Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengkap Instal Notebook Atau Netbook Melalui Flashdisk Menggunakan Rufus

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com
Mengapa harus menggunakan Flashdisk
Kalau anda memiliki CD/DVD Drive baik insternal maupun eksternal silahkan saja pergunakan alat tersebut, tapi bagaimana kalau cara instal Netbook?.

Karena seperti kita ketahui barang tersebut tidak memiliki CD/DVD Drive atau hal yang ditakuti para teknisi adalah alat tersebut rusak atau tidak bisa mendeteksi keping CD/DVD lagi, jadi silahkan pergunakan Flashdisk sebagai solusinya.

Cara lengkap menggunakan Rufus
1.Salah satu syarat penting adalah kita harus memiliki file instaler dalam format ISO

2.Memiliki Flashdisk berukuran sekitar 8GB yang sudah anda pasang di netbook/notebook, dan pindahkan dahulu datanya karena nantinya Flashdisk tersebut diformat.

3.Buka tool Rufus terbaru yang berukuran kecil sekitar 616 Kb.

http://www.mawarnada.com

4.Jangan rubah apapaun,kecuali perhatikan point 1, untuk memastikan posisi Flashdisk dan kemudian klik > point 2 (Click to select an image) > Open, untuk memasukan file ISO yang akan diproses. Lihat gambar di bawah :

http://www.mawarnada.com

5.Jika file ISO sudah masuk silahkan klik > Start dan bila ada pemberitahuan proses penghapusan data Flashdisk silahkan klik > Ok. Kemudian tunggu proses sampai selesai dengan tanda muncul pemeritahuan DONE di sudut kiri bawah tool tersebut, kemudian klik > Close. Flashdisk berisi instaler siap dipergunakan.

6.Silahkan masuk setting BIOS untuk merubah Boot melaui Flashdisk.

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.