Terbang Pertama Dan Gratis Dari Bandung Menuju Palembang

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

http://www.mawarnada.com
***Warning : Untuk yang sering mondar-mandir naik pesawat terbang dilarang membaca tulisan ini..soal gak aneh apalagi lucu,kecuali bagi anda yang berencana mempergunakan pesawat terbang pertama kali,seperti yang dialami saya .....:D.

Sebenarnya tidak ada hal yang aneh apalagi istimewa dalam perjalan ini,namun hanya sedikit ingin berbagi pengalaman bagi anda yang saat ini berencana melakukan penerbangan,baik domestik apalagi internasional,ya..betul anda harus mempersiapkan segala hal dan mencari tahu dari sumber manapun seperti yang dilakukan saya sebelum melakukan perjalanan tersebut baik di internet maupun kepada orang yang pernah mempergunakan pesawat terbang.

Mengapa hal di atas perlu dilakukan?,apa istimewanya?,..apalagi saat ini naik pesawat terbang bisa dilakukan semua kalangan karena semakin banyaknya rute yang bisa dilalui dengan beragam fasilitas dan harga yang ditawarkan yang semakin terjangkau semua lapisan masyarakat.

Satu hal penting adalah naik pesawat terbang harus memahami dan mematuhi aturan khusus guna keselamatan dan kenyamanan dalam penerbangan dengan melalui tahapan prosedural baik cara memasuki bandara maupun pada saat memasuki pesawat,selain kita tetap menjaga sopan santun (etika) ketika berada di ruang publik pada umumnya.

Sebelum di ulas mengenai tatacara dan langkah melakukan perjalanan dengan pesawat terbang,mungkin perlu dijelaskan maksud judul di atas sebenarnya saya tetap membayar dong..namun semuanya dibayarkan oleh salah seorang keluarga yang kebetulan berada di Palembang baik tiket pesawat pulang pergi,uang makan,uang saku diperjalanan sampai biaya untuk keluarga selama melakukan perjalanan...dan pulangnya dibawain oleh-oleh khas palembang lagi.terimakasih and hatur nuhun pisan Pak Kapten.

Bandung menuju Palembang,masuk Bandara Husein Sastranegara Bandung

1.Usahakan satu jam sebelum jam pemberangkatan anda sudah berada di bandara untuk Check In,namun karena saya pertama kali masuk bandara hal ini dilakukan dua jam sebelum pemberangkatan sudah berada di sana,ternyata hal ini cukup efectiv selain lebih santai juga bisa mempelajari dan mengamati area sekitar,apalagi banyak hotspot yang bisa kita pilih..ya pasti browsing lagi atuh :D.

2.Karena saya mempergunakan E-Ticket yang di booking dari Palembang dan dikirim melalui SMS,langkah pertama melakukan reservasi di loket sesuai nama pesawat yang akan kita gunakan.

3.Silahkan menuju pintu keberangkatan (Departure),jangan tertukar dengan masuk kebagian kedatangan (Arrival),di pintu keberangkatan ini anda akan melewati Security Check Point 1,santai saja... karena anda yakin orang baik-baik dan tidak membawa barang terlarang,dan hal yang harus dilakukan :

- Simpan semua barang bawaan anda pada tempat khusus untuk dilewatkan melalui X-Ray Cabbinet,dan untuk barang kecil seperti HP,Smartphone ataupun Tablet simpan pada penampan (baki plastik) yang sudah disediakan,dan untuk anda sendiri harus melewati Walk Through Metal Detector (WTMD)/seperti kusen pintu lah..,silahkan berjalan dan bila nada alarm berbunyi,maka petugas akan mendekati untuk memeriksa secara manual,sampaikan kemugkinan sesuatu hal yang bearkibat alarm berbunyi.
***Jangan lupa ambil kembali semua barang bawaan anda yang tadi dilewatkan melalui X-Ray Cabbinet.

4.Silahkan menuju Check In Counter,sesuai Airline/nama pesawat yang akan kita pergunakan untuk melaporkan keberangkatan kita (daftar ulang),dan siapkan seperti hal berikut :
- Budayakan antri

- Tiket pesawat....awas ketukar dengan tiket kereta api atau bus apalagi tiket nonton bola...:D

- Identitas diri/KTP,sesuai dengan data yang dipergunakan saat pembelian tiket/booking.

- Anda akan ditanya bila membawa barang yang berat atau lebih dari 5 kg,ataupun barang yang kurang dari 5 kg tetapi memiliki ukuran /dimensi besar yang tidak layak disimpan di kabin pesawat,atau tidak ditanyapun lebih baik barang bawaan berat/besar dititipkan di bagasi demi keamanan dan kenyamanan diri anda dan orang lain.
***Berilah tanda yang jelas,bisa dengan nama nada ataupun ciri lain untuk menghindari tertukarnya barang bawaan anda.

- Di Check in Counter kita akan menerima Boarding Pass dan tertera nomor kursi (seat number) dan pintu (gate) saat kita menuju pesawat.

5.Masih di area Check In Counter,silahkan menuju loket Airport tax (pajak bandara/peron),untuk membayar Rp.25.000/orang.

6.Silahkan menuju ruang tunggu (waiting room),namun anda harus melewati Security Check Point 2 yang prosedurnya persis sama dengan cara nomor 3 di atas.

7.Di Waiting Room silahkan menunggu dengan tenang,mau browsing,chating,main twiter/fb, silahkan manfaatkan hotspot yang tersedia dan selalu mendengarkan informasi tentang keberangkatan anda atau lihat di monitor tentang status keberangkatan anda.

8.Bila tiba saatnya keberangkatan,biasakan antri menuju pintu (gate) yang sudah ditentukan dan serahkan boarding pass untuk disobek sebagian dan sebagian lagi di bawa ke pesawat oleh kita.

9.Pada saat masuk pesawat untuk nomor urut kursi kecil silahkan masuk pada pintu depan,dan bila sebaliknya masuklah di pintu belakang (ngarah teu pasesedek dijero pesawat) dan tanyakan pada pramugari tepatnya lokasi tempat duduk kita,..kebetulan pulang pergi kebagian nomor urut kursi di bawah 10..ya masuk pintu depan dong.

10.Di dalam pesawat patuhi dan ikuti semua instruksi,perintah dan aturan yang disampaikan crew pesawat dan perhatikan peragaan cara-cara melakukan penyelamatan diri.

Tambahan
- Untuk masuk area Drop Zone Bandara Husein Sastranegara mobil Taxi dipungut Rp.3000,untuk jenis kendaraan lain..entahlah belum coba..mungkin sama juga atau ada yang tahu ...share dong :D.

- Lama perjalanan Bandung ke Palembang sekitar 50 sampai dengan 60 menit.

- Prosedur Bandara Sultan Baddarudin II Palembang,semua sama,kecuali Airport Tax Rp.35.000,namun ruang tunggu lebih luas,nyaman dan lebih bersih dari Bandara Husein Sastranegara dan satu hal yang aneh di Security Check Point 1 saat saya lewat alarm berbunyi (tentu pemeriksaan manual pun berlaku) padahal kondisi sama seperti berangkat,dan di Security Check Point 2 aman-aman saja..ada apa ya?.

Cuma itu saja yang bisa saya sampaikan,semoga untuk anda yang sedang mempersiapkan perjalanan dengan mempergunakan pesawat terbang terutama tujuan domestik sedikit mendapatkan gambaran,silahkan tanyakan kepada petugas resmi Bandara bila ada hal yang kurang dipahami dan yang sangat penting Ber-do’a-lah,untuk keselamatan diri,keluarga dan semua penumpang/crew awak pesawat.

Semoga bermanfaat,mohon ma’af bila banyak kesalahan dan silahkan share pengalaman anda yang lain di kotak komentar,terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

1:18:00 AM