Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi Pemilik Rental Sound System Dalam Menyanggupi Sebuah Acara

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com/
Penulis sendiri menyadari hanya bermodalkan satu set Sound System sederhana (rakitan). Dengan kapasitas kecil dan jauh dikatakan layak apalagi sempurna namun berbekal keinginan dan nekad, tetap berupaya melayani para pelanggannya semaksimal mungkin.

Meskipun tetap dengan beberapa pertimbangan yang selalu dilakukan sebelum menyanggupi sebuah acara. Yang kadangkala secara ekonomis kalau dihitung-hitung masih jauh jika dibandingkan dengan beban kerja dan modal yang dikeluarkan.

Artikel mengenai Sound System yang mungkin anda perlukan
- Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional1
- Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional 2
- Cara Merekam Acara Live Mempergunakan Komputer/Laptop
- Cara Setting Digital Reverb RFX 2200 Berikut Reset Ulang
- Jika Sound System Anda Dipergunakan Agustusan Atau Imtihan
- Seputar Kabel Dan Pengaruhnya Pada Amplifier Sound System
- Panduan Membeli Power Amplifier Sound System Lapangan
- Cara Memilih Microphone Untuk Sound System Lapangan
 
TIPS sebelum menyanggupi satu acara
Hal yang umum dilakukan yaitu bertanya kepada pelanggan kita
- Acara apa dan dalam rangka apa
Kalau acara pernikahan, khitanan atau sejenisnya yang tidak ada acara live tentu kita sudah bisa memperkirakan dan memperhitungkan segala sesuatunya.

Akan tetapi bagaimana kalau acaranya berikut live hiburan musik, tentu kita harus mempertimbangkan secara matang baik kapasitas peralatan, cara pemasangan dan mengetahui jenis atau karakter musiknya.

Jangan ragu untuk menolak acara jika kapasitas peralatan kita tidak layak untuk mendukung suatu acara atau sampaikan secara terbuka jika kemungkinan acara tersebut membutuhkan peralatan tambahan yang disewa atau digabung dengan peralatan milik teman kita. Hal ini semata-mata untuk mendukung kelancaran acara tersebut, yang tentu ada kompensasi dengan harga sewanya.

- Dimana tempatnya, nama tempat dan posisi tempat
Ini berhubungan dengan jarak tempuh yang wajib kita perhitungkan dan diusahakan mengetahui akses menuju tempat acara, untuk mngetahui kemungkinan lokasinya jauh dari jalan raya, macet atau mungkin saja lokasinya melalui lorong gang kecil.

Akan lebih baik jika kita melakukan survey lokasi terlebih dahulu dan pertimbangkan untuk minta bantuan tenaga dalam mengangkut semua alat sampai di lokasi acara, atau dengan kesepakatan harga khusus.

- Pergunakan cara Down Payment (DP)
Hal lumrah jika kita meminta uang muka dalam suatu acara yang biasanya minimal 50% dengan sisanya dibayarkan sesuai kesepakatan. Cara ini sebagai bukti keseriusan dalam suatu acara dan guna saling mengikat. Setelah terjadi kesepakatan jangan pernah kita membatalkan acara meskipun mendapatkan acara baru dengan harga lebih.

- Acara mendadak, gunakan cara ini
Kadang kita dihubungi seseorang untuk mengisi acara secara mendadak bahkan satu hari sebelum hari “H”. Sebagai bukti keseriusan kita harus bertindak jelas dan tegas dengan meminta pembayaran secara penuh sebelum acara dimulai.

Hal ini untuk mengantisipasi hal tak terduga akibat dari kurang matangnya planning acara yang diselenggarakan apalagi orang yang datang tidak dikenal oleh kita.

- Menyanggupi acara organisasi atau ormas
Meskipun mungkin tidak semua komunitas atau ormas bersikap yang tidak diharapkan oleh kita, namun kematangan dalam negoisasi dalam segala hal sangat diperlukan. Penulis sering meminta pembayaran di muka atas semua harga yang disepakati apalagi acara di lapangan terbuka. Dengan pertimbangan tidak ada fasilitas tambahan seperti makan dan minum. Kecuali kita mengenal baik kepada orang yang meminta bantuan jasa kita.

Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan dan apapun yang terjadi di lapangan itulah resiko yang harus kita hadapi dan mudah-mudahan bisa dijadikan pembelajaran berharga.
Semoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.