Merubah Kapasitas Hardisk Menggunakan Easeus Partition Master Home Edition

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu'alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com
Cara ini adalah salah satu solusi untuk menambah atau mengurangi kapasitas harddisk ataupun membuat partisi baru tanpa instal ulang opearting system.

Masih banyak cara lainya baik menggunakan software sejenis seperti dengan Mini Tool Partition Home Edition, maupun menggunakan fasilitas dari windownya sendiri.

Yang tentunya dengan software dirasa lebih mudah dan lebih presisi dalam ukuran yang diinginkan selain mengurangi resiko kesalahan.

Seperti yang saya lakukan dengan alasan partisi C (System) sudah penuh, meskipun pertimbangan awal dengan 100 Gb dirasa cukup. Ternyata sekarang sisa kurang dari 10 % dengan indikator partisi merah.

Dengan terpaksa karena malas untuk instal ulang dan juga tidak mau repot update segala macam aplikasi yang sudah terpasang, akhirnya menambah parisi C (System) dengan mengurangi partisi D.

Cara Partisi Harddisk Dengan Easeus Partition Master Home Edition
1. Silahkan buka softwarenya atau kalau yang belum punya silahkan download versi terbarunya.
Sebelum
http://www.mawarnada.com

2. Klik partisi D atau F atau partisi harddisk yang masih memiliki kapasitas yang bisa ditambahkan ke C (System), contoh disini partisi D > Klik Resize/Move pada toolbar atau klik kanan pada partisi yang akan diproses kemudian Klik > Resize/Move Partition. Kemudian geser dari kanan ke kiri sebesar kapasitas yang akan ditambahkan.

3. Perhatiakan gambar sebelum dikurangi partisinya.
Awalnya kapasitasnya adalah 408998,3 Mb, saya menggeser 50.000 Mb (50Gb). Lihat pada Unallocated Space After yang nantinya akan ditambahkan ke partisi C (System).

http://www.mawarnada.com

4. Perhatikan gambar dibawah setelah dilakukan penggeseran, dan silahkan klik > Ok, bila sudah yakin.

http://www.mawarnada.com

5.Maka akan muncul partisi UNLLOCATED. Silahkan geser partisi UNLLOCATED tersebut dan simpan antara partisi C (System) dan partisi D.

6. Sekarang Klik partisi C > Resize/Move Partition.
Geser mulai tanda lingkaran, dari kiri ke kanan sampai mentok kemudian klik > Ok > Apply, klik Yes untuk Restart komputer.

7. Sekarang lihat penambahan partisi Harddisk C (System) yang awalnya sisa 3,8 Gb sekarang sisanya menjadi 55.9 Gb.

Setelah
http://www.mawarnada.com

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

12:17:00 AM