Alhaadid Jaya Optikal
Home » » Cara Mudah Menghapus Dan Mengganti Suara Dari Video

Cara Mudah Menghapus Dan Mengganti Suara Dari Video

Written By Deni Koswara on Monday, February 4, 2013 | 12:12:00 PM

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Kali ini saya akan share bagaimana menghapus dan mengganti suara dari video,bisa video hasil rekaman dari ponsel,handycam ataupun Kamera professional lainnya,hal ini biasanya dilakukan bisa hanya mengganti suara (audio) dengan Sound Effect ataupun dengan lagu tertentu yang dianggap dapat meningkatkan kesan atau isi dari suatu video.

Untuk pembahasannya dipergunakan software Ulead Video Studio atau Corel Video Studio Pro,karena software ini merupakan media professional editing selain pinnacle,adobe premire ,vegas dan yang lainnya,yang mudah-mudahan selain lahan hobby bisa juga kedepannya dijadikan profesi karena software ini merupakan salah satu software komersial editing yang banyak dipakai para master editing video studio.

Untuk software-nya silahkan anda kunjungi situs resminya untuk membeli,untuk jelasnya silahkan ikuti panduan berikut ini :

A. Menghapus audio dari video
1. Video yang dibuat adalah dengan Display Aspect Ratio 3:4 (standard) bukan 16:9 (wide), namun bila anda merekam dengan system 16:9 sebaiknya edit pula di system yang sama sesuai sumber,untuk merubahnya silahkan buka UVS/CVSV kemudian rubah aspect ratio dengan cara :

Buka software editing,Klik Setting > Project properties > Edit > General > Rubah Display aspect ratio ke 3:4,untuk Frame size biarkan dalam kondisi default (720 X 576} ,agar kita memiliki file video master (bisa di buat DVD,VCD,MP4,atau 3GP),yang lainnya abaikan,kemudian klik > Compression dan untuk Media type pilih PAL DVD dan tentukan Quality sesuai keinginan anda,abaikan yang lainnya kemudian klik > Ok,bila ada peringatan klik > Ok.
http://www.mawarnada.com/

2. Masukan video dengan cara :
Klik kanan di area timeline > Insert Video >Pilih video yang akan dihapus atau diganti audio-nya kemudian klik > Open.
http://www.mawarnada.com/

3. Menghapus Video
Cara pertama,Klik Sound Mixer > Split Audio,lihat gambar :
http://www.mawarnada.com/

Cara kedua,Klik kanan video yang sedang kita edit > split Audio
http://www.mawarnada.com/

Sehingga akan muncul seperti gambar dibawah :
http://www.mawarnada.com/
Untuk menghapus audionya,silahkan klik kanan kemudian > Delete.

Sampai disini anda telah berhasil menghapus suara (audio) dari sebuah video dan sekarang silahkan ganti audio tersebut dengan suara lain,bisa MP3 lagu,sound effect ataupun suara anda sendiri (dubbing),namun alangkah baiknya bila suara pengganti tersebut telah di ratakan dahulu keluarannya (balancing) agar semua audio terdengar sama kekerasannya (db),untuk hal ini silahkan and baca dahulu panduannya DISINI.

B. Mengganti suara dari sebuah video dengan audio yang diinginkan.
Klik kanan pada timeline audio > Insert audio,anda bisa mengisikan audio di voice track atau di music track,dan silahkan masukan file audio/sound effect kemudian klik > Open,lihat gambar :
http://www.mawarnada.com/

Untuk music track bisa dimasukan sampai dengan empat layer musik dengan merubah setting audio seperti berikut,klik di area kosong timeline > Track manager dan contreng kolom layer yang dibutuhkan,hal ini pun berlaku untuk video dan titel bisa di masukan beberapa layer namun perlu diingat bahwa PERHITUNGKAN KEMAMPUAN SPESIFIKASI KOMPUTER/LAPTOP ANDA,karena akan berpengaruh pada kualitas hasil video dan berat ataupun memakan waktu lama dalam proses render,bila membutuhkan lagu MP3 keren,romantis dan sering dipergunakan backsound audio video Wedding silahkan pilih Disini.

Selesai sudah pembahasan Cara Mudah Mengganti Atau Menghapus Suara Dari Video dan hal penting lainnya agar audio nyaman didengar :
- Selalu meratakan keluaran kekerasan (volume audio) pengganti,apalagi kalau video dengan durasi panjang dan mempergunakan lebih dari satu audio atau music MP3 pengganti,agar semua suara terdengar relative sama,caranya pernah saya bahas Disini.

- Pergunakan Fade in audio (suara awalnya kecil kemudian terdengar standard) dan Fade out (suara dari standard kemudian terdengar melemah),dan tempo defaultnya adalah 1 second namun bisa diatur dengan merubah setting Default fade in dan Fade out di Preferences.

- Kemungkinan anda masih menginginkan audio asli dari video di durasi tertentu atau menyelipkan sound effect pada durasi tertentu,silahkan klik > Sound mixer,sehingga bar audio kelihatan,atur volume audio tertentu sampai muncul tanda panah dan telapak tanggan > klik pada garis volume bar audio sehingga muncul tanda kotak kecil,tarik kebawah untuk menghilangkan (silence) audio,contoh lihat gambar :
http://www.mawarnada.com/

C. Proses akhir (rendering)
Pada tahap ini sebenarnya bisa langsung dengan proses burning (untuk pembahasan berikutnya,...Insyaallah),namun pada kesempatan ini kita akan menyimpan file hasil editing dengan format lain dan disimpan di komputer,jadi untuk burning-nya bisa mempergunakan Nero atau sejenisnya.
Silahkan klik Shared > Created video filed,kemudian silahkan pilih format file yang akan dibuat kemudian Save,lihat gambar :
http://www.mawarnada.com/

Semua cara di atas tidak jauh berbeda dengan cara di Pinnacle studio yaitu hanya mempergunakan pengunci silence audio dan selanjutnya silahkan kreasikan sendiri dan mohon maaf penulis bukanlah ahli dalam bidang ini namun hanya seorang yang belajar otodidak,suka ngoprek sampai melek karena Cuma ingin bisa jadi mohon maklum bila banyak kekurangan dan bila ada pertanyaan,saran atau koreksi silahkan jangan sungkan dan ragu masukan di kolom komentar,terimakasih.
Wassalau’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

35 komentar:

  1. Replies
    1. Yang ini mempergunakan Corel video Studio,untuk Adobe premiere dan Pinnacle caranya tidak jauh berbeda,terimakasih kunjungannya

      Delete
  2. bermanfaat . terima kasih ...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. @Ciko Rolly,Dede Kurniawan,cakWin,Terimakasih atas semua apresiasinya,menambah semangat saya untuk menulis lagi,Semoga berkah untuk semuanya.

      Delete
  4. lalu gimana caranya kalau audio yang kita inginkan tidak sinkron dengan videonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adi Aidil hipdi:Maaf pertanyaan kurang jelas (Audio orsinil atau audio pengganti).

      Delete
  5. link untuk download tutorialnya ada ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iryanti Latiief:Maksudnya mungkin Video Tutorialnya ya?,Insyaalloh kalau diperlukan saya buatkan,tunggu saja ya.

      Delete
  6. cara ganti suara pemain didalam video gimana gan ? misal film korea mau di ubah ke bahasa indonesia pakek suara khas kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung split dan hapus suara aslinya ganti total dgn suara kita,atau bermain dengan level suara yang dibutuhkan saja,maksudnya klw kita ingin mengganti suara saja namun musik latar aslinya tetap ada,silahkan coba

      Delete
  7. Replies
    1. Insyaalloh pasti bisa,apalagi saya otodidak dik..

      Delete
  8. gan ada softwae buat ngeganti efek suara video ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya apa ya?,mungkin video ingin disisipkan effect suara?,kalau benar bisa cari digoogle atu beli CD/DVDnya,banyak yang jualan.

      Delete
  9. Mau tanya, kalo misalnya kita punya video dan udah ada suaranya berupa lagu, tapi kita ingin menambah audio berupa suara kita sendiri, caranya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Mengganti audio total gunakan cara Split Audio,buang audio asli ganti dengan audio yang kita inginkan
      -Menambahkan audio pada bagian tertentu? gunakan trik seperti diatas (Mute/silence),agar kelihatan Bar/Grafik audionya klik Icon Sound Mixer,tarik kebawah pada bagian yang akan di ganti oleh suara yang kita inginkan.

      Delete
  10. Maaf saya mau tanya. Kan salah satu video saya ada beberapa adegan terdapat suara tepuk tangan. Lalu bagaimana cara menghilangkan suara tepuk tangan tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat seperti gambar ke 7 di atas,silahkan mute/silence pada bagian video yang ada tepuk tanganya

      Delete
  11. makasih min :)


    Download sekarang Aplikasi Android Untuk Isi Pulsa , Token , V.Game , Maupun Bayar Listrik atau Cicilan.
    Lebih Mudah serta Bisa di Gunakan Kapan dan DiMana Saja.Tunggu Apa Lagi Klik Sekarang https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  12. Setelah Save itu yg dipilih apa ya,,,
    DVD >> NTC (DVD)
    NTC..
    dipilihh yang mana?
    Makasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sumbernya layar lebar/Wide pilih Rasio 16:9.tapi jika sumber video yang kita edit rasio standard pilih 4:3,lebih baik pilih System PAL namun semua pemutar video sekarang sudah support system PAL/NTSC

      Delete
  13. Saya ingin bertanya bagaimana mengatur durasi videonya? Karna pada saat saya create video hasil jadinya 18 menit seperti yg disediakan corel video sementara saya cuma pakai 5 menit setelah 5 menit video menjadi hitam. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huda kartika:Praduga saya durasi video dengan durasi musik tidak sama atau durasi musik lebih panjang dari video,sesuaikan atau lakukan cutting musik pengganti.

      Delete
  14. Sangat membantu...🙋👍👍👍👍

    ReplyDelete
  15. Mau tanya jika kita ada video dengan banyak suara tapi kita ingin menghapus satu suara yang berisik tapi tidak menghapus suara lainnya yang muncul bersamaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. leni.zulliana:Saya belum punya Ilmunya,cuma untuk meminimalisir seperti hasil rekaman Microphone Camcoder/Handycam bisa dipergunakan Deesser,Noise Reduction dll

      Delete
  16. Tolong beri solusi, bagaimana cara merekam suara kita langsung pada video yang kita inginkan.
    Misal: satu video sy hanya menginginkan gambarnya. Suaranya sdh sy hilangkan dan ingin langsung merekam suara dengan maksud menjelaskan suatu video.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan Fitur Record/Capture Option (Gambar Roda Film)>Voice Over

      Delete
  17. Mantap terimakasih artikelnya. Mau saya coba semoga bisa. Trim's

    ReplyDelete
  18. Kalau awal rekaman audio diubah menjadi rekaman video caranya gimana kalau dihp samsung DUOS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah edit menggunakan ponsel kang

      Delete
  19. hebaaaat... makasih ilmunya gan ...

    ReplyDelete

Koreksi atau saran silahkan masukan pada kolom komentar,mohon tidak mencantumkan link aktif

Space Iklan