Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Periksa IC CMOS Dan TTL Standard Atau SMD

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comBanyak alat untuk memeriksa kondisi Intregated Circuit (IC) dengan beragam merek dan type yang tentu berbeda cara mempergunakannya,seperti yang saya pergunakan yaitu Universal IC Programmer yang mudah-mudahan minimal bisa memberikan gambaran bagaimana cara mempergunakan alat IC Programmer sejenis.

Karena alat ini bisa juga diperguanakan untuk Flash,maka silahkan baca pula bahasan sebelumnya agar lebih mudah pemahamannya seperti :

- Cara Membaca IC Program Untuk Dijadikan Master Data Program
- Cara Menghapus IC Program Untuk Diprogram Ulang (Flash Ulang)
- Cara Compare Data IC Hasil Program Dengan Data Master Program

Langkah untuk memeriksa IC jenis CMOS/TTL baik standard maupun SMD

http://www.mawarnada.com- Buka software IC Programmer > Logical IC Tester

- Klik > Device,untuk menentukan jenis dan type IC sesuai dengan yang akan diperiksa,atau bila IC tersebut sudah yakin kompatibel dengan data base Programmer tersebut,silahkan klik > IC Search

- Bila sudah terdeteksi,kemudian klik > IC Function Test

- Silahkan perhatikan pesan yang muncul,biasanya terdengar nada bunyi satu kali bila IC tersebut kondisi bagus dan nada dua kali bila kondisi IC rusak yang tentu dengan tampilan pesan error.

Catatan
- Bila terjadi error pada saat pemeriksaan jangan klaim dahulu hardware (IC) rusak,namun sering disebabkan penempatan IC pada adapter yang tidak pas,kaki IC kotor atau bengkok baik pada IC baru apalagi yang bekas.

- Sesuaikan jenis Adapter dengan jumlah pin IC (SMD),kecuali untuk jenis standard silahkan tempatkan langsung pada soket Programmer.

Demikian,semoga bermanfaat dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.