Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modus Kejahatan Yang Mengincar Pemudik

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Modus kejahatan lebaran 2021
Sudah banyak pemberitaan seputar kejahatan yang menimpa para pemudik baik dari cerita teman yang melakukan perjalanan mudik, maupun dari berita media cetak maupun elektronik.

Kasus ini tanpa kecuali baik untuk pemudik yang mempergunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, bahkan di Bandara sekalipun.
 1. Pembiusan 
Beberapa cara yang dilakukan si pelaku berpura-pura mempunyai tujuan arah mudik yang sama dengan kita, kemudian menawarkan minuman merek tertentu.
 
Seperti minuman berenergi, kopi, soda, air mineral atau jamu. Dengan alasan untuk menghilangkan rasa capek, ngantuk dan kelelahan lainnya diperjalanan. Hati-hati patut diduga minuman tersebut telah dicampur dengan obat tidur dll.

Atau si pelaku berpura-pura menawarkan merek parfum terkenal dengan harga murah yang telah dicampur obat bius. Kemudian menyuruh korban-nya untuk mencium parfum tersebut.

Tips: Tetap hati-hati dan waspada, belilah barang keperluan diperjalanan atau makanan dan minuman di tempat yang bisa dipertanggung jawabkan. Dan bila terpaksa membeli minuman ditempat umum (Asongan) coba tekan atau balikan kemasannya, untuk memeriksa dari kebocoran. Bila keluar isinya hal ini "Patut Dicurigai" dan berhati-hati.

2. Hipnotis
Ini adalah cara yang halus dan memang kadang susah dihindari kalau dilihat dari masalah sosial masyarakat kita yang terkenal ramah. Namun dibalik semua ini dimanfaatkan si pelaku dengan berpura-pura mengajak ngobrol, senda gurau, sok akrab dan sok kenal dan tanpa disadari semua barang korban raib di bawa pelaku. "Hati-hati terhadap orang yang baru kita kenal".

3. CURAS, pencopetan dan penipuan
Jangan mempergunakan perhiasan berlebihan termasuk mempergunakan gadget di tempat sembarangan atau diperjalanan. Hati-hati terhadap tindak kejahatan perampasan barang berharga diperjalanan.

Biasakan menyimpan barang berharga ditempat yang aman, atau bila membawa uang tunai jangan disimpan disatu tempat yang sama, agar bila terjadi pencurian tidak semua uang dibawa si pelaku. Atau salah satu cara adalah jangan membawa uang tunai secara berlebihan dan lebih baik menggunakan kartu debit.

- Hati-hati kemungkinan orang menawarkan barang bermerek dengan harga murah, dengan dalih kehabisan atau perlu biaya/ongkos atau kebutuhan lain dengan cara meng-iba.

- Hati-hati bila ada yang memberitahukan Ban Motor atau Mobil anda bocor/kempes. Sebelum berhentii perhatikan lingkungan sekitar atau cara terbaik berhentilah di tempat yang ramai.

- Waspada bila menemukan motor atau mobil orang lain yang pura-pura mogok, ban bocor dan meminta bantuan anda, kemungkinan anda akan menjadi sasaran kejahatannya.

 Dan tetap waspada juga terhadap modus kejahatan seperti ini
- Menggeser / tukar barang bawaan (Tas/koper/kantong)
- Dagang barang murah dengan harga mahal dengan unsur pemaksaan dan ancaman.
- Kejahatan pada rumah kosong ditinggal mudik. Lebih baik titipkan rumah/barang berharga  tersebut sebagai upaya ketenangan kita ditempat tujuan.

Semua hal di atas semoga menjadi wawasan kita demi keamanan dan kenyamanan baik diperjalanan maupun ditempat tujuan. Jangan lupa berdo'a sebelum bepergian sebagai ikhtiar untuk memohon perlindungan Allah SWT, terimakasih.
 
Wassalamu’alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.
Dari berbagai sumber.