Jasa Sedot WC Bandung

Membuat Teks Berjalan (Running Teks) Dengan Pinnacle Studio

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Kalau sebelumnya saya pernah membahas cara membuat teks berjalan (running teks) dengan Corel Video Studio yang bisa anda pelajari DISINI,untuk kali ini akan share bagaimana cara membuat teks berjalan dengan mempergunakan editing video profesional Pinnacle Studio,yang tentu software ini sering dipergunakan oleh para master studio video editing.

Dan untuk anda yang ingin mencoba mempelajarinya mempergunakan software ini,silahkan instal dahulu softwarenya dan jangan lupa sesuaikan versi softwarenya dengan spesifikasi komputer anda,karena hal ini sangat penting agar dalam proses editing terutama pada saat rendering/encoding dapat berjalan derngan normal.

*) Silahkan baca pula cara menghapus dan mengganti suara video dengan Pinnacle Studio DISINI.

- Silahkan buka software Pinnacle Studio dengan klik dua kali icon di desktop,atau klik kanan > Open
- Pastikan pada posisi edit (2),klik icon folder > Select Video Files From A Different Folder > silahkan cari dimana file video yang akan kita edit dan kalau sudah diketemukan klik dua kali atau klik > Open

*** Untuk mempercepat scan detection video,simpan video yang akan di edit di folder terpisah/jangan disatukan video lain karena video tersebut akan di masukan seluruhnya ke area kerja Pinnacle Studio.

- Bila video yang akan di edit sudah masuk,tentukan video pada > Show All Files In Current Folder,bukan pada posisi Scenes,kecuali bila akan memproses per Scenes.

- Klik kiri tahan kemudian gusur (drag and drop) video yang akan kita edit ke area edit video,tentukan awal dan akhir video,silahkan potong video yang tidak perlu (split).

- Untuk membuat teks berjalan (running teks),klik dua kali di area yang ada icon teks (T),sehingga muncul teks area.

- Silahkan klik di area teks dan isikan kalimat sesuai yang anda inginkan,dan jangan hiraukan dahulu baik ukuran dan jenis huruf karena akan di atur kemudian.

- Bila kalimat semuanya telah ditentukan,silahkan atur Sebagai berikut :
* klik > Font (1),untuk menentukan jenis huruf.
* Klik > Font size (2),untuk menentukan ukuran huruf,biasanya antara 12 samapai dengan 16
* klik > Crawl (3),untuk menentukan arah running teks,yang biasanya dari kanan ke kiri,atau pilih Roll untuk arah dari bawah ke atas dan klik > Title/kotak segi empat untuk teks diam.
* Klik > Justify (4),untuk mengatur posisi letak running teks,yang biasanya dibawah video atau bisa diatur secara manual dengan klik teks dua kali sehingga muncul icon panah empat arah,dan silahkan geser posisi teks sesuai kehendak kita.
* Klik > Duration (5),untuk mengatur kecepatan running teks,hal ini tergantung dari panjang atau pendeknya kalimat yang kita buat,jadi silahkan lakukan pengaturan sehingga layak dan enak dilihat.

http://www.mawarnada.com

- Ada tiga jenis (variasi) huruf yang bisa kita pilih yaitu,Standard,Custom dan Favorites,maka untuk running teks ini silahkan anda klik > Custom (6), dan untuk setingan lainnya diatur sebagai berikut :
* Face > pada Face Is Solid Color,klik kotak segi empat/Change Face Color,untuk merubah warna huruf dan silahkan sesuaikan dengan warna latar videonya,dan nilai Face Blur Amount > 0
* Edge > Edge Is Transparent
* Shadow > Shadow Is Transparent

Atau silahkan atur menurut selera anda namun biasanya untuk running teks,sering mempergunakan huruf yang jelas atau tanpa variasi,kecuali untuk titel video,judul atau yang lainnya (kreativitas).

Demikain contoh sederhana untuk membuat Running Teks mempergunakan Software Video Editing Profesional Pinnacle Studio,dan semua hal di atas sangat mendasar sekali karena dengan imajinasi atau kreativitas anda,pasti akan membuat sesuatu yang lebih bagus dan sempurna.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

00.35.00