pasang iklan
Home » » Pertimbangkan Tips Ini Bila Mudik Pakai Motor

Pertimbangkan Tips Ini Bila Mudik Pakai Motor

Written By Deni Koswara on Thursday, June 8, 2017 | 3:15:00 PM

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com
Siapapun pasti rindu kampung halaman, apalagi menjelang Iedul Fitri (Lebaran) seakan sudah menjadi kebiasaan bahkan mungkin untuk sebagian orang bisa dikatakan wajib untuk pulang ke kampung halaman (Mudik), siapa yang tidak rindu kampung halaman ?

Bukan tanpa alasan namun semuanya dilakukan pasti dengan tujuan Silaturahim, bertemu sanak saudara dan tetangga untuk saling ma’af me- ma’af-kan juga yang terpenting adalah memohon do’a dan restu kepada kedua orang tua (Sungkem), selain berbagi cerita di perantauan.

Perlu diketahui juga modus kejahatan yang sering terjadi menimpa para pemudik atau pengguna kendaraan umum yang bisa anda baca Disini.

Akan tetapi sudahkah anda memperhatikan dan memperhitungkan secara matang beberapa hal dalam melakukan perjalanan mudik ini, seperti :

- Kondisi kesehatan anda
Sebelum melakukan perjalanan, yakinkan bahwa kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat (Fit), atau jika perlu dan lebih bijaksana untuk menunda perjalan atau pergunakan kendaraan lain seperti Bis atau Kereta Api bila kondisi kesehatan kita tidak memungkinkan.

- Jarak tempuh dan waktu
Jangan memaksakan diri bila jarak dan waktu tempuh tidak layak mempergunakan kendaraan roda dua, yang menjadikan waktu untuk Silaturahim hanya dihabiskan diperjalanan atau perjalanan harus dibayar mahal dengan menurunnya kondisi kesehatan (Sakit) di tempat tujuan.

- Kondisi kendaraan
Pastikan bahwa kendaraan yang akan dipergunakan dalam kondisi baik dan periksa semua kelengkapan dan fungsinya, atau segera ganti part yang dianggap vital seperti rem depan dan belakang, oli, busi, ban luar dalam, lampu dll, utamakan safety ridding.

Bila sudah saatnya ganti ban luar, pertimbangkan untuk memilih dan membeli ban luar jenis Tubeless (Pengalaman penulis), karena dilihat dari keandalan terutama terhadap kebocoran jenis ban ini cukup bisa diandalkan dengan cacatan jika ban ini kena paku atau sejenisnya, asalkan tidak dicabut paku tersebut, ban masih bisa dipergunakan apalagi konon dengan mengisikan jenis cairan tertentu pada ban tersebut, hal ini bisa dipertimbangkan untuk melakukan perjalanan jauh yang kemungkinan tidak ada tukang tambal ban, meskipun hal ini mungkin bersikap relative (Pengalaman sendiri).

Pertimbangkan untuk yang mempergunakan kendaraan motor hasil rental, karena anda sebagai pengguna tidak sepenuhnya mengetahui kondisi kendaraan tersebut, kecuali kita faham terhadap kondisi kendaraan atau jangan sungkan tanyakan kondisi kendaraan tersebut kepada pemilik rental dengan menyebutkan lokasi yang menjadi tujuan mudik.

- Jumlah barang yang akan di bawa
Jangan memaksakan untuk membawa barang atau muatan yang berlebihan dan perhitungkan keamanan dan kenyamanan diperjalanan baik diri kita dan pengguna jalan lain.

- Faktor keamanan di jalan
Kita harus mengetahui sepenuhnya rute perjalan yang harus ditempuh, baik kondisi jalan, faktor pendukung diperjalanan seperti tempat istirahat, Masjid/ Mushola, nomor telephone penting seperti kantor Polisi terdekat dan tetap selalu waspada, atau manfaatkan GPS, Google map pada smartphone anda.

Atau lebih baik kita berkoordinasi dengan pemudik lain yang satu arah untuk berjalan bersama.

Demikian tips sederhana ini saya sampaikan, mudah-mudahan ini merupakan suatu ikhtiar dari kita guna kenyamanan dan keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik maupun balik, dan teriring Do’a semoga Anda mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan Allah SWT selalu melindungi kita semua, Amin ya robbal 'alamin.

Semoga bermanfaat dan terimkasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Post a Comment

Koreksi atau saran silahkan masukan pada kolom komentar,mohon tidak mencantumkan link aktif

pasaang iklan