Cara Mudah Memperbaiki Laptop Acer Aspire 3620 Mati Total

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu'alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comPada kesempatan ini saya akan share Cara Mudah Memperbaiki Laptop Acer Aspire 3620 Mati Total,meskipun dalam pelaksanaannya tidak semudah seperti judul diatas,hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dalam melakukan perbaikannya.

Pada awalnya saya merasa ini sesuatu hal yang menantang karena menurut si pemilik-nya bahwa Laptop ini sudah dikirim ke Acer Service Centre dan mereka mengatakan bahwa perlu biaya lumayan mahal tidak sebanding dengan barangnya yang sudah terbilang versi lama/jadul, karena perlu mengganti Motherboard-nya.

Jadi dalam hal ini saya tidak punya beban,Bagus lagi yaa syukur tidak juga kagak ngapa-ngapa,soal Service Centernya saja sudah mem-vonis MB-nya rusak,,.Nah..sekarang langsung ka TKP.

 Laptop tersebut berada di meja saya dengan kondisi lengkap :
- Bag
- Charger
- CD Instaler
- CD Driver
- 1 Keping Ram 256mb
- 1 unit laptop kondisi lengkap,Ram 512mb.Hdd 60Gb,DVD rom pokoknya lengkap  dech..

Gejala Awal dan langkah perbaikan

1.Pada saat dibuka dan ditekan tombol Power > Tidak ada tanda-tanda kehidupan/Matot.

2.Di Charge...Tunggu ya ..Kan di Charge dulu..(Ngopi..Rokok dulu..).

3.Setelah di Charge dirasa cukup..Tekan tombol power..Nah baru nyala

4.Scan hardware pada saat boot tidak sampai finish...lammaaaaa

5.Coba bongkar Ram,HDD,DVD Rom.
- Bersihkan Pakai kuas,Karet penghapus untuk Ram.
- Ganti ram dengan keping lainnya
(Pasang kembali,hal ini dimaksudkan untuk RE-Connections dari kotor debu,baud yang longgar Dll).

6.Tekan tombol Power, dalam hal ini scan hardware bisa sampai finish meskipun agak lama juga,dan jangan lupa masuk bios untuk setting  pertama booting dari DVD/CD.

7.Waduh...ternyata HDD gak ada di BIOS..kemanakah gerangan SI-HDD..
* Hal ini berulangkali setiap dinyalakan kadang semua hardware terdetect,dan terkadang pula DVD rom menghilang atau si HDD  yang menghilang.

Karena asumsi kuat dan terbawa arus si pemilik laptop bahwa Motherboard-nya perlu diganti,maka saya pun dengan gak rela harus coba analisa si-MB,hal ini pun setelah dipandu dengan manual booknya disini DOWNLOAD,dibutuhkan ketelitian dalam bongkar pasang laptop karena barangnya kecil-kecil dan hati hati part-nya tercecer (Masukan dan simpan part di tempat khusus).

Dari hasil shootingtrouble MB saya optimis bahwa  kerusakan bukanlah dari Hardware apalagi harus ganti MB..ya sama saja dengan membeli Laptop baru sejenis.Rugi atuh.

Dari sekian langkah diatas yang saya lakukan,kemudian laptop tersebut  dikembalikan seperti semula dan BImSalaBIM....laptop bisa Hidup dan bisa masuk Bios dengan semua Hardware normal terbaca,

8.Mulai dengan meng-instal OS... sampai finish dan di isi dengan software pendukung standard,yang dalam hal ini saya  vonis laptop tersebut sudah sehat..tunggu TES DRIVE oleh anak-ku tercinta.
Dan dengan tidak menunggu satu hari laptop tersebut ternyata tidak bisa Nyala kembali dengan gejala sama seperti semula....MATOT.

Dari sinilah awal mula teringat langkah terakhir yang meskipun beresiko akan tetapi harus dicoba meskipun harus mempersiapkan driver pendukung yang saya dapatkan di situs resmi ACER INDONESIA disini DOWNLOAD,silakan anda cari di driver dan downloads kemudian masukan data laptop untuk mendapatkan versi driver terbaru.

9.Langkah terakhir yang saya lakukan bagaimana supaya laptop bisa boot lagi secara normal dan hardware terdetect semua sehingga bisa di Instal OS lagi.

Dan ternyata bisa,dengan tidak menyia-nyiakan waktu langsung saya instal UPDATE DRIVER BIOS yang sudah menjadi langkah terakhir dan beresiko.

Hal ini saya lakukan instal di windows meskipun masih ada cara yang lain melalui CD booting ataupun Flopydisk...dan setelah restart  ternyata BERHASIL.

Kesimpulan : Laptop normal kembali dengan Update Driver Bios 

Inilah pengalaman pribadi saya,yang sengaja ditulis se-detail mungkin karena kita maklumi bahwa perbaikan sesuatu barang tidaklah semudah yang kita bayangkan,harus melalui tahapan-tahapan yang kadang-kadang harus menyita waktu lama tergantung jenis kerusakan dan pengalaman,apalagi dikerjakan secara manual yang tidak dilengkapi tester khusus.

Sampai saat ini laptop dalam keadaan sehat wal afiat/normal,karena kebetulan si pemilik barang tersebut adalah keponakan saya sendiri dan karena mungkin  sudah memiliki laptop pengganti yang lebih bagus maka barang tersebut dengan ikhlas diberikan kepada saya..Thank..my Brothers.
Demikian,kalau ada cara lain yang mau di share silakan masukan di sini,saran dan masukan saya harapkan,Terimakasih.
Wassalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya
Next Post »

Artikel terkait

6:09:00 PM