Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Membeli TV LCD/LED

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Harga LED TV
Disini penulis berasumsi anda akan membeli TV jenis Liquid Crystal Display (TV LCD) atau TV Light Emitting Dioda (TV LED).
 
LED TV lebih baik dibandingkan dengan LCD TV, selain kualitas gambarnya lebih baik juga lebih hemat daya listrik, refresh & response rate lebih baik.

Info menarik lainnya:
Contoh Album Magazine, Kolase Pernikahan
Contoh 1 foto album magazine/kolase khitanan
Contoh 2 foto album magazine/kolase Khitanan

Tips Cara Membeli TV LCD atau LED
1. Browsing di Internet baik mengenai harga, merek, ukuran, fasilitas ataupun fitur
Tidak semua pelayan toko bisa melayani pertanyaan yang pembeli ajukan karena mungkin masalah kesibukan melayani pembeli lainnya.

Namun dengan mudahnya akses internet saat ini silakan untuk melihat dan mencari segala sesuatu mengenai TV LCD atau LED. Bandingkan dan tentukan pilihan untuk mempermudah dan mempercepat dalam pembelian.

2. Harga
Biasanya harga tergantung merek dan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan, jadi kalau anda belum memiliki Toko langganan yang bisa menjamin memberikan harga terbaik. Silakan membandingkan harga dengan beberapa Toko lain meskipun selisihnya mungkin tidak terlalu besar.

Sebagai contoh untuk di Bandung anda bisa berbelanja di Pusat Pertokoan Jl. ABC. Di tempat ini beragam TV berbagai ukuran dan merek juga barang elektronika lain bisa kita dapatkan namun semua toko di tempat ini memasang harga relatif sama.

Karena konon semua pedagang disini mempergunakan system online yang terhubung dengan dengan semua Toko. Jadi anda bisa membandingkan harga di tempat ini atau sebaliknya dengan tempat lain seperti di pertokoan simpang tiga Jl. Jamika, Jl. Cicadas, Jl.Tegalega dll.

3. Spesifikasi tambahan yang wajib diperhatikan
3.1. Sudut pandangan (Angle View)
Tidak semua merek TV mencantumkan hal yang satu ini, meskipun untuk jenis TV LED sudah memiliki sudut pandang yang baik atau rata-rata horizontal 178 derajat dan vertical 178 derajat.

Atau sebelum dibeli lebih baik dicoba dan dilihat, dengan membandingkan kejelasan dan kecerahan warna pada semua posisi baik arah samping kiri dan kanan. Angle View yang bagus berati TV dilihat diposisi manapun gambarnya tetap baik.

3.2. Input dan Output (I/O)
Hal ini guna memenuhi semua kebutuhan perangkat hiburan dirumah anda, karena  TV standard baik LCD maupun LED biasanya hanya menyediakan perangkat input (audio L/R dan video jenis komposit).

Dengan jenis jack coaxial input dan output dan indikasi warna untuk in/out audio putih dan merah, sedangkan untuk in/out video warna kuning.

Pilihlah TV LCD/LED yang memiiliki input dan output (In/Out) lengkap seperti input HDMI (High Definition Multimedia Acces) agar bisa menghubungkan perangkat lain seperti PC, Blu-Ray atau Digital Drive Player, guna mendapatkan kualitas suara dan gambar terbaik.

Apalagi jika anda akan menghubungkan TV ini dengan perangkat Home Theatre atau Karaoke pasti membutuhkan saluran input/output audio video tambahan.

3.3. Input Port USB Support Movie
Tanyakan apakah port input USB yang ada sudah mendukung pemutaran format video umum seperti MP4, MPEG, WMA, AVI dll. Terutama memutar video format HD/Full HD atau teknologi terbaru 4K/8K.

4. Garansi Resmi
Jangan tergiur dengan harga murah tapi pertimbangkan juga garansi yang ditawarkan karena secara logika produk bagus akan menawarkan garansi cukup lama biasanya 1 atau 3 Tahun.  Meliputi spare part berikut jasa perbaikan dengan tempat service center mudah dan dekat dengan rumah anda.

5. Antena
Gunakan Antena TV bagus dan kalau perlu tambahkan booster untuk gambar terbaik.

6. Garansi Toko
Minta garansi toko bila terjadi kelainan atau masalah tertentu yang terjadi meskipun hanya satu atau tiga hari. Jadi setelah sampai di rumah silakan langsung coba terutama untuk menu dan fiturnya.

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.