Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus IC Program Untuk Diprogram Ulang (Flash Ulang)

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
www.mawarnada.comMelanjutkan pembahasan yang terdahulu tentang cara flash ulang Intregated Circuit (IC) Program mempergunakan IC Programmer Universal yang mudah-mudahan bisa memberikan gambaran tentang bagaimana cara mem-program atau flash ulang IC Eprom atau Eeprom.

Yang tentu banyak sekali pemakaiannya baik peralatan elekronika rumahan seperti komputer, laptop, netbook, TV, home theatre dan terutama peralatan elektonika industri.

Namun hal penting yang perlu diketahui bahwa alat ini jenis eksternal checker, jadi Intregated Circuit yang akan kita periksa harus dilepas dari PCB atau Motherboard.

Namun jangan khawatir untuk pemeriksaan dan program ulang (Flash Ulang) dengan data program tertentu sudah banyak beredar di pasaran seperti di Jaya Plaza Jl.Akhmad Yani Kota Bandung. Apalagi kalau anda memiliki Intregated Circuit (IC) lain yang masih berisi data, bisa cuma minta copy saja.

Artikel terkait
- Cara Flash Ulang IC Program (IC BIOS)
- Cara Membaca IC Program Untuk Dijadikan Master Data Program
- Cara Compare Data IC Hasil Program Dengan Data Master Program

Cara Menghapus IC program Untuk Diprogram Ulang (Flash Ulang)
1. Buka IC Universal Programmer > DEVICE
http://www.mawarnada.com
 2. Silakan pilih merek dan type IC > OK
http://www.mawarnada.com
3. Type list pada Eeprom dan tentukan kode IC sesuai dengan yang tertera di badan IC > OK
http://www.mawarnada.com
4. Klik > AUTO dan perhatikan karena kita akan menghapus data IC tersebut maka untuk Program jangan di contreng. Kemudian > RUN
http://www.mawarnada.com

Pada tahap ini bisa dilakukan satu persatu dengan menekan icon di toolbar dengan urutan Erase, Blank kemudian Verify. Namun dianjurkan mempergunakan auto saja.

*Bila diketemukan error baik pada erase, blank atau verify jangan dahulu klaim hardware rusak namun silahkan periksa penempatan IC pada adapter maupun soket IC Programmer atau bersihkan kaki-kaki IC dari kemungkinan kotor.

5. Inilah tampilan bila IC telah sukses di hapus
http://www.mawarnada.com
6. Untuk mengisi kembali data IC silahkan klik > FILE > LOAD FILE TO PROGRAMMER BUFFER dan cari dimana file data program anda simpan kemudian > OPEN
http://www.mawarnada.com
7. Pada tampilan dibawah ini jangan dirubah apapun, silahkan klik > OK
http://www.mawarnada.com
8. Pada tampilan berikutnya jangan merubah apapun dan periksa kotak program harus di contreng. Kemudian klik > RUN sehingga bila sukses IC tersebut diprogram ulang maka tampilannya seperti di bawah ini :
http://www.mawarnada.com
*Bila diketemukan error baik pada erase, blank, verify dan program jangan dahulu klaim hardware rusak namun silahkan periksa penempatan IC pada adapter maupun soket IC Programmer atau bersihkan kaki-kaki IC dari kemungkinan kotor.

Semoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrohmatuloh Wabarokatuh.