Suara Mono Dijadikan Stereo Mempergunakan Adobe Audition CS6

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com
Mungkin sengaja atau tidak, kita pernah menemukan file audio mono. Sebagai contoh seperti hasil rekaman mempergunakan ponsel, beberapa file sound effect atau mungkin pada saat kita merekam mempergunakan perangkat stereo karena terjadi masalah pada saat perekaman seperti input suara masuk sebelah, bisa di left (L) saja atau di Right (L).

Hal ini bisa saja tidak terasa perbedaannya untuk sebagian orang tapi kalau sumber suaranya benar-benar dibuat dengan system 2 kanal/channel seperti musik karaoke, jelas sekali perbedannya meskipun sebenarnya dari kapasitas file sangat berbeda seperti file mono terkesan cempreng.

Sebenarnya cara ini tidak meningkatkan kualitas suara sumber mono tadi akan tetapi sebagai cara memanipulasi suara kanal saja, sehingga pada saat kita mendengarkan melalui perangkat stereo seperti earplug/headsheet atau perangkat speaker stereo lainnya tidak bunyi sebelah.

Suara mono menjadi stereo ikuti cara seperti di bawah ini :
1. Pastikan anda memiliki software Adobe Audition CS6 atau versi di bawahnya juga bisa.
2. Buka software tersebut dengan klik dua kali icon di desktop atau klik kanan > Open.
3. Bila software tersebut telah terbuka,masukan file mono yang akan di jadikan stereo dengan cara klik > File > Open, cari dan masukan file mono tersebut, klik > Open.
4.Ketika file mono pada area edit,klik > File > Save As, silahkan lihat contoh gambar sebelum dirubah menjadi stereo.

http://www.mawarnada.com

5. Pada tampilan gambar di atas, klik > Change, pada menu Sample Type dan pada tampilan gambar berikutnya, klik > Channel dan klik > Panah kecil, untuk merubah dari mono menjadi stereo, kemudian klik > Ok.

http://www.mawarnada.com

6. Anda akan kembali pada gambar seperti pada point 4, dan lihat pada Sample Type mono telah berubah menjadi stereo.

http://www.mawarnada.com

7. Perhatikan,sebelum klik > Ok, periksa Location sebagai tempat penyimpanan file hasil perubahannya, bila sudah pasti klik > Ok.
8. Bila ada pertanyaan klik > Yes atau ingin file asli tidak tertimpa maka rubah dahulu nama filenya pada kolom File Name.
9. Inilah hasil setelah file mono dijadikan stereo dan bila anda mempergunakan Adobe Audition versi dibawahnya atau lebih rendah lagi biasanya fitur ini ada di menu Effects > Amplitude and Compression > Channel Mixer dan cari kalau tidak lupa :D > Both Left atau Both Right. Hapunten bilih lepat hilap deui :D.

http://www.mawarnada.com
Simak juga Video Tutorialnya DISINI
Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatauh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

10:20:00 PM