Jasa Sedot WC Bandung

Cara Mudah Memotong atau Memperbaiki MP3 Untuk Ringtone

Posted by Simawar Enterprise on

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

http://www.mawarnada.com
Baiklah pada kesempatan ini saya akan mencoba share cara sederhana memotong MP3 baik untuk kebutuhan Editing Audio maupun untuk kebutuhan tertentu seperti untuk nada dering ponsel,backsound Video,kabaret dan lain-lain.

Khusus untuk nada dering ponsel dibutuhkan suara yang tidak terlalu panjang dan sering yang dibutuhkan mungkin diawal lagu,ditengah atau di akhir lagu hal inilah yang saya akan sampaikan dalam artikel sederhana ini,dengan syarat di Komputer/laptop anda sudah terinstal  salah satu Software editing audio baik yang berbayar maupun yang gratis seperti :

1. Audacity   > http://audacity.sourceforge.net/
2.WavePad  > http://www.nch.com.au/wavepad/
3.Wavosaur  > http://www.wavosaur.com/
4.Free Audio Editor  > http://www.free-audio-editor.com/index.htm
5.Power Sound Editor  > http://www.free-sound-editor.com/
6.Mp3DirectCut  > http://mpesch3.de1.cc/mp3dc.html
7.Tranverso DAW  > http://www.traverso-daw.org/

Pada dasarnya  semua sama dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing,dan alangkah baiknya baca pula artikel menarik yang bisa meningkatkan kualitas audio :
- Menghilangkan Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman Dengan Adobe Audition

Namun pada artikel sekarang ini saya akan  mencoba mempergunakan Adobe Audition sebagai bahan acuan,namun seperti keterangan diatas bahwa hampir semua software editing audio adalah sama tergantung kebiasaan saja,bahkan ada yang lebih canggih lagi biasanya dipakai di studio rekaman yang dalam hal ini saya pun belum menguasainya:D.

Baiklah kalau sudah siap kita melangkah kebahasan pokok….go..go go.
1.Klik dua kali icon Adobe Auditon pada desktop kita sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini,kemudian untuk memilih lagu yang akan kita perbaiki/akan dipotong klik > File > Open,dengan catatan posisi tampilan dalam WaveForm.Lihat tanda panah.
http://www.mawarnada.com
2.Pada tampilan berikutnya silakan anda pilih/sorot lagu yang akan diperbaiki/dipotong > Open  atau langsung klik 2x,maka lihat tampilan dibawah ini :
http://www.mawarnada.com
3.Inilah contoh tampilan dengan lagu yang telah anda pilih,dan untuk mulai menyeleksi klik kiri dimana anda akan memulai  kemudian drag sejauh yang anda inginkan kemudian lepas mouse (Lihat Tanda Panah) atau sebelum menyeleksi untuk lebih presisi klik tanda  (+) disudut kanan bawah untuk melebarkan wave/bar lagu,lihat gmbar di bawah dan tanda panah.
http://www.mawarnada.com
4.Apabila anda sudah yakin silakan klik kanan mouse > Save Selection As,akan keluar tampilan gambar seperti di bawah,nah…disini anda akan menentukan dimana file yang kita pilih akan disimpan,usahakan file disimpan ditempat lain agar tidak menimpa file lagu aslinya kecuali di ganti dahulu nama filenya/rename,menentukan format lagu.

Untuk kebalikannya setelah klik kanan,anda bisa klik CUT untuk wave/bar yang dipilih sehingga yang tampil di layar anda itulah yang akan anda pilih.
http://www.mawarnada.com
Khusus untuk SAMPLE TYPE masukan nilai,Sample Rate min 44100 HZ,Channel Stereo,Bit Depth 16/32 bits,dan untuk FORMAT SETTING  bit rate ada dua pilihan namun silakan pilih Constant min 128 kbps (44100 HZ) atau variable min High Quality (44100 HZ).
*Kadang ponsel tertentu tidak bisa membaca lagu yang Bit Rate diatas 128 Kbps
*Kadang ponsel tertentu tidak bisa baca yang judulnya terlalu panjang,coba pendekan judul lagunya/Rename (Biasanya lagu hasil Downloads). 

Dari nilai-nilai diatas kita akan membuat qualitas lagu/ringtone yang baik tidak (cempreng/sunda) sehingga enak didengar,dan hal ini pun sudah sedikit membantu Musisi/Artis,Aranger atau Produser pemilik lagu tersebut sehingga kemerduan/qualitas audio relative sama dengan aslinya,karena kadang kita tidak sadar  memilih lagu/downloads spesifikasi lagunya dibawah nilai diatas.

Jadi dalam hal ini saya berasumsi bahwa lagu/album yang beredar sudah semaksimal mungkin dibuat sempurna  oleh pemiliknya.

5.Nah….karena lagunya tadi telah di simpan maka kita harus memulai lagi membuka lagu hasil Seleksi tadi klik > File > Open klik 2x lagu yang dipilih/Open,maka tampilannya seperti dibawah,sekarang hanya memperhalus lagu saja (bila diperlukan) maksudnya kadang hasil pemotongan lagu terdengar menghentak/keras diawal lagu sehingga lagu terkesan tidak enak didengar.

Maka lakukan penyeleksian secukupnya (Jangan semuanya..nanti lagu gak bunyi..) klik > FAVORITES > FADE IN/awal lagu dan FADE OUT/akhir lagu.oke..sudah selesai klik FILE > SAVE atau CTRL+S.
http://www.mawarnada.com
Demikian pembahasan materi sederhana ini semoga berguna,mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan,koreksi dan saran saya harapkan.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Previous
« Prev Post

Related Posts

22.18.00