Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menaikan Suara Hasil Rekaman dengan Adobe Audition

Assalamu’alaikum Warohmatuloh Wabarokatuh
Perbaikan suara rekaman
Tutorial dan artikel audio bahasa Indonesia. Salah satu masalah yang sering terjadi dalam perekaman acara live adalah kurang kerasnya level audio hasil rekamannya atau sebaliknya.
 
Hal ini lumrah karena untuk Setting Sound System lapangan tidak selalu tetap, harus menyesuaikan dengan kondisi lapangan atau ruangan, sehingga berpengaruh pada output audionya.
 
Dan lebih baik kita merekam dengan input audio kecil dari pada input terlalu besar yang beresiko cacat audio (over load/clipping).  Meskipun idealnya sebelum melakukan perekaman seharusnya dilakukan uji coba terlebih dahulu.
 
Namun hal di atas jarang dilakukan terutama bagi yang merekam dengan dasar hobby/fun saja. Dan biasanya hanya mengandalkan perasaan (Feel) dengan melihat indikator dari tool yang dipergunakan. 
 
Tips: Sebelum dinaikan level suaranya, bila terdapat NOISE lebih baik hilangkan dahulu (Minimalisir), seperti tips ini:  Menghilangkan Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman Dengan Adobe 
 
Atau kalau ada gangguan Hum bisa dicoba video tips berikut ini: Perbaikan Level Suara, Noise, Hum Dan Konversi WAV Ke MP3  (Hati-hati jangan terlalu ekstrim, cukup di angka antara 0 s/d 5 atau point 2 saja. Karena cara ini bisa memangkas nada rendah audio hasil rekamannya).
 
Info menarik lainnya:
 
1. Buka software Adobe Audition anda
2. Masukan file yang akan diproses
Klik FILE Adobe Audition di sudut kiri atas > OPEN.
Cari dimana file yang akan diedit disimpan dan bila sudah ditemukan, Klik file tersebut > OPEN. Atau klik langsung dua kali filenya.
3. Untuk menaikan level kekerasannya, Klik > EFFECTS > sorot AMPLITUDE AND COMPRESSION > Klik AMPLIFY
4. Pada tampilan EFFECT AMPLIFY, perhatikan menu BOOST 
- CUT adalah untuk menurunkan tingkat kekerasan
- BOOST sesuai tingkat kekerasan yang diinginkan
 
Tips: Pada setiap perubahan jangan dulu di APPLY, tapi silahkan dengarkan dahulu perbedaannya dengan tekan tombol PREVIEW Play/Stop. Dan pastikan tombol TOGGLES The POWER STATE posisi ON/nyala hijau.
 
Perhatikan contreng pada LINKS SLIDERS, bila kanal tertentu (L/R) ada yang ingin diturunkan atau dinaikan tingkat kekerasannya maka hilangkan contreng tersebut. dan silahkan rubah tingkat kekerasan kanal dimaksud dengan menggeser slidernya.
 
Jika melakukan edit lebih dari satu atau beberapa audio/lagu agar semua keluaran audionya relative sama. Silakan simpan parameter setingnya dengan cara Klik SAVE SETTINGS AS A PRESET. Jadi untuk selanjutnya silakan cari preset yang telah dibuta tadi kemudian APPLY.
 
5. Untuk selanjutnya silahkan simpan hasil pekerjaannya dengan klik FILE > SAVE AS (CTRL+SHIFT+S). Jangan gunakan Save karena akan menimpa file aslinya.

Tidak ada yang sempurna hanyalah salah satu upaya, semoga bermanfaat dan berkah.
Wassalamu'alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.