Urutan acara pokok pernikahan yang umum dilakukan orang sunda

Posted by Simawar Enterprise on

https://www.mawarnada.com
Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
https://www.mawarnada.com
Sebelumnya cerita dulu ya, dalam Adat Budaya Orang Sunda acara ini biasanya disebut Sésérahan atau bahasa halusnya Sérén Tampi.

Saya tidak bicara Indonesia, karena kita ketahui bersama banyaknya suku dengan adat dan budayanya masing-masing. Dan juga keterbatasan pengetahuan penulis yang belum pernah keliling Indonesia.

Kalaupun urutan acara pernikahan atau susunan acara pernikahannya ada persamaan mungkin suatu kebetulan, atau jika ada perbedaan semoga bisa saling melengkapi sebagai keragaman seni budaya asli Indonesia.

Sekecil apapun kegiatannya seharusnya ada urutan acara atau susunan acara yang dibuat oleh bagian acara atau penanggung jawabnya dari hasil musyawarah semua pihak yang terlibat kemudian masing-masing memiliki salinan susunan acara tersebut.

Sebagai contoh, terkadang urutan acara atau susuan acara dibuat tapi tidak koordinasi dulu kepada orang yang seharusnya mengisi acara tersebut. Hal ini berakibat terbuangnya waktu karena pengisi acara belum siap, bahkan sering terjadi untuk pengisi acara diganti oleh orang lain/acara lain karena pengisisi acara tersebut belum siap/tidak ada.

Contoh video simple prewedding
Wedding Cinema

Dalam suatu kegiatan acara pernikahan biasanya dibuatkan urutan acara yang akan dilangsungkan secara singkat atau istilah yang kita kenal dengan Susunan Acara Pernikahan. Seperti contoh di bawah ini:

Urutan acara pokok pernikahan atau susunan acara pernikahan
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al Qur’an
3. Sambutan penyerahan dari Sesepuh/wakil calon mempelai pria
4. Sambutan penerimaan dari Sesepuh/wakil calon mempelai wanita
5. Simbolis
6. Akad Nikah/Ijab Kobul
7. Do’a (Tutup)

Khusus Akad Nikah/Ijab Kobul
Penulis sering mendiskusikan dahulu kepada kedua belah pihak keluarga calon mempelai pria dan wanita, apakah pada saat acara tersebut calon mempelai wanita harus dihadirkan atau tidak.

Sering terjadi pula diminta keluarga kedua calon pengantin agar Akad Nikah didahulukan sesuai jam tertentu sehingga acara serah terima ditangguhkan dan dilanjutkan setelahnya apalagi jika semua telah hadir termasuk kemungkinan petugas KUA-nya harus menikahkan di tempat lain.

Dan pernah terjadi ketika rombongan calon mempelai pria telah tiba di lokasi acara, calon pengantin pria langsung menuju meja Akad Nikah untuk melangsungkan acara Ijab Kobul Akad Nikahtanpa calon mempelai wanita dan setelahnya dilanjutkan dengan acara serah terima.

Hal ini kemungkinan untuk mengutamakan dan mempermudah urusan dalam pernikahan atau pertimbangan lain dari hasil musyawarah kedua keluarga calon pengantin, dengan mengutamakan acara pokok diatas acara acara adat dan seni budaya.

Rundown Acara Pernikahan
Rundown acara adalah urutan atau susunan program yang sistematis dari sebuah acara yang dibatasi oleh durasi. Jadi sekecil apapun kegiatannya lebih baik selalu menggunakan Rundown Acara.

Guna upaya kesuksesan suatu kegiatan dengan berdasarkan konsep/ide yang dimusyawarahkan dahulu dengan melibatkan beberapa pihak yang terkait. Kemudian dituangkan dalam suatu perencanaan (Planning).

Baca juga
- Contoh Album Magazine, Kolase Pernikahan
- Contoh foto album magazine khitanan 
 
Contoh rundown pernikahan
Silakan sesuaikan atau lebih disempurnakan
http://www.mawarnada.com/
Simawar Enterprise Wedding & Event Organizer
Konsultasi gratis hub. 081220150868, 087821160369 (WA)
IG @simawar_bdg

Demikian semoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrohmatulloh wabarokatuh.
Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

00.00.00