Cara Mudah Menghapus Dan Mengganti Suara Dari Video

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

https://www.mawarnada.com
Kali ini saya akan share bagaimana menghapus dan mengganti suara dari video, bisa video hasil rekaman dari ponsel, handycam ataupun kamera professional lainnya. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengganti suara asli dengan sound effect ataupun dengan lagu tertentu yang dianggap dapat meningkatkan kesan atau isi dari video.

Untuk pembahasannya saat ini dipergunakan software Corel Video Studio Pro, atau cara ini bisa juga dilakukan menggunakan software editing pinnacle, adobe premire, sony vegas sesuai software yang pembaca miliki. 

A. Menghapus audio dari video
1. Video yang dibuat adalah dengan Display Aspect Ratio 3:4 (standard) bukan 16:9 (wide), namun bila anda merekam dengan system 16:9 sebaiknya edit pula di system yang sama sesuai sumber, untuk merubahnya silahkan buka sofwarenya kemudian rubah aspect ratio dengan cara :

https://www.mawarnada.com

https://www.mawarnada.com

Buka software editing, Klik Setting > Project properties > Edit > General > Rubah Display aspect ratio ke 3:4, untuk frame size biarkan dalam kondisi default (720 X 576) yang lainnya abaikan. Kemudian klik > Compression dan untuk Media type pilih PAL DVD dan tentukan Quality sesuai keinginan anda, abaikan yang lainnya kemudian klik > Ok, bila ada peringatan klik > Ok.
http://www.mawarnada.com/

2. Masukan video dengan cara :
Klik kanan di area timeline > Insert Video >Pilih video yang akan dihapus atau diganti audionya kemudian klik > Open.

http://www.mawarnada.com/

3. Menghapus Video
Cara pertama, Klik Sound Mixer > Split Audio, lihat gambar :

http://www.mawarnada.com/

Cara kedua, Klik kanan video yang sedang kita edit > split Audio

http://www.mawarnada.com/

Sehingga akan muncul seperti gambar dibawah :

http://www.mawarnada.com/

Untuk menghapus audionya, silahkan klik kanan kemudian > Delete.

Sampai disini anda telah berhasil menghapus suara (audio) dari sebuah video, dan sekarang silahkan ganti audio tersebut dengan suara lain seperti sound effect, lagu ataupun suara anda sendiri (dubbing).

B. Mengganti suara dari sebuah video dengan audio yang diinginkan.
Klik kanan pada timeline audio > Insert audio,anda bisa mengisikan audio di voice track atau di music track, dan silahkan masukan file audio/sound effect kemudian klik > Open, lihat gambar :

http://www.mawarnada.com/

Untuk music track bisa dimasukan sampai dengan empat layer musik dengan merubah setting audio seperti berikut, klik di area kosong timeline > Track manager dan contreng kolom layer yang dibutuhkan, hal ini pun berlaku untuk video dan titel bisa di masukan beberapa layer namun perlu diingat bahwa PERHITUNGKAN KEMAMPUAN SPESIFIKASI KOMPUTER/LAPTOP ANDA.

Selesai sudah pembahasan Cara Mudah Mengganti Atau Menghapus Suara Dari Video dan hal penting lainnya agar audio nyaman didengar :
- Pergunakan Fade In audio (suara awalnya kecil kemudian terdengar standard) dan Fade Out (suara dari standard kemudian terdengar melemah), sesuaikan temponya dengan merubah setting Default fade in dan Fade out di Preferences.

- Jika kita masih menginginkan audio asli dari video di durasi tertentu atau menyelipkan sound effect pada durasi tertentu, silahkan klik > Sound mixer, sehingga bar audio kelihatan, atur volume audio tertentu sampai muncul tanda panah dan telapak tanggan > klik pada garis volume bar audio sehingga muncul tanda kotak kecil, tarik kebawah untuk menghilangkan (silence) audio, contoh lihat gambar :
http://www.mawarnada.com/

C. Proses akhir (rendering)
Pada tahap ini sebenarnya bisa langsung dengan proses burning, namun pada kesempatan ini kita akan menyimpan file hasil editing dengan format lain dan disimpan di komputer, jadi untuk burning-nya bisa mempergunakan Nero atau sejenisnya.

Silahkan klik Shared > Created video filed, kemudian silahkan pilih format file yang akan dibuat kemudian Save, lihat gambar :

http://www.mawarnada.com/

Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalau’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

12:12:00 PM