Jasa Sedot WC Bandung

Membuat File ISO (Image) Video DVD Dengan Ashampoo Burning Studio

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com/
Pasti kita semua sudah mengetahui beragam alat Burning CD/DVD ataupun Blu-ray , yang salah satunya software terkenal seperti Nero Burning Studio yang telah saya bahas dengan beragam fungsinya seperti :

- Cara membakar (Burning) File ISO/Image dengan Nero
- Cara membakar file video dengan format DVD mempergunakanNero
- Cara membakar Burning file video menjadi format ISO/Image DVD dengan Nero

Akan tetapi tahukah anda bahwa tidak semua komputer bisa mempergunakan software tersebut selain harus mempergunakan versi tertentu agar support dengan komputer/laptop, juga harus mengetahui kompatibilitas terhadap media pemutar seperti CD/DVD player, selain pengaruh media keping CD/DVD perlu kita perhatikan juga.

Salah satu software yang bisa anda pergunakan selain dari produk Nero salah satunya adalah Ashampoo Burning Studio yang telah saya coba dengan penggunaan standard baik untuk Burning CD/DVD, membuat file ISO ataupun copy CD/DVD dengan hasil sangat memuaskan.

Ashampo Burning Studio sangat ringan dan mudah dipergunakan dengan fitur lengkap apalagi bagi anda yang membutuhkan software Burning saja. Tentu Ashampoo Burning Studio sangat cocok karena selain mudah dipergunakan juga tidak membebani komputer atau laptop kita.

Untuk salah satu kegunaan Ashampoo Burning Studio adalah bisa dipergunakan untuk membuat file image (ISO), yang bisa kita pelajari caranya seperti di bawah ini :

1. Sebelumnya silahkan kumpulkan file video yang akan dibuat file ISO pada folder khusus bila hal ini terdiri dari beberapa file video seperti video klip agar mudah dalam pencarian nanti atau yang penting anda mengingat dimana video yang akan diproses disimpan.

2. Silahkan buka software Ashampo Burning Studio, klik dua kali icon di desktop anda atau klik kiri > Open

3. Sorot jangan di-klik pada DISC IMAGE > CREATE IMAGE FROM FILES > CREATE MOVIE/SLIDESHOW DVD 

http://www.mawarnada.com

4. Pada Title For The Project, Title > DVD, Output Format > DVD > klik NEXT

5. Untuk Setting TV System,Silahkan contreng pada Use Default atau contreng pada PAL system, meskipun saat ini semua media sudah kompatibel system PAL/NTSC.

Dan untuk Screen Format tentukan format resolusi video anda dengan video yang akan di proses, sebagai contoh karena pada saat pengambilan gambar mempergunakan system layar lebar (wide 16 : 9), maka pada setting inipun harus disesuaikan dan biasanya kamera secara default mempergunakan system 4 : 3 (standard), bila sudah yakin klik > NEXT

https://www.mawarnada.com

6. Pada gambar yang muncul, klik > ADD MOVIE (1).
Silahkan cari dimana file yang akan diproses disimpan,klik dua kali bila hanya satu file yang akan diproses atau bila banyak file pergunakan Ctrl + A untuk memilih semua kemudian klik > OK, tunggu sebentar sampai semua video yang akan diproses berada di area kerja.

7. Lihat pada QUALITY (2), karena kita membuat file ISO Video DVD 4.7 GB.
Maka tentukan kualitas harus selalu pada EXCELLENT atau minimal pada posisi OK tapi jangan sampai FAIR dan untuk menguranginya silahkan klik pada video yang akan dihapus kemudian > REMOVE (3)> YES.

8. Untuk menentukan urutan video, klik pada video yang akan digeser dan silahkan pergunakan MOVE UP (4) untuk menggeser video ke atas atau pergunakan MOVE DOWN (5) untuk menggeser video ke bawah.

9. Klik PLAY (6) untuk mencoba atau memeriksa video sebelum diproses dan contreng NORMALIZE AUDIO TRACK(7) untuk menyamakan besar kecilnya suara (volume) semua video.

Cara menyamakan/meratakan besar dan kecilnya suara (volume)
Cara Mudah Meratakan Output Audio/MP3

Kalau sudah yakin klik > NEXT

Gambar untuk point 6, 7, 8 dan 9

https://www.mawarnada.com

10. Pada MENU THEME OR NO MENU, hilangkan contreng pada USE NO MENU bila akan mempergunakan Theme Menu pada video.

Hal ini maksudnya pada video yang kita proses akan muncul pilihan menu atau nomor urut lagu/video berikut gambarnya untuk kita pilih saat diputar. Akan tetapi bila video akan disatukan secara utuh maka jangan hilangkan contreng pada USE NO MENU.

***Bila mempergunakan MENU THEME, lebih baik anda memasukan data titel video yang jelas dan lengkap seperti contoh untuk klip lagu : nomor urut,nama penyanyi dan judul lagu, bila sudah ditentukan klik > NEXT

11. Setting DISC-IMAGE OPTIONS
- Disc Image Path : Tentukan dimana file ISO akan disimpan
- Disc Image Format : ISO File Format
- Restrict Image Size To Fit On : DVD
Bila sudah yakin settinganya silahkan klik > NEXT

- Proses Encode, Store To Folder Status berlangsung.
Silahkan tunggu sampai muncul pesan DISC IMAGE OF THE VIDEO MEDIUM SAVED SUCCESSFULLY! > OK > EXIT

Selesai sudah cara membuat file ISO DVD Video dengan mempergunakan Ashampoo Burning Studio. Silahkan pergunakan file ISO sebagai dokument master video dan lakukan Burning bila diperlukan.

Jadi dengan cara ini sangat bermanfaat sekali untuk media penyimpanan hasil edit suatu video untuk dipergunakan dikemudian hari ataupun untuk diperbanyak sekalipun.

Video tutorialnya
Membuat file ISO menggunakan Ashampoo Burning Studio
Cara Bakar file ISO dengan mudah 

Semoga bermanfaat, terima kasih
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

23.14.00