Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudik lebaran 2021 Menggunakan Motor

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Mudik lebaran 2021
- Kondisi kesehatan anda 
Sebelum melakukan perjalanan yakinkan bahwa kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat. Jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan lebih baik tunda perjalananya.
 
- Jarak tempuh dan waktu 
Jangan memaksakan diri bila jarak dan waktu tempuh tidak layak mempergunakan kendaraan roda dua. Yang bisa mengakibatkan waktu dihabiskan diperjalanan. Atau karena perjalanan jauh mengakibatkan sakit di tempat tujuan.

- Kondisi kendaraan
Pastikan bahwa kendaraan yang akan dipergunakan dalam kondisi baik dan periksa semua kelengkapan dan fungsinya. Jangan ragu untuk mengganti part yang sudah aus/rusak guna kelancaran dan keselamatan diperjalanan.

Pertimbangkan untuk mengganti Ban dengan jenis tubeless, karena sesuai pengalaman jenis Ban ini bisa diandalkan ketika bocor kena paku atau sejenisnya, asalkan paku tidak dicabut kita masih bisa melakukan perjalanan.

- Kendaraan sendiri vs rental
Kehati-hatian penting bagi pengguna kendaraan rental, karena kita sebagai pengguna tidak sepenuhnya mengetahui kondisi kendaraan tersebut. Dan jangan sungkan untuk menanyakan kondisi kendaraan tersebut kepada pemilik rental dengan menyebutkan tujuan mudiknya.

- Jumlah barang yang akan di bawa
Jangan memaksakan untuk membawa barang atau muatan yang berlebihan dan perhitungkan keamanan dan kenyamanan diperjalanan baik untuk diri sendiri dan pengguna jalan lain.

- Faktor kelancaran perjalanan 
Kita harus mengetahui sepenuhnya rute jalan yang akan ditempuh seperti kondisi jalan, jarak dan perkiraan waktu tempuh. Gunakan GPS untuk mengetahui keadaan rute yang akan dilewati atau mengetahui tempat penting diperjalanan seperti Masjid/Mushola, Pos Polisi dll.
 
Semoga tips ini menjadi ikhtiar kita guna kenyamanan dan keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik maupun balik. Teriring do’a semoga anda mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan Allah SWT selalu melindungi kita semua, Amin ya robbal 'alamin.

Semoga bermanfaat dan terimkasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.