Lazada
Home » » Lanjutan Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua

Lanjutan Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional Bagian Kedua

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comSebelum melanjutkan pembahasan tentang Panduan Lengkap Membangun Sound System Lapangan Profesional,saya sampaikan bahwa semua pembahasan disini bukanlah suatu ketentuan namun hanya untuk pertimbangan dalam merencanakan membangun satu set sound sound system,karena artikel ini adalah asumsi dan pengalaman pribadi jadi silahkan mencari referensi lain sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan.
Kalau kita sudah memahami dan menentukan ketiga faktor yang telah saya bahas sebelumnya DISINI,sekarang kita mengenali dahulu peralatan sound system yang dibutuhkan seperti :

Peralatan dasar sound system
- Power Amplyfier
- Audio Mixer
- Microphone
- Speaker
- Standing Microphone (Tiang Mic)
- Kabel Speaker
- Kabel jack to jack
- CD/DVD player

Peralatan tambahan meningkatkan kualitas audio
- Equaliser
- Crossover aktiv
- Sound effect
- Audio Compressor
- Audio Destroyer

Lain-lain
- Roll Kabel Listrik
- Stabiliser Tegangan Listrik
- Q-Up (Power Amplyfier Keyborad,Guitar)
- Hardcase
- Snack Kabel (Kabel FOH)
- Genset

Namun sebelum memutuskan membeli semua peralatan di atas,kita perlu menentukan dahulu “ACARA APAKAH YANG NANTI AKAN DILAYANI”,hal ini sangat penting karena berhubungan dengan jumlah dan type barang yang harus kita beli dan juga budget,sebagai contoh dan sekaligus menjawab pertanyaan seorang sahabat di Cilacap Jawa Tengah yang minta saran membangun satu set sound system kecil untuk keyboard tunggal (seorang player Keyboard,MC dan 3 orang penyanyi),yaitu minimal peralatan yang dibutuhkan adalah sound system dasar seperti:

- 2 buah Power Amplyfier,daya 2 x 1000 watt atau lebih.
Satu buah untuk monitor di panggung dan yang lainnya untuk keluar.

- Audio Mixer minimal 8 channel atau lebih

- 4 buah microphone plus kabel maksimal 10 meter
Jumlah minimal seandainya menampilkan 3 orang artis yang tampil bersama dan satu buah untuk MC,panduannya bisa anda pelajari Disini.

- 2 buah speaker monitor minimal 12” dilengkapi driver (Tweater),atau lebih baik yang 15”,ditambah 2 set speaker untuk keluar dengan system 3 way (Low,Mid,Hight) dengan ukuran speaker low 12"/15”,Midle 12” dan driver 4” dan lebih baik mempergunakan crossover pasiv.

Jadi kebutuhan speaker 4 x 12”,2 x 15” dan driver 4 x 4”,dan sangat membantu bila mempergunakan keyboard power amplifier (Q-Up),Lihat ilustrasi gambar :

http://www.mawarnada.com
Ilustrasi:Merek Speaker dan jenis box speaker sesuaikan dengan budget
- 4 buah standing microphone vocal (Tinggi)

- Kabel speaker, 2 x 15 meter untuk speaker luar dan 2 x 10 meter untuk speaker monitor,hal ini di asumsikan panggung ukuran kecil yang biasanya 4 x 4 x 1 meter dan soundman/operator diatas atau samping panggung.

Dalam hal ini untuk pemasangan speaker luar perlu cara khusus karena soundman/operator ada di dekat panggung dan di atas panggung hanya ada 2 buah speaker monitor jadi lebih baik pemasangan speaker luar berada tengah-tengah samping kiri kanan panggung dengan jarak tidak lebih 5 meter dari pinggir panggung (sedikit mengarah ke panggung),hal ini untuk memudahkan pengontrolan audio dan menyeimbangkan suara di panggung.

 - 4 x 1,5 meter kabel jack to jack (Dari Audio Mixer Ke Power Amplyfier), dan 2 x 10 meter untuk keyboard ke Audio Mixer.

- 1 unit Roll Kabel listrik minimal 6 lubang.
Ataupun dengan peralatan system output speaker yang sangat simple dan tentunya untuk merek dan type bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki,yang sangat cocok dengan ruangan terbatas (Indoor),seperti gambar di bawah ini :
http://www.mawarnada.com
Ilustrasi:Merek Speaker dan jenis box speaker sesuaikan dengan budget
Catatan
*Type dan jenis speaker atau box speaker bisa mempergunakan yang aktiv (sudah dilengkapi power amplyfier) ataupun yang pasiv (membutuhkan power amplyfier external).
Mungkin salah satu contoh pembahasan di atas jauh dari sempurna,akan tetapi mudah-mudahan sedikit membantu bagi anda yang saat ini ingin merintis membangun satu set sound system lapangan secara bertahap dan mudah bila menambahkan peralatan lain dikemudian hari (Expansi) ,ya..minimal gambaran lah gitu.

Mohon ma’af atas khilaf,salah dan kekurangan,hal yang lebih penting luruskan saya dengan saran,koreksi dan masukannya,Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

4 komentar:

  1. Kang, mohon pencerahan dikit.
    Saya punya speaker 12" ACR 1230 2 buah (saat ini masing-masing sudah dalam box) di dorong oleh OCL 2 x 150 watt.
    Saya pingin "meningkatkan" kemampuan power ampli saya, karena kemaren buat acara loma 17-an di gang kampung, suaranya sember.
    Yang jadi incaran saya adalah speaker 15" sebanyak 2 buah.
    Nah, apakah 12" dan 15" tsb, enaknya saya jadiin 1 box atau sendiri2x ya ?
    Dan power yang disaranin berapa neh?
    Oh ya, ini bukan buat persewaan yang besar, tapi cuman kalau ada acara lomba 17 an di kampung atau acara halal bihalal yg di lapangan kecil gitu.
    Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agungudik:Bertahap saja kang..siapa tahu jadi Pro,saran saya Speaker lebih baik dipisah (1 Box = 1 speaker) tapi harus mempergunakan twiter tiap Box-nya (driver).

      -Untuk amplyfier 2x 150 watt pasti sember,saran harga untuk PA lokal Cikapundung Bandung Bisa Middle dan Twiter kisaran Rp.750rb s/d 1jt dengan 1 trafo 10 Amp/15 Amp,2 Elco regulator bank (Driver PA biasanya mempergunakan OCL ST 2955/3055 Mlysia)

      -PA Low dan Subwofer kisaran Rp 1.5jt s/d 2.5 jt dengan 2 trafo minimal 20 amp,4 atau 6 elco regulator (Driver PA biasanya mempergunakan Mosfet atau MJ 15003/04 Mexico)

      Delete
  2. Om mihin izin menyimak saja saya.artikrlnya bagus saya baru di dunia sound ingin blajar dan mempelajari instalasi sound yg bnr.saya blum trbiasa seting dan instalasi sound live keseringan saya sering instalasi sound studio record.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mulyana Khaifa:Silahkan semoga bermanfaat.

      Delete

Mari Jalin Silaturahim & Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.
- Mohon dengan hormat untuk tidak melakukan komentar spam dan Iklan
- Pergunakan bahasa yang baik dan bukan singkatan
- Komentar dengan link aktiv terpaksa saya hapus
- Blogger sejati selalu mencantumkan sumber asli tidak asal KOPAS