda panah di atas (Menu) > Save As,beri nama file tersebut dan diingat tempat menyimpannya.

8.Klik Save And Share di bawah,jika semua langkah di atas sudah dianggap sempurna,kita bisa langsung menyimpan hasil pekerjaanya ke dalam format video yang bisa kita dilihat langsung di komputer atau juga nantinya file tersebut bisa kita Burning kedalam sebuah keping CD/DVD,yang caranya bisa anda baca DISINI untuk pengguna Tool Nero,DISINI untuk yang menggunakan Tool Ashampo,atau di burning langsung menggunakan Corel Video Studio DISINI,dan lebih baik buatlah video kedalam format MPEG-2,karena untuk kualitas dibawahnya kita bisa menggunakan alat konversi seperti caranya DISINI,khusus pengguna Tool ImToo caranya DISINI.

9.Pada tampilan di bawah,perhatikan setting Profile,pilihlah MPEG-2 720 X 576,4:3,25p,8Mbps,untuk ukuran minimal terbaik yang bisa kita burning sedangkan untuk angka 4:3 adalah ukuran standard tampilan sedangkan 16:9 adalah ukuran tampilan lebar/wide.

http://www.mawarnada.com

 9.1.File Name : Judul Project
 9.2.File Location : Tempat penyimpanan hasil pekerjaan.
Klik Save Movie (Tombol Biru) jika semua setting dirasa cukup dan tunggu proses rendering sampai selesai.

Catatan penting
Jika ingin lebih sempurna semua pekerjaan kita di atas,lebih baik di share project tersebut melalui software Corel Video Studio X7 karena kita akan lebih leluasa berkreasi seperti merubah ukuran dan model huruf yang tidak bisa dilakukan pada tool ini,atau kita bisa lebih detail melihat kekurangan jumlah photo,durasi musik,edit musik,mengganti background video,menambah atau mengurangi jumlah teks atau hal lain yang kita perlukan,caranya klik Edit In VideoStudio (Tombol Hijau),maka software editing Corel Video Studio x7 dengan project kita tadi akan muncul,contoh hasil video bisa dilihat dibawah ini :
Contoh Video 1
Musik Latar : Kacapi Suling Kancana Sari Bandung
Judul Lagu : Pageuh Tekad

Contoh Video 2
Musik latar : Pop Sunda
Judul Lagu : Lila-lila jadi cinta
Penyanyi : Rika Rafika

Masih bingung?
Inilah Video Tutorianya DISINI

Selamat berkreasi dan untuk kekurangannya silahkan untuk disempurnakan,karena saya yakin anda memiliki kelebihan dalam kreativitas,semoga.

Mudah-mudahan bermanfaat dan Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

5:19:00 PM