Alhaadid Jaya Optikal
Home » » Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua

Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua

Written By Deni Koswara on Saturday, July 18, 2015 | 2:37:00 AM

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com/
Sebelum melanjutkan pembahasan tentang Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional,saya sampaikan bahwa semua pembahasan disini bukanlah suatu ketentuan namun hanya untuk pertimbangan dalam merencanakan membangun satu set sound sound system,karena artikel ini adalah asumsi dan pengalaman pribadi jadi silahkan mencari referensi lain sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan.

Kalau kita sudah memahami dan menentukan ketiga faktor dalam merencanakan membangun sound system lapangan,yang telah saya bahas sebelumnya Disini,sekarang kita mengenali lebih lengkap peralatan sound system yang dibutuhkan seperti :

Peralatan dasar sound system
- Power Amplyfier
- Audio Mixer
- Microphone
- Speaker
- Standing Microphone (Tiang Mic)
- Kabel Speaker
- Kabel jack to jack
- CD/DVD player

Peralatan tambahan meningkatkan kualitas audio
- Equaliser
- Crossover aktif
- Sound effect
- Audio Compressor
- Audio Destroyer

Lain-lain
- Roll Kabel Listrik
- Stabiliser Tegangan Listrik
- Q-Up (Power Amplyfier Keyborad,Guitar)
- Hardcase
- Snack Kabel (Kabel FOH)
- Genset

Namun sebelum memutuskan membeli semua peralatan di atas,kita perlu menentukan dahulu “ACARA APAKAH YANG NANTI AKAN DILAYANI”,hal ini sangat penting karena berhubungan dengan jumlah dan type barang yang harus kita beli dan juga budget,sebagai contoh dan sekaligus menjawab pertanyaan seorang sahabat di Cilacap Jawa Tengah yang minta saran membangun satu set sound system kecil untuk keyboard tunggal (seorang player Keyboard,MC dan 3 orang penyanyi),yaitu minimal peralatan yang dibutuhkan adalah sound system dasar seperti:

- 2 buah Power Amplyfier,daya 2 x 1000 watt atau lebih.
Satu buah untuk monitor di panggung dan yang lainnya untuk keluar.

- Audio Mixer minimal 8 channel atau lebih
- 4 buah microphone plus kabel maksimal 10 meter
Jumlah minimal seandainya menampilkan 3 orang artis yang tampil bersama dan satu buah untuk MC,panduannya bisa anda pelajari Disini.

- 2 buah speaker monitor minimal 12” dilengkapi driver (Tweater),atau lebih baik yang 15”,ditambah 2 set speaker untuk keluar dengan system 3 way (Low,Mid,Hight) dengan ukuran speaker low 12"/15”,Midle 12” dan driver 4” dan lebih baik mempergunakan crossover pasiv.

Jadi kebutuhan speaker 4 x 12”,2 x 15” dan driver 4 x 4”,dan sangat membantu bila mempergunakan keyboard power amplifier (Q-Up).

- 4 buah standing microphone vocal (Tinggi)
- Kabel speaker, 2 x 15 meter untuk speaker luar dan 2 x 10 meter untuk speaker monitor,hal ini di asumsikan panggung ukuran kecil yang biasanya 4 x 4 x 1 meter dan soundman/operator diatas atau samping panggung.

Dalam hal ini untuk pemasangan speaker luar perlu cara khusus karena soundman/operator ada di dekat panggung dan di atas panggung hanya ada 2 buah speaker monitor jadi lebih baik pemasangan speaker luar berada tengah-tengah samping kiri kanan panggung dengan jarak tidak lebih 5 meter dari pinggir panggung (sedikit mengarah ke panggung),hal ini untuk memudahkan pengontrolan audio dan menyeimbangkan suara di panggung.

- 4 x 1,5 meter kabel jack to jack (Dari Audio Mixer Ke Power Amplyfier), dan 2 x 10 meter untuk keyboard ke Audio Mixer.
- 1 unit Roll Kabel listrik minimal 6 lubang.

Ataupun dengan peralatan system output speaker yang sangat simple dan tentunya untuk merek dan type bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki,yang sangat cocok dengan ruangan terbatas (Indoor).

Catatan
*Type dan jenis speaker atau box speaker bisa mempergunakan yang aktif (sudah dilengkapi power amplyfier) ataupun yang pasif (membutuhkan power amplyfier external).

Mungkin salah satu contoh pembahasan di atas jauh dari sempurna,akan tetapi mudah-mudahan sedikit membantu bagi anda yang saat ini ingin merintis membangun satu set sound system lapangan secara bertahap dan mudah bila menambahkan peralatan lain dikemudian hari (Expansi) ,ya..minimal gambaran lah gitu.

Demikian semoga bermanfaat,mohon ma'af jika banyak kekurangan,terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

3 komentar:

  1. Asalamu alaykum mas deny aya naon , met kenal ya kunjungi balek web saya ya mas www.trikpos.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarif hidayat:Waalaikumsalam wr.wb,aya naon nya?salam kenal juga,siap meluncur :D

      Delete
  2. numpang gan, SEWA SOUND JAKARTA @ngi_INFINITE. INFINITE Professional Sound & Lights (Rental / Sewa sound system, lighting dan multimedia base on JAKARTA) untuk keperluan event,cafe,wedding,birthday,party,gathering,seminar, dll... dengan barang berkualitas dan SDM yang bertanggung jawab serta professional dalam bekerja. Twitter : @ngi_INFINITE
    Path : ngi_INFINITE
    Instagram : ngi_INFINITE LinkedIn : ngi_INFINITE
    website : www.ngi-INFINITE.com
    https://goo.gl/MF1T1z
    https://goo.gl/9jqI6x
    http://goo.gl/5ppgIA
    ‪#‎RentalSoundLightMultimedia‬ ‪#‎RentalSound‬ ‪#‎SoundSystem‬ ‪#‎Multimedia‬ ‪#‎Lighting‬ ‪#‎RentalSoundLights‬ ‪#‎RentalMultimedia‬ ‪#‎RentalLighting‬ ‪#‎Rental‬ ‪#‎Sound‬ ‪#‎visual‬

    ReplyDelete

Koreksi atau saran silahkan masukan pada kolom komentar,mohon tidak mencantumkan link aktif