Menggabungkan Lagu MP3 Dengan Adobe Audition (Membuat Kabaret/Parodi Musik)

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comKarena seringnya dimintai bantuan oleh para panitya Agustusan untuk membuat Musik Kabaret atau Parodi Musik. Maka untuk share kali ini akan saya mencoba menjelaskan bagaimana caranya menggabungkan, memotong dan menggunakan Fade In/Fade Out pada Adobe Audition atau cara menggunakan fitur lainya.

Namun mohon ma’af bila tips ini jauh dari sempurna karena saya bukan akhli dalam bidang ini, apalagi seni editing musik.  Akan tetapi mudah mudahan akan menjadikan suatu gambaran untuk pembelajaran dan pemahaman dalam menguasai fitur Adobe Audition terutama pada sesion Multitrack.

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya melakukan beberapa langkah berikut ini :

- Pilih Kualitas musik (Lagu MP3) yang baik,minimal sample rate 41KHz dan bitrate 128 Kbps

- Semua lagu Mp3/WAV diratakan kekerasannya/volumenya agar setelah digabungkan terdengar relative sama gunakan fitur Normalize pada Adobe Audition (Effects > Amplitude and Compression > Normalize).

- Tentukan urutan musiknya dari awal sampai akhir yang akan disimpan pada track 1, track 2, 3 dan seterusnya.

Langkahnya

1. Buka Adobe Audition, setelah terbuka klik > Multitrack, silahkan masukan data sesuai keinginan anda, contoh lihat gambar di atas.
2. Masukan musik yang akan di edit, klik File > Open, dalam keadaan default musik akan masuk pada Waveform. Maka klik Multitrack >  klik file musik tahan dan geser (Drag and Drop) kemudian simpan di kolom track 1 dan track 2 untuk musik berikutnya dan seterusnya.
3. Tentukan awal dan akhir musik pada track 1, bila sudah ditentukan klik kanan pada titik area pemotongan > Split >  klik kanan sekali lagi kemudian pilih Cut untuk membuang bagian lagu MP3 yang tidak diperlukan.
4. Lakukan langkah point 3 pada musik di track berikutnya sehingga tersisa bagian musik yang diperlukan saja.
5. Gunakan Fade In di awal musik dan Fade Out di akhirnya bila perlu.

Untuk memperhalus penggabungan bagian musik, upayakan pada penggabungan akhir lagu dan awal lagu lainnya mencari nada yang kira-kira pas. Misalkan suara akhir kick drum lagu 1 berada di awal lagu 2, maka pemotongan akhir lagu 1 sebelum kick drum atau bisa juga dengan mencari nada dominan lainnya seperti Bass gitar dan lain-lain.

http://www.mawarnada.com

6. Fade In > Suara terdengar dari kecil kemudian standard, klik beberapa detik dari awal lagu pada garis volume untuk memberikakan tanda batas, kemudian klik diawal lagu pada garis volume dan kemudian seret kebawah.

7. Fade Out > Suara terdengar dari standard menjadi kecil,  klik beberapa detik di akhir lagu pada garis volume untuk memberikan tanda batas, kemudian klik di akhir lagu pada garis volume dan kemudian seret kebawah.

8. Dengarkan dan putar berulang-ulang hasil pekerjaan anda dan gunakan fasilitas tombol M (Mute) dan S (Solo) pada setiap track.

Saya yakin anda pasti menghasilkan suatu karya yang lebih bagus dan sempurna karena semuanya tergantung kreativitas apalagi dengan memanfaatkan beberapa fitur lain pada Adobe Audition ini atau mencoba Editor Audio profesional lainnya.

9. Bila sudah yakin dengan pekerjaan anda, silahkan simpam dalam file format WAV/MP3, Klik File > Export >Multitrack Mixdown > Entire Session dan tentukan kualitas audionya sesuai selera anda, seperti contoh gambar :

http://www.mawarnada.com

Itulah tips langkah sederhana dalam menggabungkan beberapa file Lagu MP3 atau WAV, yang bisa dipergunakan dalam Musik Kabaret atau Parodi Musik,s empurnakan dengan kreativitas anda.
Demikian dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

1:32:00 AM