Cara Membuat MP3 Dari Klip Video Atau Film Dengan Corel Video Studio

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comSudah banyak software yang beredar saat ini untuk mengambil Audio dari sebuah klip Video musik bahkan Film(converter,ripping),dengan berbagai alasan penggunaan seperti hanya menginginkan mendengarkan lagu tanpa melihat tayangan videonya akibat keterbatasan media penyimpanan (memory),atau mengambil Audio dari video pada bagian tertentu untuk dijadikan ringtone.

Pada dasarnya semua software sama saja tergantung kebiasaan seperti mempergunakan software selain Corel Video Studio yang telah saya bahas DISINI,namun bila dilaptop atau komputer anda sudah terinstal software video editing profesional CVS,mengapa tidak dimanfaatkan?,karena lebih mudah menetukan audio yang akan kita ambil juga bisa untuk cutting,split,fade in dan fade out sehingga suara lebih sempurna.

1.Untuk klip video musik yang akan diambil suaranya (audio) saja
- Untuk memperingan proses lebih baik video disimpan di hardisk

- Silahkan buka software CVS (corel video studio),kemudian klik kanan pada area timeline (yang ada roll video) > Insert Video > silahkan cari dimana video yang akan diproses (File DVD VOB tidak bisa diproses),kalau sudah terpilih kemudian Open.

- Silahkan dengarkan dahulu suara (audio)video tersebut dengan menekan tombol > Play,untuk memeriksa bila ada musik lain atau silence terlalu panjang sebelum atau di akhir suara utama/lagu,silahkan potong dahulu dengan cara klik kiri di awal video tersebut,kemudian seret tahan mouse ke kanan sampai pada awal suara/lagu utama.

Hal ini sama untuk di akhir lagu bila silence terlalu panjang,klik kiri di akhir lagu,kemudian seret tahan mouse ke kanan sampai akhir suara/lagu utama.

Untuk mempermudah melihat grafik/bar suara (audio) atau lagu silahkan klik icon Sound Mixer dan untuk memperhalus awal dan akhir lagu,silahkan melihat pembahasan sebelumnya tentang Fade In dan Fade Out DISINI.

- Bila sudah ditentukan awal dan akhir suara/lagu,klik kanan video tersebut > Split Audio > Share > Create Sound File,silahkan tentukan dimana file tersebut akan disimpan dan file akan tersimpan dalam Microsoft WAV Files PCM 44.100 kHz, 16 Bit, Stereo (default).

- Karena file dalam format WAV maka untuk dijadikan MP3 silahkan pergunakan audio converter,atau pergunakan cara termudah dengan Format Factory yang telah saya bahas DISINI, atau yang lebih professional mempergunakan Adobe Audition.

2.Mengambil suara/audio dari bagian tertentu sebuah Film
- Silahkan masukan film yang akan diproses ke CVS (file DVD VOB silahkan convert dahulu ke file Mpeg 1/DAT atau Mpeg 2, atau file video lain).

- Silahkan tentukan bagian suara/audio dari film tersebut yang akan diambil,kalau sudah yakin klik kanan > Split Clip, pada awal dan akhir film yang akan diambil suaranya/audionya.

- Bila sudah ditentukan awal dan akhir film yang akan diambil suaranya/audionya,kemudian klik kanan pada film yang tidak dipergunakan > Delete.

- Pada film yang akan diambil suaranya (audio),lakukan langkah seperti cara pada klip video musik yang akan diambil suaranya (audio) saja di atas.

Selamat menikmati suara/audio yang anda inginkan,dan hati-hati hal ini hanya sebatas pengetahuan saja karena kemungkinan akan melanggar hak cipta (lisensi) dari klip video atau film tersebut,Tanggung sendiri ya..!!!.

Demikian terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

1:27:00 AM