Tata Krama Atau Sopan Santun Di Media Sosial Facebook

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/
Indahnya berbagi, bukan menggurui. Dengan pesatnya perkembangan dunia informasi dan teknologi saat ini khususnya dalam penggunaan media sosial, negara kita saat ini menempati 5 besar penggunaa media sosial facebook.

Atau peringkat 3 dunia (okezone.com- Rabu, 20 November 2013) dan menurun menjadi peringkat 4 dunia (tribunnews.com- Jumat, 21 Maret 2014), jadi dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan khsusus dalam menggunakannya. 

Inilah beberapa Tata Krama atau Sopan Santun Media Sosial Facebook
1.Memahami yang dilarang dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) BAB VII pasal 27 ayat satu sampai empat dan pasal 28.

Kesusilaan, Perjudian, Penghinaan dan/atau Pencemaran nama baik, Pemerasan dan/atau Pengancaman, Hoax atau berita bohong juga masalah suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

2.Photo Profil
Gunakan photo yang pantas karena hal ini akan menyangkut siapa diri kita, dan jangan pergunakan photo atau gambar milik orang lain, apalagi yang berakibat menyinggung perasaan, seronok, vulgar dan patut dicermati banyak pengguna facebook professional yang mungkin tidak senang melihatnya, lihat artikel sebelumnya Disini tentang hak cipta atas photo.

3. Update Status
Jangan Tuhan-kan facebook dengan segala permasalahan yang ada pada diri kita, karena tidak semua orang ingin tahu permasalahan pribadi orang lain, akan tetapi biasakan update sesuatu yang bermanfaat, menjalin silaturahmi dan jangan sungkan diawali dengan salam, mencari solusi dengan diskusi (Advice), atau dengan hal lain yang bermanfaat bagi semua orang.

Hindari status yang semua tulisan menggunakan huruf besar (kapital) karena bisa diartikan lain, dan lebih bijaklah bila update status dengan kata atau kalimat motivasi (Khawatir terkesan lebay :D), sebab kita tidak tahu bahkan tidak mengenal latar belakang (Status sosial) rekan kita. Dan setiap orang biasanya memiliki motivasi sendiri untuk merubah segala sesuatnya kearah yang lebih baik.

4. Jangan mudah dan pelit berkomentar atau suka (Like).
Secara sosial manusia butuh perhatian, namun jangan mudah mengomentari atau like/suka status orang lain, kalau dirasa tidak begitu penting atau statusnya tidak bermanfaat. Dan jangan sungkan untuk berkomentar atau suka/like, untuk update status bermanfaat sebagai rasa hormat dan saling menghargai (Apresiasi).

Jangan melihat siapa orang yang update tersebut tapi lihat isi/konten yang dipublikasikannya (Objectivitas), dan biasakan berkomentar dengan sopan bila ada hal yang tidak setuju (Menyanggah) dan jangan emosional.

Perlakukan orang lain seperti pada diri kita sendiri, dengan saling menghargai dan menghormati dengan dasar objektivitas, meskipun semua orang berhak berekpresi namun kita juga wajib menghargai dan menghormati hak orang lain.

6. Cantumkan sumber resmi
Jangan ragu untuk publikasi segala sesuatu yang bermanfaat (Share), namun biasakan mencantumkan sumber asli dari informasi tersebut dan jangan terlalu cepat mempublikasikan berita tersebut sebelum diperiksa kebenarannya, hindari share berita atau informasi Hoax.

7. Menulis dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).
Tidak semua pengguna internet menggunakan personal komputer (PC) atau tablet dengan layar leluasa untuk membaca informasi yang kita berikan, apalagi dengan singkatan yang menyulitkan bahkan membingungkan pembacanya dan hindari penulisan dengan cara 4L4Y? :D, karena penulisan dengan benar akan lebih tepat sasaran untuk semua kalangan.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui dalam menggunakan media sosial facebook (Media Sosial lain kurang lebih sama), meskipun mungkin dalam fikiran pembaca masih ada hal lain yang belum dicantumkan, silahkan masukan di kotak komentar atau bila ada hal yang perlu diluruskan/koreksi, segera beritahukan penulis untuk segera diperbaiki.

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

7:22:00 PM