Tips Cara Membeli TV LCD/LED,Pertimbangkan Hal Berikut Ini

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

TV LED
Disini penulis berasumsi anda akan membeli TV jenis Liquid Crystal Display (LCD) atau TV Light Emitting Dioda (LED).

LED TV lebih baik dibandingkan dengan LCD TV, selain kualitas gambar lebih baik juga lebih hemat daya listrik, refresh & response rate lebih baik.

Baca juga
-Contoh Album Magazine, Kolase Pernikahan
-Contoh 1 foto album magazine/kolase khitanan
-Contoh 2 foto album magazine/kolase Khitanan

Tips Cara Membeli TV LCD atau LED
1. Browsing di Internet baik mengenai harga, merek, ukuran, fasilitas ataupun fitur
Tidak semua pelayan toko bisa melayani pertanyaan anda karena kesibukan melayani pembeli yang lain. Namun dengan mudahnya akses Internet saat ini silahkan untuk melihat dan mencari segala sesuatu mengenai TV LCD atau LED. Bandingkan dan tentukan pilihan untuk mempermudah dan mempercepat dalam pembelian.

2. Harga
Biasanya harga tergantung merek dan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan, jadi kalau anda belum memiliki Toko langganan yang bisa menjamin memberikan harga terbaik. Silakan membandingkan harga dengan beberapa Toko lain meskipun selisihnya mungkin tidak terlalu besar.

Sebagai contoh untuk di Bandung anda bisa berbelanja di Pusat Pertokoan JL.ABC, di tempat ini beragam TV berbagai ukuran dan merek juga elektronika lain bisa kita dapatkan namun semua toko di tempat ini memasang harga relative sama.

Karena konon semua pedagang disini mempergunakan system online, jadi anda bisa membandingkan harga di tempat ini dengan tempat lain seperti di pertokoan simpang tiga JL.Jamika, Jl.Cicadas, Jl.Tegalega, Carrefour dll atau dengan tempat sebaliknya.

3. Spesifikasi tambahan yang wajib diperhatikan
3.1. Sudut pandangan (Angle View)
Tidak semua merek TV mencantumkan hal yang satu ini, meskipun untuk jenis TV LED sudah memiliki sudut pandang yang baik atau rata-rata horizontal 178 derajat dan vertical 178 derajat.

Atau sebelum dibeli lebih baik dicoba dan dilihat, dengan membandingkan kejelasan dan kecerahan warna pada arah samping kiri dan kanan. Angle View bagus berati TV dilihat diposisi manapun tetap baik gambarnya.

3.2. Input dan Output (I/O)
Hal ini sangat penting guna memenuhi semua kebutuhan perangkat hiburan dirumah anda, karena  TV standard baik LCD maupun LED hanya menyediakan perangkat input (Audio L/R dan video jenis komposit). Dengan jenis jack coaxial dan indikasi warna untuk audio putih dan merah, sedangkan untuk input video warna kuning.

Pilihlah TV LCD/LED yang memiiliki input dan Output (I/O) lengkap, seperti input HDMI (High Definition Multimedia Acces) agar bisa menghubungkan perangkat lain seperti PC, Blu-Ray atau Digital Drive Player, guna mendapatkan kualitas suara dan gambar terbaik.

Apalagi jika anda akan menghubungkan TV ini dengan perangkan Home Theatre atau Karaoke pasti membutuhkan saluran input/output audio video tambahan.

3.3. Input Port USB Support Movie
Tanyakan apakan port input USB yang ada sudah mendukung pemutaran format video umum seperti MP4, MPEG, WMA, AVI dll. Terutama memutar video format MKV HD/Full HD karena selain lebih baik dari segi audio dan gambar juga dipergunakan secara luas.

4. Garansi Resmi
Jangan tergiur dengan harga murah tapi pertimbangkan juga garansi yang ditawarkan karena secara logika produk bagus akan menawarkan garansi cukup lama biasanya 1 atau 3 Tahun.  Meliputi spare part berikut jasa perbaikan dengan tempat service center mudah dan dekat dengan rumah anda.

5. Antena
Gunakan Antena TV bagus dan kalau perlu tambahkan booster untuk gambar terbaik.

6. Garansi Toko
Minta garansi toko bila terjadi kelainan atau masalah tertentu yang terjadi meskipun hanya satu atau tiga hari. Jadi setelah sampai di rumah silakan langsung coba terutama untuk menu dan fiturnya.

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

13.52.00