Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat File ISO DVD Dengan Ashampoo Burning Studio

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
https://www.mawarnada.com/Banyak tool untuk membuat file Image/ISO salah satunya adalah Ashampoo Burning Studio. Banyak fitur lainnya yang bisa kita pergunakan selain untuk membuat file image/ISO.

Ashampoo Burning Studio salah satu software yang ringan bisa dipergunakan di laptop atau desktop, dengan hasil sangat memuaskan. Baik penggunaan untuk burning CD/DVD,  membuat file ISO ataupun copy CD/DVD dll.

Di bawah ini salah satu cara membuat file ISO atau file Image menggunakan Ashampoo Burning Studio dilengkapi dengan video tutorialnya.

Video Tutorial
simawar

Membuat File ISO (Image)
1. Sebelumnya silakan kumpulkan file video yang akan dibuat file ISO pada folder khusus bila hal ini terdiri dari beberapa file video seperti video klip agar mudah dalam pencarian nanti atau yang penting anda mengingat dimana video yang akan diproses disimpan.

2. Silahkan buka software Ashampo Burning Studio, klik dua kali ikon di desktop anda atau klik kiri > Open
3. Sorot jangan di-klik pada DISC IMAGE > CREATE IMAGE FROM FILES > CREATE MOVIE/SLIDESHOW DVD 

Simak juga: 

4. Pada Title For The Project, Title > DVD, Output Format > DVD > klik NEXT
5. Untuk Setting TV System,Silahkan contreng pada Use Default atau contreng pada PAL system, meskipun saat ini semua media sudah kompatibel system PAL/NTSC.

Dan untuk Screen Format tentukan format resolusi video anda dengan video yang akan di proses, sebagai contoh karena pada saat pengambilan gambar mempergunakan system layar lebar (wide 16 : 9), maka pada setting inipun harus disesuaikan dan biasanya kamera secara default mempergunakan system 4 : 3 (standard), bila sudah yakin klik > NEXT

6. Pada gambar yang muncul, klik > ADD MOVIE.
Silahkan cari dimana file yang akan diproses disimpan, klik dua kali bila hanya satu file yang akan diproses atau bila banyak file pergunakan Ctrl + A untuk memilih semua kemudian klik > OK. Tunggu sebentar sampai semua video yang akan diproses berada di area kerja.

7. Lihat pada QUALITY,  karena kita membuat file ISO Video DVD 4.7 GB.
Maka tentukan kualitas harus selalu pada EXCELLENT atau minimal pada posisi OK tapi jangan sampai FAIR dan untuk menguranginya silahkan klik pada video yang akan dihapus kemudian > REMOVE > YES.

8. Untuk menentukan urutan video, klik pada video yang akan digeser dan silahkan pergunakan MOVE UP untuk menggeser video ke atas atau pergunakan MOVE DOWN untuk menggeser video ke bawah.

9. Klik PLAY untuk mencoba atau memeriksa video sebelum diproses dan contreng NORMALIZE AUDIO TRACK(7) untuk menyamakan besar kecilnya suara (volume) semua video.
Kalau sudah yakin klik > NEXT

10. Pada MENU THEME OR NO MENU. Hilangkan contreng pada USE NO MENU bila akan mempergunakan Theme Menu pada video.

Hal ini maksudnya pada video yang kita proses akan muncul pilihan menu atau nomor urut lagu/video berikut gambarnya untuk kita pilih saat diputar. Akan tetapi bila video akan disatukan secara utuh maka jangan hilangkan contreng pada USE NO MENU.

*Bila mempergunakan MENU THEME lebih baik anda memasukan data titel video yang jelas dan lengkap seperti contoh untuk klip lagu : nomor urut, nama penyanyi dan judul lagu.
Bila sudah ditentukan klik > NEXT

11. Setting DISC-IMAGE OPTIONS
- Disc Image Path : Tentukan dimana file ISO akan disimpan
- Disc Image Format : ISO File Format
- Restrict Image Size To Fit On : DVD
Bila sudah yakin settinganya silahkan klik > NEXT

- Proses Encode, Store To Folder Status berlangsung.
Silahkan tunggu sampai muncul pesan DISC IMAGE OF THE VIDEO MEDIUM SAVED SUCCESSFULLY! > OK > EXIT
Semoga bermanfaat, terima kasih
Wassalamu’alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.