Jangan Asal Upload Atau Menggunakan Photo Orang Lain Di Facebook

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com/2012/08/om-mawar-nada-live-ii.html
Apakah anda pernah upload photo orang lain atau melihat teman kita yang upload photo di facebook atau media sosial lain?, kalau jawabannya jujur pasti minimal salah satunya pernah atau keduanya pernah anda lakukan?, jadi setelah membaca artikel ini secara pribadi menghimbau jangan pernah lakukan lagi.

Hati hati, jangan asal upload photo atau hal apapun bukan milik kita apalagi dengan modifikasi/merubah yang bersipat subjektif seperti memberikan tambahan tulisan dengan tujuan humor, lucu-lucuan, atau rekayasa lain karena siapa tahu pemilik atau orang yang ada di photo tersebut tidak suka.

Seperti telah saya kutip dari Undang-Undang Hak Cipta (UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta),terutama pasal 19, yang berbunyi :

Bagian Keenam Hak Cipta atas Potret
Pasal 19
(1) Untuk memperbanyak atau mengumumkan Ciptaannya, Pemegang Hak Cipta atas Potret seseorang harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari orang yang dipotret, atau izin ahli warisnya dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun setelah orang yang dipotret meninggal dunia.

(2) Jika suatu Potret memuat gambar 2 (dua) orang atau lebih, untuk Perbanyakan atau Pengumuman setiap orang yang dipotret, apabila Pengumuman atau Perbanyakan itu memuat juga orang lain dalam Potret itu, Pemegang Hak Cipta harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari setiap
orang dalam Potret itu, atau izin ahli waris masing-masing dalam jangka
waktu 10 (sepuluh) tahun setelah yang dipotret meninggal dunia.

(3) Ketentuan dalam Pasal ini hanya berlaku terhadap Potret yang dibuat:
a. atas permintaan sendiri dari orang yang dipotret;
b. atas permintaan yang dilakukan atas nama orang yang dipotret; atau
c. untuk kepentingan orang yang dipotret.

Jadi anda harus meminta persetujuan orang yang diphoto, karena tidak selalu orang yang diphoto akan setuju bahwa photonya diumumkan tanpa diminta persetujuannya apalagi photonya dirubah “Dirusak”, oleh karena itu anda harus meminta persetujuan yang bersangkutan atau ahli warisnya seperti bunyi penjelasan Pasal 19 ayat (1) Undang Undang Hak Cipta di atas.

Semua ini saya sampaikan untuk pembaca setia blog ini, karena saya sendiri bukan ahli hukum malahan orang “Penakut” kalau berurusan dengan masalah hukum, Na’udzubillahimindzalik. Apalagi kalau mengetahuii ancaman yang dikutip dari Undang Undang Hak Cipta seperti di bawah ini :

BAB XIII
KETENTUAN PIDANA
Pasal 72
(5) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 19, Pasal 20, atau Pasal 49 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

1:06:00 PM